Gunung, Kopi, dan Shop and Drive


Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
 
Jalan-jalan ke gunung dan kopi, dua hal terasyik dalam hidup saya akhir-akhir ini. Pasti udah bosan deh kalau saya bilang saya lagi nulis novel tentang kopi? Ya karena kebutuhan riset itulah saya jadi sering datang lagi ke gunung. Gunung dan kopi memang nggak bisa dipisahin kayak saya dan laptop. Kopi arabika tumbuh subur di dataran tinggi sekitar 1000 sampai 1700 mdpl. Jadilah saya sering ke gunung lagi. Dulu sih waktu masih muda sering jalan-jalan ke gunung, buat kemping atau ikut ngospek anak baru. Berhubung masa itu udah lewat susah juga nemu momen ke gunung.  Terus apa hubungannya gunung, kopi, dan Shop and Drive?

Jadi ceritanya, bulan Agustus lalu saya sempat riset ke perkebunan kopi di Desa Tanjungsari dan Desa Sukamakmur di Kabupaten Bogor. Maraknya bisnis kopi membuat kakak saya, Teh Yunis terjun ke bisnis itu. Masalahnya, pemain bisnis ini cukup banyak tapi penyedia biji kopi masih terbatas. Akhirnya saya menawarkan Teh Yunis buat berkunjung ke Desa Sukamakmur, perbatasan antara Bogor dan Cianjur. Seingat saya, jalan ke sana lebih bersahabat dari pada ke Desa Tanjungsari. Senin pagi, saya dan tim Teh Yunis meluncur ke sana.

Kami berangkat berenam pagi sekali naik mobil Kang Badu, Panther tua. Itulah yang jok belakangnya masih berhadap-hadapan gitu. Saya jadi inget mobil keluarga saya sewaktu kecil. Saya sempat deg-degan takut mobil ini mogok di tengah jalan. Kang Badu bersoloroh kalau dia dan mobilnya ini pendekar. Okelah kalau begitu! Menurut petunjuk Pak Budi, ketua kelompok tani kopi di sana, kami sebaiknya lewat jalur Cianjur dari Bandung. Berkat daya ingat saya yang minim, kami berhasil nyasar beberapa kali. Dan ternyata jalan yang kami lewati terjal, berbatu, dan licin. Benar saja, mobil Kang Badu kewalahan juga meluncur di area sesulit itu. Tapi saya berusaha tenang karena toh ada tiga cowok yang ngerti soal mobil. Lebih dari tengah hari kami baru sampai.
 
Pak Budi sekeluarga menyambut kami dengan ramah. Kami dimasakkan nasi liwet yang enak banget. Ada kopi sangrai buatan istri Pak Budi. Rasanya lebih enak karena dinikmati di tengah gunung yang sejuk. Setelah kenyang, kami langsung berkeliling perkebunan kecil Pak Budi. Padahal saya pengin jalan lagi ke perkebunan besarnya, sayangnya Teh Yunis dan tim terlihat kecapaian setelah perjalanan jauh. Selesai tur perkebunan, kami pamit pulang. Pak Budi berpesan agar lewat jalur jalan Jonggol saja biar medannya lebih baik. Kami pun menurut.

Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Desa Sukamakmur

Jalur jalan Jonggol menghamparkan pemandangan yang indah banget. Gunung-gunung, sawah terbentang, dan suasana perkampungan yang damai. Itu sisi positifnya, sisi negatifnya jalur ini ternyata lebih jauh karena berputar. Kami hampir enggak beristirahat sama sekali sampai tiba-tiba ban mobil Kang Badu meletus. Untungnya itu magrib dan masih ada bengkel yang buka. Tanpa ba-bi-bu, ban segera diganti. Jam sebelas malam, kami baru sampai pintu tol Buah Batu. Kemudian prahara itu terjadi ... mobilnya mogok karena akinya soak. Hiks. Panther si pendekar tumbang juga. Kami kebingungan karena sudah nggak ada bengkel yang buka.

Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Shop&Drive Mobile App


Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Shop&Drive Mobile App
Saya jadi teringat aplikasi yang kemarin malam saya unduh buat jaga-jaga. Aplikasi Shop and Drive yang merupakan toko aki dan oli dari Astra Otoparts, pasti bisa dipercaya. Langsung saja saya buka dan cari bengkel terdekat Shop and Drive. Saya pun telpon hotlinenya 15-000-15, enggak berapa lama diangkat dan bilang kalau butuh aki. Ada tiga pilihan aki yang ditawari kepada kami: aki basah, aki GS Hybrid, dan aki kering. Kalau soal aki saya nggak paham, makanya saya serahkan aja sama Kang Badu he he he. Hanya dalam waktu setengah jam teknisi Shop and Drive mendatangi kami. Iya, Shop and Drive melayani delivery aki dan oli selama 24 jam. Dengan cekatan memeriksa keadaan mobil dan mengganti aki. Berhubung kami kehabisan uang, kami pun membayarnya dengan debit. Syukurlah cara bayarnya enggak ribet. Sebenarnya Shop and Drive juga melayani pengecekan mobil secara keseluruhan loh. Dan untuk pembelian aki akan diberikan garansi selama satu tahun. Wiiih!

Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Shop&Drive Mobile App

Gunung, Kopi, dan Shop and Drive
Shop&Drive Mobile App

Akhirnya malam itu kami bisa sampai ke rumah masing-masing dengan selamat. Sejak malam itu, saya menambahkan Shop and Drive ke dalam hal favorit saya selain gunung dan kopi. Jadi buat kamu yang kurang paham soal mobil dan ini yang paling penting buat jaga-jaga dalam segala situasi segera aja unduh Shop and Drive di gawai kamu ^_^

Buat kamu yang punya cerita seru pengalaman bersama Shop and Drive ikutan aja lombanya. Keterangannya ada Storytelling Competition. Hadiahnya oke banget!
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

8 comments:

  1. Ngerinya kalau mogok pas di daerah terpencil ya. Untung ada Shop and Drive ya sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya Shop and Drive bisa delivery :)

      Delete
  2. Serunya bisa jalan-jalan ke kebun kopi. Aja yah kakak. Hehehe

    ReplyDelete
  3. MANTAP. Kopinya pasti ASLI banget!, Saya sedang akan mensurvei destinasi wisata di perkebunan kopi Indonesia. Kalau boleh kami di "share", dimana saja sih lokasi yang menjanjikan ?

    ReplyDelete
  4. MANTAP !!! Yang pasti kopinya masih ASLI lagi khan?. O ya Bu, tapi dimana saja lokasi perkebunan kopi yang asyik dijadikan destinasi wisata (agrotour)?

    ReplyDelete