Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik

“Everything in the universe has a rhythm, everything dances.”
― Maya Angelou

Dua kunci utama travelling seru buat saya adalah perjalanan itu sendiri dan dengan siapa atau apa saya bepergian. Menyitir dialog Rangga dalam film AADC2: inti dari travelling adalah proses perjalanan bukan sekadar destinasi. Mungkin berlebihan karena bagi saya jalan-jalan dari rumah ke kostan teman sudah merupakan travelling. Bahkan ketika itu saya lakukan setiap minggu. Karena setiap perjalanan selalu melahirkan pengalaman baru, cara pandang baru. Misalnya saya baru menyadari kalau ada coffee shop baru di suatu daerah. Dan saya selalu tergiang perkataan teman saya, Landra kalau travelling seru itu kuncinya teman seperjalanan. Yup, saya sepakat. Tapi ada sedikit perbedaan, saya enggak membatasi teman perjalanan hanya pada ‘orang’. Saya kerap kali bepergian sendiri. Teman seperjalanan biasanya buku dan musik.


Buku berupa novel—biasanya—atau notes selalu tersedia di tas saya. Dan musik tentunya. Ayolah di zaman serba digital begini, kita sudah enggak perlu bawa tape recorder atau mp3 player. Cukup satu gawai di tangan, segala rupa musik bisa saya dengarkan. Apalagi sejak dua tahun lalu saya mulai berlangganan aplikasi khusus musik bernama Langit Musik. Jutaan lagu tersedia, terus diperbaharui, membuat travelling saya seru dan tentunya selalu tahu musik kekinian. Rasanya selalu ada teman yang mengerti mood saya.

Ngomong-ngomong soal aplikasi Langit Musik, sekarang aplikasi ini tampil baru. Yup, aplikasi new Langit Musik tampil lebih kece. Desainnya itu loh, enak banget buat dipelototin. Cara pakainya juga makin sederhana. Kamu suka bepergian sendiri juga? Coba deh rasakan sensasi ditemani aplikasi ini. Streaming musik sepuasnya!

Cara Mendaftar Aplikasi New Langit Musik
Cara nikmati aplikasi ini gampang banget. Syarat utamanya, kamu adalah pengguna produk Telkomsel seperti Halo, Simpati, dan AS. Kamu cukup mengunduh aplikasi di play store dan meng-instal-nya. Sudah? Kamu bisa memilih Bahasa Indonesia atau Inggris sebelum melanjutkan. Saya sih pilih Bahasa Indonesia, jadi harap maklum kalau pembahasan fitur-fiturnya menggunakan Bahasa Indonesia juga ya.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Unduh aplikasi Langit Musik di play store

Langkah berikutnya kamu mesti sign up, daftarkan nomor Telkomsel kamu. Setelah itu masukkan kode yang telah dikirim ke nomormu. Kodenya akan kamu terima berupa SMS yang langsung masuk ke aplikasi tanpa kamu susah-susah lirik SMS-nya. Kamu akan diminta membuat user name. Biasanya otomatis nomor kamu yang bisa kamu ganti kapan saja, sesering yang kamu mau. Selesai deh, kamu siap menjelajah fitur-fitur seru aplikasi new Langit Musik.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Langkah-langkah mendaftar aplikasi Langit Musik

Free Quota
Tahu nggak, di aplikasi new Langit Musik ini ada 6juta lagu bahkan lebih. Buat menikmati seabreg-abreg lagu yang bisa makan waktu naik gunung turun gunung sampai tua itu gratis loh. Tiap kamu streaming nggak makan data sama sekali. Asal ... kamu pakai jaringan Telkomsel. Nah kalau pakai WiFi beda cerita ya. Tapi nggak makan banyak quota juga sih. Duh Langit Musik ini ngerti banget ya kita yang suka gratisan he he he.

Fitur-fitur Aplikasi New Langit Musik
Begitu membuka aplikasi new Langit Musik, kamu akan disapa selamat pagi, siang, sore, malam, tergantung waktu kamu aksesnya. Berasa ada teman yang nemenin, kan?

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur-fitur aplikasi Langit Musik

Fitur Jelajah
Fitur Jelajah aplikasi new Langit Musik terdiri dari dua muka yaitu ‘Untuk Anda’ dan ‘Cari’. Begitu membuka muka Untuk Anda, kamu akan disodorkan rekomendasi lagu berdasarkan tema yang sedang hits. Misalnya kalau lagi musim kalender merah atau mendekati weekend ada tema-tema lagu Libur Telah Tiba. Kalau kamu sudah pernah streaming lagu sebelumnya, Langit Musik akan merekomendasikan lagu dengan aliran atau tema sejenis dengan lagu yang pernah kamu putar.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Jelajah di aplikasi Langit Musik

Meluncur ke muka Cari, kamu akan disodorkan Lagu Terbaru, Top Hits, Top Artist, Moods Anda, dan Aliran. Pengin tahu lebih banyak? Tinggal klik tanda panah di sebelah judul fitur. Oke saya bahas satu-satu ya.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Jelajah di aplikasi Langit Musik

Lagu Terbaru
Fitur Lagu Terbaru menyuguhkan tiga muka yaitu Semua, Indonesia, dan Internasional. Pembagian muka ini berdasarkan asal penyanyinya. Indonesia buat penyanyi dalam negeri, Internasional buat penyanyi seluruh luar negeri mulai dari Asia, Eropa, atau Amerika. Sementara Semua menampilkan seluruh penyanyi baik domestik maupun internasional. Kalau kamu suka lagu-lagu Korea atau India, tinggal cari di Internasional. Suka lagu dangdut, klik saja Indonesia. Fyi, semua genre musik dan anak-anak juga ada lho.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Lagu Terbaru di aplikasi Langit Musik

Top Hits dan Top Artist
Mau tahu top hits lagu saat ini? klik saja ini. Menariknya, kamu bisa tahu top hits per provinsi. Dari Sabang sampai Merauke ada lho. Misalnya nih mau tahu top hits di Jawa Barat, tinggal pilih provinsi. Menurut saya ini kelebihan dari aplikasi new Langit Musik. Enggak cuma top hits lagunya, top hits musisinya dan top hits playlist-nya pun ada. Terbukti kalau tim di baliknya serius banget riset dunia musik dan selera pasar. Saya pikir data ini bisa juga jadi acuan alternatif bagi pelaku industri musik di Indonesia.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Top Hits dan Top Artist di aplikasi Langit Musik

Moods Anda
Nah ini dia salah satu fitur favorit saya. Di Moods Anda, kamu bisa pilih playlist lagu sesuai suasana hati seperti Energetic, Chill, Falling in Love, Gloomy, Lagi Labil, dan lain-lain. Tampilan icon setiap mood ini lucu-lucu, ya sesuailah dengan temanya.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Moods Anda di aplikasi Langit Musik

Buat menemani perjalanan, saya biasanya pilih mood energetic dong biar travelling makin seru. Lucu-lucu loh pilihan judul-judul playlist-nya, kadang bikin ngakak sendiri. Kayak gini nih: pengen joget, joging sore, ‘Kerja, kerja, kerja!’, dikejar deadline, Duh! Deadline, Summer Song, dan seterusnya. Nih Langit Musik kok ngerti banget saya suka dikejar deadline. Ouch!

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Pilihan Mood Energetic

Fokus ke travelling, saya pilih playlist Summer Song. Ketika saya klik langsung terlihat informasi seperti ada berapa jumlah lagu, durasi waktu, dan siapa yang menyusun playlist. Saya klik tanda + Follow untuk memasukkan playlist ke dalam daftar putar lagu saya. Bisa ketahuan juga berapa orang yang sudah follow setiap playlist. Lagu-lagu dengan beat sedang pun mengalun menemani saya melamun sepanjang jalan. 

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Playlist Summer Song di aplikasi Langit Musik

Paling asyik kalau perjalanan pakai kereta dan kebetulan lagi sepi, saya suka ikut nyanyi. Kan setiap streaming lagu di Langit Musik ada liriknya. Maklumlah ya suara saya yang super ancur ini bisa bikin semua pengguna kereta api demo di stasiun!

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Ada liriknya setiap putar lagi di aplikasi Langit Musik

Aliran
Ini nih salah dua fitur favorit saya. Saya memang gitu sih orangnya suka males bikin playlist, jadi sebangsaning fitur playlist pasti bikin hati saya meleleh. He he he. Di Aliran, kamu bisa pilih playlist sesuai aliran musik kesukaanmu seperti rock, Sing Along, Party, Sumber Semangat, dst dst. Aplikasi New Langit Musik memang unik ya ngasih nama aliran musiknya. Emm ... tapi kayaknya tetap butuh ya fitur dengan genre musik sesungguhnya. Bisa jadi edukasi buat pengguna tentang jenis-jenis musik. Mungkin ke depannya Langit Musik bisa bikin fitur tambahan.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Aliran di aplikasi Langit Musik

Buat menemani travelling, saya pilih playlist Sumber Semangat. Kadang kan suka capek juga di perjalanan jadi biar tetap bergelora ((bergelora)) butuh energi lagu pengobar semangat gitu. Ada banyak pilihan playlist seperti Over Time, Put Ur Hands Up!, Kongkow Bareng, Smells Like Teen Spirit, Positif Energi, dll dll.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Daftar playlist lagu Sumber Semangat di aplikasi Langit Musik

Streaming playlist Smells Like Teen Spirit kayaknya oke nih. Satu lagu, dua lagu, tiga lagu. Emm ... saya dengar Cukup Siti Nurbaya, Aku Di Sini Untukmu, dan Kirana Dewa 19. Lagu-lagu ini mengingatkan saya pada tahun 90an, saat itu saya masih remaja. Sejujurnya, saya pikir playlist berbau teen spirit itu bukan yang mengantarkan saya ke masa lalu, tapi yang memanggil spirit-nya anak muda. Gimana ya antara judul playlist sama isinya kurang sesuai saja gitu. Saya juga menemukan keenggaksesuaian lagu dengan judul playlist di playlist lain seperti Good Times! yang memasang beberapa lagu sedih. Semoga ke depannya Langit Musik lebih menyeleksi daftar lagu sesuai dengan temanya.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Playlist Smells Like Teen Spirit di aplikasi Langit Musik

Fitur #TAGSTATION
Zaman dulu waktu saya kecil sampai remaja, musik belum bisa diakses sebebas sekarang. Kalau jalan-jalan naik mobil bareng kakak-kakak suka dengerin radio. Kita biasanya pilih radio yang penyiarnya jarang ngomong biar bisa teriak-teriak nyanyi sampai serak. Kalau radio kan kita nggak bisa pilih lagu apa saja yang diputar kecuali sedang sesi request. Emm... biasanya sesi request kebanyakan salam sana-sininya. Ya itu serunya sih.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur #TagStation di aplikasi Langit Musik

Fitur #TAGSTATION ini cukup spesial di aplikasi new Langit Musik karena mirip radio. Gini, di fitur ini ada berbagai pilihan tema seperti #getenergy, #hits, #love, #vacansi, dan lain-lain. Saya pilih #vacansi buat menemani travelling. Lagu pertama yang diputar adalah Taxi Cab-nya Vampire Weekend. Buat lagu kedua, ketiga, dan seterusnya itu semacam surprise karena enggak mencantumkan playlist.  Jadi kayak dengerin radio tanpa penyiar deh saya. Yeay!

Fitur Trending
Fitur ini sebenarnya bentuk lain dari fitur top hits. Kamu bisa melihat peta Indonesia yang dikasih mark berbentuk lingkaran. Tiap lingkaran itu menunjukan provisi di Indonesia. Ketika kamu klik, muncul lagu dan artis populer setiap provinsi yang pastinya beda-beda. Kayaknya ke depannya Langit Musik bakalan bikin lebih detail lagi per kota.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Trending di aplikasi Langit Musik

Fitur Laguku
Fitur Laguku menunjukan data berapa lagu, berapa album, dan berapa daftar putar lagumu. Ada juga daftar lagu yang baru saja dimainkan dan lagu yang sering dimainkan olehmu. Fitur ini semacam diary lagu-lagu yang menemani kehidupanmu. Kalau dalam kasus saya, diary lagu-lagu yang menemani travelling.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Laguku di aplikasi Langit Musik

Fitur Pemberitahuan
Fitur Pemberitahuan dibagi 3 muka yaitu Update, Berbagi dengan Saya, dan Promosi. Update berisi info update-nya aplikasi Langit Musik. Di Berbagi dengan Saya berisi info daftar teman-teman dan artis ikuti. Kamu juga bisa tahu apa saja lagu yang mereka dengarkan. Dan di Promosi, kamu bisa lihat promosi playlist-playlist terbaru.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Pemberitahuan di aplikasi Langit Musik

Fitur Pemberitahuan juga menampilkan tombol “Cari Teman Baru”. Tinggal klik saja untuk kamu cari teman baru. Ada 3 muka yang bisa kamu jelajahi. Pertama, Teman Anda. Di sini kamu bisa menghubungkan sosial mediamu seperti Facebook dan Twitter. Aplikasi new Langit Musik akan otomatis mencari teman media sosialmu yang juga menggunakan aplikasi ini. Kalian akan terhubung satu sama lain.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Pemberitahuan di aplikasi Langit Musik

Kedua, Artis. Kamu bisa mengikuti artis-artis favoritmu. Ketiga, Sesuai dengan Anda. Akan muncul daftar pengguna aplikasi new Langit Musik lainnya yang bisa kamu jadikan teman.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Pemberitahuan di aplikasi Langit Musik

Fitur Akun
Fitur Akun adalah informasi pribadimu seperti user name, jumlah followers, jumlah following, berapa waktu yang kamu gunakan buat streaming lagu di aplikasi new Langit Musik, rekomendasi lagu buatmu, dan musisi yang sering kamu dengarkan.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Akun di aplikasi Langit Musik

Data pribadimu bisa kamu lengkapi atau ubah sewaktu-waktu, seperti menampilkan foto profil, user name, status, jenis kelamin, tanggal lahir, status berlangganan aplikasi new Langit Musik, menghubungkan akun sosial mediamu, dan kamu bisa ganti password.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Akun di aplikasi Langit Musik

Fitur Cari/ Search
Nggak mau ribet pilih-pilih playlist dan pengin langsung nyari musisi kesukaanmu? Tinggal masuk ke fitur Cari/ Search. Caranya gampang banget. Misalnya nih saya ketik Tulus, akan muncul daftar artist yang ada kata ‘tulus’, daftar lagu, daftar album, daftar putar, dan orang. Orang itu maksudnya ID pengguna aplikasi new Langit Musik.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Fitur Cari/ Search di aplikasi Langit Musik

Oke, saya udah nemu nih musisi yang namanya Tulus. Tinggal klik dan langsung terlihat informasi tentang Tulus seperti umurnya berapa, tinggal di mana, berapa followers-nya, daftar lagu, top hits lagunya Tulus, judul-judul albumnya, dan fitur playlist yang ada lagunya Tulus. Saya juga bisa baca profil singkatnya Tulus. Nggak ketinggalan artis-artis lain yang genre lagunya kayak Tulus. Nah, buat kamu yang pengin tahu pakai banget perkembangan musisi favoritmu, tinggal klik follow. Beuh lengkap banget ya.

Paket Premium
Saya sukaaa ... banget travelling ke gunung. Atau yah, bukit deh. Kemping-kemping atau hiking-hiking ceria gitu. Tahu kan kalau di gunung atau bukit atau hutan suka ada saja wilayah yang fakir sinyal? Saya sih enggak khawatir, saya tetap bisa ditemani musik walaupun lagi in the middle of nowhere. Soalnya saya berlangganan paket premium aplikasi new Langit Musik. Kelebihannya paket ini, saya bisa unduh lagu-lagu favorit sebanyak-banyaknya yang langsung tersimpan menu my music. Bisa putar lagu secara offline.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Harga berlangganan paket Premium aplikasi Langit Musik

Cara berlangganan paket premium ini mudah, tinggal ketik REG NEWLM, kirim SMS ke 96161. Harganya Rp22.000,- per bulan sudah termasuk pajak. Kalau mau mingguan juga bisa, harganya Rp6.600,- sudah termasuk pajak.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Cara berlangganan paket premium aplikasi Langit Musik

Travelling saya selalu seru bareng aplikasi new Langit Musik walaupun sendirian. Seperti kata Maya Angelou, penulis puisi dan skenario Afrika-Amerika: segala sesuatu di alam semesta ini memiliki ritme. Nikmati setiap perjalanan, imajinasi saya menari diiringi swarna Langit Musik. Dengan begitu hidup makin berarti.

Travelling Seru Bareng Aplikasi New Langit Musik
Lomba blog aplikasi Langit Musik
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

16 comments:

  1. Ada lagi aja kan aplikasi yang mesti di download sekarang juga :D

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete
  2. aku baru unduh aplikasinya dan udah berlangganan, seru banget bisa dengerin langit musik secara cuma cuma lagunya banyak haha. aplikasinya agak membingungkan tapi tampilannya bagus

    ReplyDelete
  3. Memang enak sih ya, di perjalanan ngelamun ditemani Langit Musik :D

    ReplyDelete
  4. tampilan aplikasinya saja udah bagus gitu

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama Langit Musik karena update lagunya cepaat. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama, Idah. Aku suka karena jadi tahu lagu-lagu :D

      Delete
  6. Eviii!
    Segera meluncur ke Langit Musik buat berburu lagu Kpop ah, sama mau nyari Ost drama korea hahaha.

    ReplyDelete
  7. Teh Evi suka Mocca juga? Wah sama! *salah fokus* Ahahaha.

    Banyak banget ya fiturnya, Teh. Suka banget pakai LangitMusik. Memudahkan banget, apalagi aku anaknya agak malas update lagu terbaru jadi biasanya dengar itu-itu aja. Pakai LangitMusik jadi bisa lebih tau dan update. Aku bisa jadi kekinian, alhamdulillah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha sama nih kita. Suka males update lagu. Langit Musik bikin kita lebih tahu lagu terbaru ya, Tiw :)

      Delete
  8. Kayaknya asik juga nih buat dicobain

    ReplyDelete