Tips Agar Tidak Mabuk Udara Saat Naik Pesawat


Tips Agar Tidak Mabuk Udara Saat Naik Pesawat
Tips Agar Tidak Mabuk Udara Saat Naik Pesawat - Sumber Pixabay

 
Pesawat adalah salah satu moda transportasi yang bisa menempuh jarak jauh dengan cepat sehingga bisa sampai tujuan dalam waktu yang relatif singkat. Meski begitu, masih banyak orang yang enggan naik pesawat dengan alasan mabuk udara. Padahal mabuk dan mual ketika naik pesawat bisa diatasi, dan berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan: 

1. Makan Permen Rasa Peppermint
Ketika naik pesawat, sebaiknya membawa permen rasa peppermint yang dipercaya bisa menghilangkan rasa mual serta pusing.

2. Gunakan Minyak Gosok Aromatherapy
Saat ini banyak dijual minyak gosok aromatherapy, apabila merasa mual dan pusing, segera gosokkan minyak aromatherapy ini pada pelipis kepala, leher, serta perut. Rasanya yang hangat bisa mengurangi mual, selain itu, kandungan aromatherapy-nya juga akan membuat nyaman dan tidak mengganggu penciuman penumpang lain di pesawat.

3. Pilih Tempat Duduk yang Tepat
Salah satu faktor yang menyebabkan mabuk udara saat naik pesawat adalah posisi tempat duduk. Apabila takut dengan ketinggian, bisa meminta tukar tempat dengan penumpang di samping yang tidak duduk dekat jendela. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak takut ketinggian, bisa meminta pindah tempat duduk ke dekat jendela, sehingga bisa menikmati pemandangan di luar jendela, dan ini manjur untuk menghilangkan mual serta pusing.

4. Makan dan Minum Secukupnya
Naik pesawat dalam waktu yang panjang saat perut kosong bisa menyebabkan mual dan pusing. Oleh sebab itu saat akan naik pesawat sebaiknya makan terlebih dahulu, namun jangan berlebihan. Perut yang penuh juga bisa membuat mual serta pusing karena ketika laju pesawat tidak stabil, perut akan ikut berguncang.

5. Hindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat serta Gula Tinggi
Makanan dengan kandungan gula serta karbohidrat yang tinggi yang dikonsumsi sebelum naik pesawat ternyata bisa memicu adrenalin yang menyebabkan kepanikan sehingga membuat pusing serta mual. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum naik pesawat, konsumsi protein serta vitamin yang cukup.

6. Hindari Membaca Buku Ketika Laju Pesawat Tidak Stabil
Meskipun melaju di udara, adakalanya laju pesawat tidak stabil, oleh karena itu, jangan membaca buku, karena ketika pesawat bergoncang dan kita lebih berusaha fokus membaca tulisan yang ada di buku, justru akan memicu rasa pusing dan mual. Sebaiknya tunggu sampai laju pesawat stabil jika ingin membaca buku.

7. Santai dan Jangan Tegang
Pikiran yang tegang juga bisa menjadi pemicu mual dan pusing saat naik pesawat. Oleh sebab itu, sebaiknya tetap rileks dan alihkan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, mengobrol dengan teman seperjalanan, atau nonton film. Dengan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang positif maka akan membantu untuk menghindarkan kita dari pusing serta mual selama dalam perjalanan.

8. Minum Obat Anti Mabuk
Apabila memiliki kekhawatiran jika akan mabuk saat di pesawat, tak ada salahnya untuk minum obat anti mabuk untuk berjaga-jaga supaya tidak pusing dan mual di perjalanan. Obat anti mabuk biasanya memiliki kandungan obat tidur, sehingga saat di perjalanan akan mengantuk dan tidur sehingga tidak akan merasa mual dan pusing.

Sering pusing dan mual saat naik pesawat memang membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, oleh karena itu tips-tips agar tidak mabuk udara seperti yang sudah dijabarkan di atas patut dicoba agar perjalanan menjadi selamat, aman, dan nyaman juga menyenangkan.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Kalo aku pas naik pesawat suka bawa permen asem mbk hehe,sama coklat.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya selama dalam perjalanan anti makan atau minum, soalnya suka mabuk wkkwkwkw

    ReplyDelete
  3. Untung saya tidak pernah mabuk saat naik pesawat. Paling kalaupun pusing, saya alihkan dengan tidur saja. :D

    ReplyDelete
  4. Aduh naik pesawat teh gak bikin pusing klo buat saya, tapi takut :D pasrah gimana gitu, Vi. Heuheu

    ReplyDelete
  5. Makan
    Hui tidak berlaku yah di sini 😄Jadi pengen naek pesawat

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya Pi, kita enggak pernah mabuk udara :)

    ReplyDelete