Tuesday, October 30, 2012

Sang Makelar


Aku tersesat dalam rimba impian. Impianku tidak sederhana, mungkin tidak masuk akal. Impianku hidup dalam dunia imajinasi. Kau tidak perlu mengerti, cukup percaya kalau aku bisa mewujudkannya.

Keluargaku tidak memiliki kesadaran terhadap pendidikan. Mereka adalah kaum perantau dan pedagang. Untuk dapat mengenyam pendidikan, aku harus berusaha keras. Ayah dan Mama memiliki anak banyak, perhatian begitu banyak terbagi.

Aku tersesat dalam rimba impian. Impianku tidak sederhana, mungkin tidak masuk akal. Impianku hidup dalam dunia imajinasi. Kau tidak per...

Monday, October 29, 2012

Passion

RF MeetUp Bandung Bagian 2

You are what you do. If you do boring, stupid, monotonous work, chances are you’ll end up boring, stupid, and monotonous.
 – Bob Black –

Tulisan ini lanjutan dari Rekam Jejak

Inilah tiga poin terakhir yang ingin saya bagikan hasil rekam jejak RF MeetUp Bandung:

1.      Passion
Salah satu modal freelancer adalah passion, setujukah kalian?
Freelance adalah pekerjaan tidak terikat. Bisa mengerjakan apa saja yang kita suka. Ketidakterikatan pada satu pihak atau perusahaan membuat kita lebih leluasa mengkesplorasi kemampuan diri. Pernah dengar istilah ‘lakukanlah pekerjaan yang kamu sukai dan cari pihak yang mau membayarnya’. Misalnya: traveling, nggak punya uang buat jalan-jalan? Cari kerjaan yang bisa dukung hobby kita seperti penulis atau fotografer. Passion juga menjaga kualitas diri, kalau kita suka kerjaannya tanpa sadar akan menghasil karya yang baik.



RF MeetUp Bandung Bagian 2 You are what you do. If you do boring, stupid, monotonous work, chances are you’ll end up boring, stupid, and ...

Tuesday, October 23, 2012

Rekam Jejak

RF MeetUp Bandung Bagian 1

Kesuksesan selalu meninggalkan jejak
- The Secret -

Pernah dengar tentang Ruang Freelance? Ruang Freelance adalah komunitas yang mengumpulkan freelancer seluruh Indonesia. Sudah agak lama isu RF MeetUp Bandung ini dikemukakan di milist. Setelah beberapa kali ganti tanggal, tempat, dan jam, akhirnya menemu kesepakatan. Tepatnya hari senin, tanggal 22 Oktober 2012, jam 3 – 6 sore, tempatnya di Ngopdul Hasanuddin.


Dari jam janjian, saya terlambat lima belas menit. Saya memang orang yang kurang disiplin, seringkali terlambat menghadiri hampir semua kegiatan. Kali ini saya meminimalisir keterlambatan. Sampai di Ngopdul, saya celingukan, belum ada seorangpun. Kayaknya semua orang mikir hal yang sama, ‘males nunggu – pasti ngaret’.

Setengah jam berselang, datang Om Anggi, pengurus Ruang Freelance, di susul Dhani kemudian Nuri dan temannya (maaf saya lupa). Setelah sesi perkenalan, muncul Idham dan Reza. Total orang yang berkumpul adalah tujuh orang, berasal dari berbagai latar belakang dan bidang. Saya perkenalkan satu persatu. Om Anggi adalah Creative Director dari iCreativeLabs, Dhani adalah yang  seorang berkecimpung di bidang Desain Grafis sekaligus mengurusi cetak-mencetak, Nuri dan temannya adalah Jurnalis dan Fotografer, Idham adalah Product Apps Manager, Reza adalah Blasst Relationship South East Asia, dan saya penulis fiksi yang sedang merintis wirausaha.

RF MeetUp Bandung Bagian 1 Kesuksesan selalu meninggalkan jejak - The Secret - Pernah dengar tentang Ruang Freelance? Ruang Fre...

Thursday, October 18, 2012

Cooking Class -October Adventure Part 1-




Bulan Oktober ini saya bertekad untuk melewatkannya dengan beberapa petualangan. Tidak perlu menyusuri hutan belantara atau menerjang ombak. Cukup sederhana dan sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Ada beberapa hal dalam daftar petualangan saya, pertama datang ke planetarium. Melihat sejuta bintang dengan mata kepala sendiri. Itu impian saya sejak kecil. Kedua, saya ingin main game RPG. Ketiga dan seterusnya adalah -sekali lagi- hal-hal yang belum pernah saya lakukan.

Bulan Oktober ini saya bertekad untuk melewatkannya dengan beberapa petualangan. Tidak perlu menyusuri hutan belantara atau menerj...