Serial TV Beverly Hills 90210

Serial TV Beverly Hills 90210

Pada tahun 90an, serial TV Beverly Hills 90210 merupakan serial yang populer di Indonesia, tayang di RCTI. Serial ini memikat hampir semua remaja yang menontonnya. Saya salah satunya. Tokoh kesukaan saya adalah Brenda. Serial ini membuat saya jatuh cinta pada akting Shannon Doherty. Terlebih lagi, serial ini menceritakan tentang anak kembar. Walaupun ya anak kembar beda jenis kelamin.

Dalam serial TV Beverly Hills 90210 ini, Brenda menggeluti seni peran, dunia teater yang lagi-lagi saya cintai. Klop sudah karakter Brenda ini sebagai favorit di mata saya.

Beverly Hills 90210 adalah sebuah serial drama yang pernah ditayangkan secara resmi dari bulan oktober 1990 sampai mei 2000 di stasiun Fox Amerika Serikat. Yang kemudian Go Internasional dan ditayangkan di beberapa Negara, termasuk Indonesia. Serial ini bercerita tentang kehidupan sebuah kelompok pertemanan alias genk di Beverly Hills, California. Cerita bergerak dari mulai mereka sekolah di West Beverly Hills High sampai mereka kuliah di sebuah kampus fiktif bernama California University. Emm … walaupun agak aneh dan maksa juga sih mereka bisa sesekolah terus :D

Serial ini diciptakan oleh Darren Star yang didampingi Charles Rosin sebagai produser eksekutif nya, yang kemudian diteruskan oleh Aaron Spelling, E. Duke Vincent, Paul Waigner, Stebe Wasserman, dan Jessica Klein. Nah, 90210 sendiri merujuk pada Zip Code tempat mereka tinggal.

Cerita ini memiliki kisah yang berdasarkan pada adaptasi dari Cultural Shock dari si kembar Brandon (Jason Priestley) dan Brenda Walsh (Shannon Doherty) terhadap pengalaman mereka bersama orang tuanya, Jim (James Eckhouse) dan Cindy (Carol Potter) yang pindah dari Minneapolis, Minnesota ke Beverly Hills. Disamping bumbu percintaan dan pertemanan dari setiap karakternya, serial ini juga merujuk ke beberapa hal, seperti pemerkosaan, hak terhadap gay, hak hewani, kecanduan alkohol, penyalahgunaan obat–obatan, KDRT, seks, dan masih banyak lagi.

Acara ini awalnya memiliki rating yang rendah pada season pertama, dan mulai mendapatkan popularitasnya pada musim panas tahun 1991, ketika Fox menayangkan edisi khusus musim panas, dan menjadi salah satu acara Fox yang terkenal.


Storyline

Serial ini mulai dengan perkenalan keluarga Walsh yaitu, Jim, Cindy, Brandon dan Brenda yang baru saja pidah dari Minnesota ke Beverly Hills, California, akibat promosi kerja Jim, sang ayah. Pada episode pertama, Brandon dan Brenda mulai melanjutkan studinya di tempat yang baru, Sekolah Menengah Atas Beverly Hills dimana mereka mulai berteman dengan beberapa orang teman yaitu Kelly Taylor (Jannie Garth), Steve Sanders (Ian Zierint), Andrea Zuckerman (Gabrielle Carteris), Dylan Mckay (Luke Perry), David Silver (Brian Agustin Green), Scott Scanlon (Douglas Emerson), dan Donna Martin (Tori Spelling).

Seperti layaknya serial televisi yang lain, pasti saja ada yang datang dan pergi. Shannen Doherty meningalkan acara ini pada akhir season keempat, dan karakternya Brenda Walsh, diceritakan pindah ke London untuk menuntut ilmu di Royal Academy untuk seni drama. Walaupun sebelumnya sempat diceritakan kalau karakter ini hanya akan absen selama satu tahun, namun ia nggak pernah kembali. Semenjak tokoh Brenda hilang, saya mulai malas-malasan nonton serial ini. Hiks.

Disusul oleh Gabrielle Carteris, dan karakter yang diperankannya Andrea Zuckerman pada season kelima, namun ia masih datang sebagai bintang tamu pada season enam, delapan dan kesembilan.

Luke Perry sang Dylan Mckay pun mengakhiri sesinya di Beverly Hills pada awal season keenam, dimana ia jatuh cinta kepada putri seorang mafia. Namun sang ayah nggak setuju dengan hubungan putrinya tersebut, dan merencanakan untuk mengkhiri hidup Dylan yang ternyata salah sasaran dan menewaskan putrinya sendiri. Dylan pun patah hati dan pergi meninggalkan Beverly Hills, ia diceritakan pindah ke London dan hidup bersama Brenda.

Setelah kelulusanya dari California University Jason Priestley dan karakternya Brandon pun meninggalkan serial ini, namun ia masih berperan sebagai produser eksekutif hingga serial ini berakhir. Kecewa dengan kegagalan pernikahanya dengan Kelly, ia menerima tawan kerja di Washington, dan menjadi anggota keluarga Walsh terakhir yang meninggalkan Beverly Hills.

Sepeninggal Brenda, Tiffani Thiessen masuk sebgai Valerie Malone, seorang teman lama dari keluarga Walsh yang berasal dari Buffalo, New York, yang sekarang menepati kamar Brenda. Namun Brenda dan Valerie memiliki karakter yang sangat berbeda, ia memiliki hubungan dengan hampir seluruh anggota geng tersebut. Hingga akhirnya ia keluar dari serial ini setelah memutuskan untuk kembali ke Buffalo dan kembali lagi pada season terakhir serial ini.

Secara keseluruhan, jalan cerita serial Beverly Hills 90210 mengejutkan. Ya, buat saya yang beranjak remaja, dan mulai suka berdandan memakai kemeja floral wanita, tontonan seperti ini di Indonesia terbilang cukup berani. Saya suka bagaimana serial ini menyuguhkan nilai-nilai tanpa menggurui.

Beverly Hills 90210
Genre: Drama, Romance
Durasi: 45 menit
Tanggal Release: 4 Oktober 1990
Season 1: 1990 - 1991, 21 episode
Season 2: 1991 – 1992, 28 episode
Season 3: 1992 – 1993, 30 episode
Season 4: 1993 – 1994, 31 episode
Season 5: 1994 – 1995, 32 episode
Season 6: 1995 – 1996, 32 episode
Season 7: 1996 – 1997, 32 episode
Season 8: 1997 – 1998, 32 episode
Season 9: 1998 – 1999, 26 episode
Season 10: 1999 – 2000, 27 episode
Creator: Darren Star
Pemain: Jason Priestley, Shannon Doherty, James Eckhouse, Carol Potter, Jannie Garth, Ian Zierint, Gabrielle Carteris, Luke Perry, Brian Agustin Green, Douglas Emerson, Tori Spelling

Sumber referensi dan foto: 
Wikipedia dan IMDb
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Pengen nonton, karena denger2 serial ini cukup populer. tapi kayaknya udah gak bakal ditayangin lg di indonesia ya?. Maklum sy baru lahir di era 1990 an. Tapi untung udah ada Youtube, jadi bisa nonton..
    Thanks udah share :D

    ReplyDelete
  2. SInetron Amrik selalu menarik, nanti coba nonton ah..
    Apalagi lengkap rujukan episode tiap sesi-nya. Meluncur

    ReplyDelete
  3. Wah, ini sih tontonan wajib bagi remaja kala itu. Kadang masih suka nonton buat nostalgia, hihiii, napa saya nggak bisa move on dari tayangan ini ya, sampe ngikuti karir para akresnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata kita sama suka nonton serial ini :)

      Delete