Terapkan Belanja Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Pintar


Terapkan Belanja Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Pintar
Terapkan Belanja Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Pintar

Kadang-kadang saat saya berbelanja, saya mempunyai hasrat berlebih ketika melihat barang yang cling-cling bing-bling atau kayaknya bagus buat saya pakai. Padahal niatnya cuma beli barang A-B-C-D eh malah belanja A-Z. Hmm ... kadang-kadang atau seseringnya ya? He he he. Hasilnya anggaran dana belanja akan membengkak karena sulit mengendalikan hasrat belanja itu. Penyesalan pun akan saya  rasakan ketika mengetahui budget saya melebihi target yang telah ditentukan. Ya gimana nggak nyesal kalau tabungan terkuras sampai ludes! Kamu pernah punya pengalaman yang sama kayak saya? Padahal ada beberapa tips yang bisa kita coba agar bisa mengendalikan diri saat berbelanja. Mau tahu apa saja? Mari kita simak tipsnya.

1. Jangan Bawa Kartu Kredit Atau Kartu Debit
Hal yang seringkali terlintas dipikiran kita saat berbelanja adalah membawa kartu kredit atau kartu debit untuk berjaga-jaga kalau uang kita kurang. Padahal membawa kartu-kartu ini malah akan membuat nafsu untuk berbelanja meningkat tajam. Sebab kita akan menganggap uang kita cukup untuk membeli barang-barang tersebut. Sebaiknya batasi juga limit kartu kredit kita sehingga tagihan nggak akan membengkak dan memberatkan kita. Maka dari itu disarankan untuk kita membawa uang cash saja.

2. Lebih Baik Bawa Uang Cash Secukupnya
Sebelum berbelanja pastinya kita sudah membuat daftar kebutuhan yang harus dibeli. Pastikan untuk membawa uang cash secukupnya dengan begitu kita akan lebih membatasi diri dan selektif dengan barang yang akan kita beli nantinya. 

3. Ingat Sisa Tabungan
Jika kedua cara itu nggaklah cukup mempan menahan nafsu berbelanja, ingatlah jumlah tabungan kita saat ini dengan berpikir ke depan. Setiap orang mempunya keinginan seperti membeli mobil, motor, ataupun rumah. Dengan mengingat impian kita tersebut secara nggak langsung kita akan mempunyai “rem” ketika berbelanja. 

4. Pikirkan Tagihan Hutang-Hutang Kamu
Sepertinya cara ini cukup ampuh untuk membuat kita nggak belanja berlebihan. Kita harus terus mengingat cicilan-cicilan seperti cicilan motor, mobil, dan cicilan kartu kredit. Memikirkan tagihan , otomatis kita akan mengurungkan niat untuk berbelanja. 

5. Lebih Hemat Belanja Online
Jika kita mempunyai kebutuhan penting seperti membeli baju baru untuk ke kantor, sepatu, dan lainnya lebih baik kita belanja online di MatahariMall.com. Disana banyak voucher diskon belanja online yang bisa menghemat pengeluaran kita dan pastinya kita bisa mendapatkan barang-barang keinginan kita tanpa perlu bermacet-macet ria di jalan. Hemat waktu dan bensin juga, kan?

Cara ini sudah terbukti ampuh untuk menekan hawa nafsu nggak terperi dari godaan keinganan belanja saya yang berlebihan. Kamu mesti membuktikannya sendiri kalau nggak percaya. Mari hidup hemat mulai sekarang dan rasakan sendiri manfaat menabung untuk masa depan. Yaey!
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

7 comments:

  1. biarpun bukan ibu-ibu, tapi saya boleh coba kan mbak?
    tipsnya sederhana tapi berguna banget! ��

    ReplyDelete
  2. Iya bener banget Mba Evi bawa kartu debit malah kesetanan belanjanya di list beli apa pulang bawa segambreng :/ nice tips mba

    ReplyDelete
  3. Ingat hutang. Kalo aku ingat arisan yg kudu dibayar, hihihi

    ReplyDelete
  4. Haha bener tuh kalo bawa kartu kredit malah nambahin nafsu belanja meningkat tajam :D mending bawa uang secukupnya aja biar ngirit :D

    ReplyDelete
  5. hemat banget belanja online asal gak lapar mata juga sih :)

    ReplyDelete
  6. kalau beli barang yang harganya cukup mahal biasanya saya mikir2 dulu, tapi kalau barang yang harganya dibawah 100 ribu, biasanya tanpa pikir panjang. tapi ini malah boros karena yang dibeli belum tentu yg dibutuhkan, hehe

    ReplyDelete
  7. Eh iya betul juga, kalo bawa CC bawaannya pengin ambil ini ambil itu, ujung-ujungnya banyak banget barang yang dibeli hahaha.

    ReplyDelete