Jaringan Internet Cepat dan Stabil Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia Membantu Peran Blogger ASEAN

Tulisan dan internet adalah mesin waktu yang dapat membawa kita ke mana saja. 
Ke dunia apa saja. 
Semoga kamu juga merasakannya.

Entah untuk berapa kali, menulis memberikan saya banyak petualangan. Kali ini, saya ke Solo untuk menghadiri gelaran ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013. Bersama kelima teman blogger Bandung yaitu teh Nchie, Mba Alaika, teh Meti, bang Aswi dan kang Ade, saya berangkat memakai kereta api. Sebuah alat transportasi yang selalu memikat saya.

Blogger Bandung - blogger Bandung dok.

Pukul setengah lima sore, kami janjian di stasiun Bandung. Ah, dasar saya tukang ngaret (enggak punya jam tangan sih!), saya datang lima menit sebelum kereta api berangkat. Untung masih bisa naik *getok diri sendiri*.

Sepanjang jalan, kami tak lepas dengan camilan dan gadget. Enaknya seperjalanan dengan para Emak karena mereka selalu menyiapkan penganan. Mungkin kebiasaan untuk anak-anak mereka. Karena meja kereta api sangat kecil tak bisa menampung makanan dan gadget kami, maka bantal yang sengaja disewa berubah fungsi menjadi meja juga. Hi hi hi….

Camilan para Emak di atas bantal - blogger Bandung dok.

Para blogger Bandung ini memang sudah terbiasa eksis di dunia maya. Maka sepanjang malam, kami isi dengan live tweets dan twitpic, bahkan update Facebook tentang momen perjalanan yang menarik. Power bank yang dimiliki oleh beberapa blogger saja menjadi rebutan. Sayangnya, beberapa tempat merupakan blank spot sehingga aktivitas online pun terhenti. Saat seperti itu, kami merindukan jaringan internet yang stabil dan cepat.

Kami sampai di stasiun Balapan, Solo, pada pukul dua dini hari. Menurut informasi sementara dari panitia, para peserta ABFI 2013 boleh mulai check in pada pukul delapan. Jarak waktu yang masih lama itu membuat kami melangkahkan kaki menuju mushola stasiun untuk sekedar merebahkan badan. Bahkan ada beberapa teman yang mandi.

Sehabis shalat subuh, kami mendapatkan informasi beberapa blogger telah check in dan ternyata panitia memperbolehkan peserta dari luar kota untuk masuk hotel kapan saja. Lagi-lagi informasi itu kami dapatkan dari jejaring sosial. Benar-benar yah, internet sudah menjangkau segala ranah kehidupan.

Sesampainya di Kusuma Sahid Prince hotel, saya menempati kamar nomor 133. Hotelnya sudah cukup tua dengan fasilitas yang beberapa belum dipugar, misalnya bagian toilet kamar. Shower di kamar saya sulit dimatikan, kalau mau air panas tidak bisa dicampur air dingin begitu sebaliknya. Ayo pihak hotel, segera bebenah demi kemajuan kota wisata Indonesia.

Setelah membersihkan diri, yang pertama saya lakukan adalah mencari koneksi internet. Setahu saya, setiap hotel memiliki fasilitas Wifi. Saya telepon resepsionis hotel, ternyata kamar saya tidak terjangkau Wifi. Ah sedih banget, deh. Ya sudah, saya tidur saja.

Berpose di depan spanduk ABFI 2013 - blogger Bandung dok.

Menjelang siang, saya, teh Nchie, mba Alaika, teh Meti dan kang Ade jalan-jalan ke pasar Gede menyusul bang Aswi dan kang Iwok untuk merasakan nikmatnya masakan bernama Timlo. Timlo itu mirip racikan soto berisi ati ampela yang besar-besar, telor berwarna hitam dan teman-temannya. Sebenarnya, Timlo agak kurang cocok di lidah saya tapi tetap terasa enak ketika lapar. He he he….

Makan Timlo rame-rame - blogger Bandung dok.

Timlo - Evi dok.

Karena saya Mba Alaika, kang Ade dan kang Iwok tidak membawa batik untuk acara gala dinner nanti malam, kami pun pergi ke pasar Klewer. Sementara bang Aswi dan teh Meti ke Alfamart untuk membeli tiket pulang (kita takut kehabisan soalnya). Berbagai macam batik ditawarkan di pasar Klewer, kita sampai bingung milih-milih bajunya. Penginnya sih dibeli semua.
Sehabis belanja batik terbitlah narsis - blogger Bandung dok.


Ceritanya lagi registrasi ulang - blogger Bandung dok.

Kembali ke hotel, kami disapa oleh pihak panitia. Kami disuruh untuk segera registrasi ulang. Ini bagian menyenangkannya, setiap perserta diberi voucher Wifi ID, Telkom Speedy dari pihak Telkom Indonesia selaku sponsor event ABFI 2013. Akhirnya saya bisa internetan lagi! Yippyyy…!

Saya adalah freelancer sekaligus wirausahawati, jadi saya harus selalu siap sedia jika dihubungi klien. Mau tidak mau, dalam event ini pun saya harus melayani klien. Internet mempermudah pekerjaan saya. Beberapa desain yang telah dipesan sejak di Bandung bisa saya kirim (jangan sampai menyalahi deadline), begitu pula dengan invoice dan penawaran.

Di kamar, saya coba Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia itu. Wihhh… ternyata stabil dan kencang, hanya dalam itungan detik atau menit, desain untuk klien bisa terkirim. Bagi beberapa klien yang ingin hangout (Gtalk) pun bisa dengan lancar. Enggak ada tuh yang namanya buffering!

Saya juga adalah penggemar berat film dan tv series, jadi enggak boleh ketinggalan episode terbaru tv series yang saya ikuti. Berkat ini, saya bisa nonton dengan lancar.  Ha ha ha…. Benar-benar deh, Wifi ID ini stabil dan cepat. Unlimited lagi!

Malamnya, acara pembukaan event akbar ASEAN Blogger Festival Indonesia sekaligus gala dinner diadakan di Loji Gandrung, rumah dinas walikota Solo. Setelah sambutan berpanjang-panjang dan berbahasa Inggris, kami pun menyantap hidangan ala Solo. Psst… di sini  tersedia jaringan Wifi ID, Telkom Speedy dari Telkom Indonesia juga loh!

Blogger dan koneksi internet adalah pasangan yang tak terpisahkan. Blogger dan Telkom Indonesia bisa bersinergis untuk menyongsong komunitas ASEAN 2015. Sinergi itu bisa kita lihat dalam poin-poin di bawah ini:
  1. Blogger bergiat di dunia nyata maupun maya. Blogger berkomunitas lintas batas kota, pulau, bahkan Negara. Karenanya harus terkoneksi dengan internet agar dapat menyatukan berbagai komunitas tersebut.
  2. Koneksi internet yang cepat dan stabil dapat menunjang kegiatan kopdar dan mengalirnya postingan para blogger. Blog walking yang wajib dilakukan blogger pun bisa dilakukan dengan lancar. Kalau koneksi internetnya hidup-mati-hidup-mati, gimana mau berkunjung ke blog teman lain, untuk posting tulisan saja susah. Blog walking ini bisa mendekatkan para blogger dan mengeratkan komunitas.
  3. Zaman sekarang, bisa disebut para blogger ini adalah duta ilmu pengetahuan. Penyebaran ilmu pengetahuan tidak hanya dilakukan oleh para profesor dengan jurnal-jurnalnya, loh. Blogger dan masyarakat luas bisa berbagi informasi seluas-luasnya. Tapi tentu saja dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan sesuai fakta. Makanya mencantumkan foto itu penting, biar enggak hoax (hadeuh, ini sih demam narsis aja).

Banner Wifi ID di area seminar - Panitia ABFI dok.

Hari kedua, para peserta mengikuti berbagai seminar dengan key note speaker yang keren-keren. Ada lomba live tweets Telkom Indonesia juga. Semua peserta bersemangat menginformasikan kegiatan ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013 dengan menggunakan hastag #ABFI atau #ABFI2103. Hanya dengan searching hastag tersebut, saya dapat mengidentifikasikan siapa saja peserta ABFI 2013 ini. Acara follow-follow-an pun dimulai. Thanks to Telkom Indonesia karena memberikan fasilitas Wifi ID ini. Para peserta jadi saling mengenal di dunia nyata maupun maya J

Aih, cerita hari pertama saja sudah sepanjang ini, apalagi hari kedua. Tunggu ya teman-teman tulisan berikutnya.
Previous
Next Post »

56 komentar

Write komentar
26 Mei 2013 10.46 delete

internet memang bikin hiduuuup :D....

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
26 Mei 2013 15.42 delete

cerita aku-nya belum ada hahahahaa

Reply
avatar
samsunisarman
AUTHOR
26 Mei 2013 16.30 delete

halo Emak Bandung, wah ceritanya sungguh menarik hati...ayo ditunggu sambungan hari keduanya ya...salam blogger dari Banjarmasin

Reply
avatar
evi
AUTHOR
26 Mei 2013 16.46 delete

hallo mbak evi, selamat bertemu lagi..,
menemukan jaringan internet yg cepat dan stabil impian semua blogger ya mbak :)

Reply
avatar
26 Mei 2013 17.40 delete

Dunia tanpa koneksi internet emang bikin mati gaya ya' Vi? :)
Untungnya acara ASEAN blogger festival didukung penuh oleh Telkom Indonesia ya? Thanks juga ah untuk Telkom Indonesia. :)
Nice post' Vi!

Reply
avatar
Lozz Akbar
AUTHOR
26 Mei 2013 19.51 delete

Owh makanya gak heran dikau sering ngumpet di dalam kamar Jeng... lah ternyat sedang menikmati koneksi internet yang super kueeenceng itu ya. #alibi molor :p

Reply
avatar
Iwok
AUTHOR
26 Mei 2013 20.18 delete

Blogger tanpa internet sama dengan bohong ya? hehehe

Reply
avatar
asmari
AUTHOR
26 Mei 2013 21.35 delete

blogger tanpa internet kayak punya pacar tapi gak bisa dipegang :D

Reply
avatar
26 Mei 2013 22.15 delete

seruuuu..
waah tanpa inet mati gaya !!

Reply
avatar
Idah Ceris
AUTHOR
26 Mei 2013 22.21 delete

Jadi, yang dikenakan tuh baju batik baru dari klewer, Mba? :D
Di lantai 7 hotel sahid jaya juga wifinya mati. :)

Wifi ID memang was wus, aku memanfaatkannya ketika sedang seminar2. :D

Reply
avatar
Insan Robbani
AUTHOR
26 Mei 2013 22.28 delete

Kunjungan perdana di blog yang indah...

Reviewnya bagus dan detail ini ikutan kontes ya?
wuih blogger Bandung gak ada matinya...
salam buat Teh Nichie, Mbak Al, Bang Aswi dan kang Ade...

Reply
avatar
Mbak Iis
AUTHOR
26 Mei 2013 23.41 delete

internet bagaikan pacar yang tentunya selalu kangen...hehee

Reply
avatar
ajengkol
AUTHOR
26 Mei 2013 23.47 delete

Salam kenal yah :) ayo jejaring blogger samangat

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.24 delete

ya iyalah ini masih cerita hari pertama, kita kenal hari kedua kaliiii

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.26 delete

Salam kenal dari Bandung, mas Samsuni. Postingan Mas sudah lengkap ya, hebat *\^^/*

Reply
avatar
Meti Mediya
AUTHOR
27 Mei 2013 00.29 delete

Aiiihhh wifi.id dr telkomindonesia bener2 kenceng, dan dr situ jgn aku dpt tablet hehehehehe, Kerennya juga model cerita postingan ini narsisnya blogger Bandung, Kangen suasana itu ya kang....kangen ASEAN Blogger Hehhehe

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.31 delete

Iya mbak Evi, ketemu lagi. Aih kita lucu ya manggilnya samaan 'Evi'. Semoga internet cepat dan stabil ini bisa dinikmati di seluruh Indonesia.

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.39 delete

Internet bikin homie, ya mba Al :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.40 delete

Psstt... jangan keras-keras kang Lozz ;p

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.51 delete

Hush belum muhrim! Lol

Reply
avatar
27 Mei 2013 00.53 delete

iya bener, internet bisa menghalau kematigayaan heh

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.04 delete

Wihhh beda hotel kita ya? Senang ya kalau internetnya kenceng gitu :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.14 delete

Iya mau ikutan kontes. Doakan ya Kang :)

Iya, nanti disampaikan salamnya :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.18 delete

Iya bawaannya enggak mau jauh-jauh deh :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.21 delete

Salam kenal, mba Ajeng. Jabat erat :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.26 delete

Ahahaha, nanti kita bisa narsis bareng lagi teh. Selama ada gadget dan jaringan internet yang bagus :D

Reply
avatar
27 Mei 2013 01.49 delete

Seru banget deh acaranya, sampai doyan makan Timlo ya Mba. saking kelaparannya ya. Tapi ngomong-ngomong batik di pasar kelewaer jangan dibrong semuanya Mba. he,,,,x9

Sukses selalu
Salam,

Reply
avatar
Novia Wahyudi
AUTHOR
27 Mei 2013 01.50 delete

wah,,kalau cemilannya begitu..harus lupakan diet *lospokus*.. hehe

Reply
avatar
27 Mei 2013 02.05 delete

hehe, enggak ngeborong ko *lirik dompet tipis*

Reply
avatar
Lusi
AUTHOR
27 Mei 2013 02.32 delete

Berhubung ada foto camilannya, maka artikel ini saya nyatakan sebagai juara 1! :D

Reply
avatar
27 Mei 2013 02.37 delete

Aihhh seandainya mba Lusi jurinya hehe *\^^/*

Reply
avatar
27 Mei 2013 07.03 delete

Untung ya ada Speedy, jadi bisnis di mana pun bisa tetep jalan.
Seru nih ceritanya. Kapan ya aku bisa ikutan acara kayak gitu... >.<


tamanbermaindropdeadfred.wordpress.com

Reply
avatar
yuniarinukti
AUTHOR
27 Mei 2013 07.40 delete

Wuih tulisannya berpanjang-panjang, tapi juga berbobot. Aku belum nulis sih, tapi habis baca postingan ini kok jadi nge-pir ya haha..

Reply
avatar
27 Mei 2013 07.53 delete

iya Epaaa ayo datang ke acara blogger yuks :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 09.11 delete

Ah mbak Yuni bisa aja, barusan saya udah baca review acara bikinan Mbak :)

Reply
avatar
Zian
AUTHOR
27 Mei 2013 17.27 delete

seandainya gak ikutan acara ASEAN Blogger ini, mungkin sampai sekarang saya tidak akan pernah merasakan naik kereta. Maklum, di Kalimantan gak ada kereta :D

Semoga postingan ini menang kontes ya.. :)

Reply
avatar
27 Mei 2013 18.28 delete

Naik apa saja dari Kalimantan ke Solo?

Amiin, terima kasih doanya :)

Reply
avatar
dey
AUTHOR
27 Mei 2013 19.15 delete

saya mah komentar camilannya aja deh .. emak2 emang ngga pernah lupa soal itu :D

Reply
avatar
27 Mei 2013 22.50 delete

Serunya,, bisa ikutan ASEAN Blogger.. Salam kenal Mak, semoga sukses KOntesnya ^_^ . Sekarang ini kalo nggak ada internet bagaikan di taman tanpa bunga ,, wekekekek,,

Reply
avatar
Bunny Cat
AUTHOR
28 Mei 2013 08.55 delete

serruuu...gimana sih caranya bisa ikutan acara2 kayak gini?

Reply
avatar
keke naima
AUTHOR
28 Mei 2013 09.21 delete

ngebayangin blogger Bdg satu kereta pasti seru bgt #Ngiri

Reply
avatar
glen fadly
AUTHOR
28 Mei 2013 10.43 delete

weh mbak nya yg mana ya .. :v

Reply
avatar
30 Mei 2013 03.02 delete

Huaa, teh evi gak ajak2.. ngiri dyeeeh ;(

ckckck ;p

Reply
avatar
30 Mei 2013 06.45 delete

Di tempatku Speedy gangguan Mulu -__-

Reply
avatar
30 Mei 2013 10.54 delete

Iya bener, makanya suka deh deket Emak :D

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.02 delete

Salam kenal Mbak ^_^

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.34 delete

Caranya aktif di suatu komunitas blogger aja, Mbak :)

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.36 delete

Ayo Mbak kita kopdar :)

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.43 delete

Yang mana hayo tebak?

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.49 delete

Hehehe maafkan Isha :)

Reply
avatar
30 Mei 2013 11.50 delete

Daerah mana memang Irfan?

Reply
avatar
12 Juni 2013 08.38 delete

Gak ada internet emang susaaaah yaaa :D
Semoga menang ya Mbakkk lombanyaww

Reply
avatar
14 Juni 2013 21.35 delete

Makasih Una, semoga menang ^_^

Reply
avatar
5 Februari 2016 17.55 delete

Tempat saya wifi agak sendat lho mas.

Reply
avatar