Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda

Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda
Daftar Seserahan Dalam Adat Sunda  

“Teh, kalau seserahan isinya apa saja?” tanya seorang teman tiga minggu lalu. Kemudian saya menjawab panjang lebar tentang ‘daftar seserahan’ tersebut, kebetulan teman saya itu pakai adat Sunda. Sebenarnya, ini bukan kali pertama ada yang nanya seperti itu. Pekerjaan saya sebagai wedding organizer, membuat beberapa orang konsultasi perihal seserahan. Saya jadi kepikiran buat nulis di blog.


Seserahan itu apa? Dalam adat Sunda, seserahan berarti memberi serangkaian barang yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan dari calon mempelai laki-laki. Sifatnya wajib? Secara adat iya, secara agama nggak. Maksud dari seseharan tersebut adalah sebagai salah satu pembekalan dalam berumah tangga, makanya barang-barang yang dipilih sangat berdaya guna.

Adakah patokan dalam seserahan? Jangan khawatir, seserahan bersifat fleksibel sesuai dengan dana pihak calon mempelai laki-laki. Berikut daftar barang seserahan yang biasanya ada dalam adat Sunda.

Pertama, perlengkapan ibadah. Barang-barang tersebut sesuai dengan agama yang dipeluk oleh kedua calon mempelai. Misalnya jika calon mempelai beraga Islam, seserahan yang dipilih adalah mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur’an.

Kedua, perhiasan. Perhiasan juga nggak ada patokan berapa gram atau berapa macam. Bebas saja. Biasanya berupa cincin kawin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan ini sebagai simbol bahwa harapannya sebuah pernikahan akan bersinar dan berkilau.

Ketiga, kebaya dan kain batik. Boleh berupa bahan kebaya seperti brukat, atau kebaya yang sudah jadi. Untuk kain batik, boleh yang bermodel rok atau kain lilit, namun kebanyakan berupa kain lilit.

Keempat, kosmetik dan alat mandi. Kosmetik biasanya berupa paketan seperti bedak, ala bedak, lipstik, minyak wangi, body lotion, dan lain-lain. Alat mandi juga biasanya paketan, terdiri dari sabun mandi, shampo, dan lain sebagainya.

Keenam, baju dan alas kaki. Biasanya baju berupa gaun pesta, baju muslim, atau baju kerja. Alas kaki boleh pilih salah satu antara sepatu atau sandal, lebih baik jika menyediakan keduanya.

Ketujuh, tas. Pilih tas sesuai kebutuhan, ukuran tak jadi masalah. Hanya biasanya berupa tas pesta.

Kedelapan, baju tidur dan pakaian dalam. Pilihlah baju tidur dan pakaian dalam yang bukan hanya nyaman namun indah dilihat.

Kesembilan, kue dan buah-buahan. Kue boleh berupa kue-kue kering atau cake. Untuk buah-buahan, pilih saja yang satu set berupa apel, mangga, anggur, pisang, dan lain-lain.

Kapankah seserahan dialihtangankan? Dalam adat Sunda, ada prosesi Ngeuyeuk Sereuh yang dilaksanakan satu hari sebelum hari pernikahan. Seserahan biasanya diberikan pada saat itu. Nah, bila kamu nggak berniat menjalankan prosesi tersebut, seserahan diberikan pada saat sebelum akad nikah.

Tambahan, tips untuk mempersiapkan seserahan, jangan lupa buatlah perencanaan budget untuk seserahan. Setelah budget keluar, buat daftar barang yang akan kamu beli. Usahakan jangan terlalu jauh melenceng dari perencanaan budget. Agar nggak tergesa-gesa, cicillah pembelian seserahan jauh-jauh hari. Untuk menghias seserahan, kamu bisa melakukannya sendiri agar lebih hemat. Kalau pun nggak ada waktu, pakai jasa mengemas seserahan. Menurut saya, nggak perlulah sampai beli-beli kemasan mahal buat seserahan, sayang juga cuma terpakai sekali.

Semoga artikel ini bermanfaat para calon pengantin. Kalau masih bingung, boleh kontak saya. Siapa tahu kamu juga lagi butuh jasa wedding organizer, saya siap bantu ^_^
Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
Aisya Utami
AUTHOR
30 Juni 2015 20.52 delete

Wahhhhhh, kemarin waktu Om ku nikahan juga seserahan-nya semua barang itu. Hmm, apa semua seserahan sama ya?

Reply
avatar
El Nurien
AUTHOR
1 Juli 2015 19.42 delete

sepertinya hampir sama di seluruh daerah..

Reply
avatar
Uwien Budi
AUTHOR
3 Juli 2015 10.57 delete

Pantesan pas mau nikah ditanya maunya apa.. Suami orang sunda sih.
Kalo di Jawa Tengah enggak ada di adat nya , setau saya sih.

Reply
avatar
10 Juli 2015 19.03 delete

Di Jawa Tengah ada juga lho Mb Uwien. Para saudara dan tetangga yang menikah pada pake seserahan koq.Dulu pas kakak2 dan saya menikah pun ada seserahannya, disesuaikan dengan kesepakatan antara calon mempelai laki2 dan perempuan, isi seserahannya mau apa saja? Sayang kan klo pihak laki2 udah susah2 beli ntar ternyata mempelai perempuannya nggak suka :)

Reply
avatar
10 Juli 2015 19.49 delete

Sama dengan yang di jawa tengah cuma kadang ada tambahan sembako

Reply
avatar
Ila Rizky
AUTHOR
10 Juli 2015 23.40 delete

Hampir sama dengan yang ada di Jateng, Teh. Hanya di sini ga pake tas kayaknya. :D

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.12 delete

Semacam guide line aja. Nggak harus kayak gini juga nggak apa-apa

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.12 delete

Intinya kebutuhan dan modal calon pengantin ya, Teh :)

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.14 delete

Setahu Evi Jawa dan Sunda itu mirip adatnya, cuma penamaannya beda. Beberapa sih, misal seserahan ini dan malam midodareni, di Sunda disebut Ngeyeuk Sereuh

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.15 delete

Iya memang sebaiknya disesuaikan kebutuhan dan selera manten ya, Mbak Uniek

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.15 delete

Iya memang mirip, Mbak Fenny

Reply
avatar
7 Agustus 2015 10.16 delete

Tas itu cuma optional aja, La :D

Reply
avatar
31 Agustus 2015 21.17 delete

Yang mahal adalah perhiasannya ya, apalagi kalau pake berlian :p hihi..

Reply
avatar
13 November 2015 06.57 delete

Hatur nuhun teh infonya ..
Makasih yaa .. Hhe ..
Insya Alloh bsk nyicil belinya πŸ˜πŸ˜„

Reply
avatar
13 November 2015 06.58 delete

Hatur nuhun teh infonya ..
Makasih yaa .. Hhe ..
Insya Alloh bsk nyicil belinya πŸ˜πŸ˜„

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 November 2015 13.35 delete

Teh kalau ga pke kain kebaya gpp??? Atau di ganti kain biasa atau bhasa snda itu samping kebat???

Reply
avatar
30 November 2015 19.48 delete

Gak ada seserahan berupa buku?!? :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 Desember 2015 12.19 delete

kalo laki" jawa ingin memperistri perempuan sunda,pake mahar atau perempuan sunda itu dibeli pakai uang berapa, yg seperti itu ada teh? kalo ada kira" berapa,mohOn bantuannya

Reply
avatar
Lina Astuti
AUTHOR
5 April 2016 23.50 delete

waw. thanks infonya

Reply
avatar
Bunga Aisyah
AUTHOR
12 Mei 2016 18.05 delete

Ini toh yang dibilang adat sunda itu, maklum kk gak tw adat sunda selain adat melayu dan batak

Reply
avatar
dilan deswara
AUTHOR
5 Maret 2017 23.57 delete

baru tau euy hehehe

thanks infonya teh

Reply
avatar