Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Pak Irwan Hidayat, Direktur Sido Muncul menyapa para pemudik


Idulfitri tanpa berkumpul dengan orang tercinta terasa kurang bagaikan sayur tak bergaram. Khususnya di Indonesia, kita mengenal tradisi mudik ke kampung halaman karena mayoritas penduduknya merupakan kaum perantau. Baik itu dari desa ke kota, dari kota ke desa, lintas pulau, bahkan hingga ke mencanegara. Bukan rahasia lagi bila menjelang mudik ini harga tiket di berbagai moda transportasi melambung tinggi. Makanya harus pintar-pintar berburu tiket murah jauh sebelum bulan Ramadan.


Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Peserta Mudik Sido Muncul ke-29

Akan tetapi tidak semua orang bisa berburu tiket murah atau membeli tiket transportasi yang harganya meroket itu. Ada yang memang penghasilannya cukup untuk sehari-hari atau gajinya dikirim langsung ke kampung halaman buat keluarga. Karena itulah PT. Sido Muncul Tbk sejak tahun 1991 memelopori program Mudik Gratis bagi pedagang jamu, pedagang asongan, dan asisten rumah tangga. Ide ini pertama kali dikeluarkan oleh Bapak Jonathan Sofjan Hidajat yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Sido Muncul. Pada awalnya, selama tiga tahun yaitu 1991 sampai 1993 Mudik Gratis diselenggarakan secara sederhana dan tidak pula dihadiri pejabat pemerintahan. Manajer Marketing Bapak Kris Irawan yang melepas para pemudik sejumlah 1.200 orang sebagai wakil direksi dari parkir timur senayan. Busnya pun masih berjumlah 17 saja.

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Pak Irwan Hidayat, Direktur Sido Muncul melepas para pemudik

Mulai tahun 1994, Mudik Gratis dilakukan dengan cukup meriah karena konsepnya benar-benar sudah matang sehingga acaranya optimal. Kemeriahan tersebut berupa berbagai hiburan bagi para pemudik baik di tempat pelepasan maupun saat perjalanan. Ada juga promosi produk di bus-bus, kehadiran para pejabat untuk melepaskan keberangkatan, dan bekerja sama dengan pedagang jamu untuk memublikasikan sekaligus menyosialisasikan program ini agar lebih bergaung dan menyerap pemudik lebih banyak.

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Pelepasan Mudik Gratis Sido Muncul ke-29

Tahun berganti tahun, 2018 ini Mudik Gratis Sido Muncul ke-29 terselenggara. Sebanyak 13.000 orang yang berprofesi pedagang jamu gendong, pedangan asongan, dan asisten rumah tangga. Bus yang diberangkatkan sejumlah 220 bus. 114 bus meluncur dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada hari Sabtu tanggal 9 Juni 2018. Sementara 106 bus lagi diluncurkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, Serang, Cikampek, Bogor, dan Cibinong. Nantinya bus-bus tersebut mengantarkan para pemudik pada 8 kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul. Sebelum berangkat, para pemudik dan pengemudi bus ini melakukan tes urine untuk mengetahui ketahanan tubuh apakah mampu menjalani perjalanan jauh. Sido Muncul memang sangat peduli terhadap kesehatan, ini juga dimaksudkan agar semua pemudik merasa aman dan nyaman.

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
220 bus Mudik Gratis Sido Muncul ke-29

Tanggal 9 Juni merupakan puncak mudik dari berbagai tempat di Indonesia. Pelepasan Mudik Gratis Sido Muncul ke-29 ini dihadiri oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur Drs. Bambang Musyarawdana dengan Direktur Sido Muncul Pak Irwan Hidayat. Tidak perlu khawatir masalah keamanan pemudik karena Sido Muncul menggaet langsung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Mantap banget, ya!

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Pak Irwan Hidayat dan Polda Metro Jaya

Yang istimewa dari Mudik Gratis Sido Muncul ke-29 adalah bus yang digunakan seluruhnya menggunakan AC sehingga perjalanan lebih nyaman. Kemudian ada peluncuran produk baru Sido Muncul yaitu Kuku Bima Energi plus Vitamin C. Produk ini adalah varian baru dari Kuku Bima Energi yang memadukan minuman berenergi dengan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh. Cocok banget buat kondisi mudik.

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Pak Irwan Hidayat di acara konperensi pers

Menurut Pak Irwan Hidayat, Direktur Sido Muncul saat konperensi pers tanggal 8 Juni 2018 hari jumat lalu bahwa jumlah pemudik yang berangkat tahun ini berkurang. Ini merupakan gejala yang baik karena indikasi meningkatnya perekonomian rakyat dan banyaknya perusahaan lain atau institusi yang juga melakukan program mudik gratis.

Bagi saya program Mudik Gratis Sido Muncul yang telah mencapai ke-29 kali merupakan wujud kepedulian murni dan konsistensi yang patut diapresiasi. Sebagai pelopor, Sido Muncul mampu menyebar virus kebaikan pada berbagai institusi dan perusahaan lain sehingga semakin banyak masyarakat terbantu.

Mudik Gratis Sido Muncul Ke-29 Bukti Kepedulian dan Konsistensi
Teh Ani Berta, Evi, Pak Irwan Hidayat, dan Eva di acara konperensi pers Mudik Gratis Sido Muncul ke-29

Nah, kamu mudik ke mana? Jaga kesehatan dan hati-hati di jalan, ya. Salam buat keluarga tercinta dan selamat berbahagia di momen istimewa ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

1 comment:

  1. selamat bermudik.. :)

    setahu saya sidomuncul juga aktif setiap tahun mengadakan mudik gratis..
    sering keluar beritanya di televisi


    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete