Perawatan Kulit dengan Masker Wajah

Perawatan Kulit dengan Masker Wajah
Perawatan Kulit dengan Masker Wajah - sumber Pixabay 

Awal bulan Desember tahun lalu, saya dan Eva pergi ke Lampung selama tiga hari untuk keperluan menulis buku biografi. Cuaca Lampung sangat berbeda dengan di Bandung. Panas banget karena dekat dengan pantai. Rupanya karena udara membara itu memberi pengaruh signifikan pada wajah saya. Hari pertama, rasanya tidak ada yang aneh dengan wajah saya ataupun Eva. Hari kedua, saya melihat kok pori-pori wajah Eva membesar. Jangan-jangan pori-pori wajah saya juga? Dan ternyata ya, membesar! Langkah pertama yang saya lakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah memakai masker wajah yang bagus.

Barangkali buat kebanyakan perempuan tidak aneh dengan barang bernama masker wajah. Laki-laki juga sekarang sudah paham dengan barang tersebut. Masker wajah merupakan salah satu jenis perawatan kulit wajah. Fungsi masker wajah berbeda-beda sesuai dengan jenis dan bahannya. Ada masker alami yang bisa kamu buat sendiri dari bahan-bahan yang tersedia di rumah. Seperti tomat, jeruk nipis, putih telur, dan sebagainya. Ada masker wajah serbuk yang tinggal kamu campur dengan air, lalu kamu bisa oleskan merata di wajah. Dan ada sheet mask masker wajah terbuat dari kertas atau tisu berbentuk wajah sehingga kamu tinggal menempelkannya saja.

Perawatan Kulit dengan Masker Wajah
Bahan-bahan natural untuk membuat masker wajah - sumber Pixabay

Kamu bisa melakukan perawatan kulit dengan makser wajah di salon ataupun di rumah. Tentunya agar tidak perlu menyediakan waktu khusus, memakai masker wajah di rumah merupakan pilihan bijaksana. Pada saat-saat hectic memakai sheet mask lebih mengirit waktu dan tenaga.

Masker wajah yang bagus adalah masker wajah sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya ketika wajahmu berjerawat pakailah masker yang membunuh bakteri dan menekan lajunya pertembuhan jerawat. Ketika wajah kering, pakailah masker wajah yang melembapkan. Sering saya temui kondisi kulit wajah saya berubah-ubah seperti itu. Terutama saat berkunjung ke daerah yang panas. Pori-pori membesar dan kadar minyak bertambah.

Manfaat Masker Wajah
  1. Meningkatkan kadar air dan mempertahankan melembapkan kulit secara alami.
  2. Menutrisi kulit dan meningkatkan kadar minyak di wajah. Kulit wajah kering bisa disebabkan oleh menurunnya kinerja pertahanan kulit. Sehingga menggunakan masker yang dapat meningkatkan kadar minyak dianjurkan sebagai bentuk pertahanan kulit terhadap radikal bebas.
  3. Meremajakan dan menyejukkan kulit. Bagi orang yang berumur tiga puluh ke atas, manfaat masker wajah ini seringkali dicari.
  4. Mengangkat kotoran wajah. Bagi kamu yang sering menggunakan makeup, masker dapat mengangkat kotoran yang tersisa di kulit wajah.
  5. Mencerahkan kulit wajah. Menggunakan masker bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terangsang menumbuhkan sel-sel kulit baru sehingga wajahmu terlihat cerah.
  6. Membuat kulit jadi rileks.
  7. Mengencangkan kulit wajah. Kulit wajah kendor akibat kelelahan dan pola hidup tidak sehat, masker wajah dapat membantu mengencangkannya kembali.
  8. Mengurangi jerawat dan mengecilkan pori-pori. Wajah bersih dan pori-pori kecil dapat mengurangi jerawat. Karena jerawat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat kulit wajahmu, bakteri yang menempel dan akhirnya berkembang, dan hormon. Pemakaian teratur masker wajah dapat mengecilkan pori-pori, membersihkan wajah secara berkala sehingga bakteri enggan bersarang.
Perawatan Kulit dengan Masker Wajah
Perawatan Kulit dengan Masker Wajah - sumber Pixabay

Cara Menggunakan Masker Wajah
  1. Cuci tangan sampai bersih ketika menyiapkan masker wajah, baik itu masker bikinan sendiri, masker serbuk, atau sheet mask.
  2. Basuh wajah hingga bersih agar proses kotoran di permukaan kulit terangkat. Kandungan masker pun akan terserap sempurna.
  3. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher secara merata. Tidak perlu tebal asalkan merata. Hindari wilayah mata dan mulut. Kamu bisa menggunakan jari atau kuas yang bersih.
  4. Diamkan selama 15 menit. Jangan terlalu lama. Bisa-bisa maskermu retak-retak. Masker yang retak di wajah dapat menyebabkan kerutan.
  5. Bilas wajahmu menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan kotoran mudah terangkat. 

Perawatan kulit dengan masker wajah yang bagus adalah 1-2 kali seminggu. Tidak perlu terlalu sering namun harus teratur. Kamu bisa saja menggunakan masker wajah dengan fungsi berbeda dalam seminggu sesuai kebutuhan kulitmu.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

10 comments:

  1. Aku suka lupa buat maskeran hihihi

    ReplyDelete
  2. pengen cobain ah makasi reviewnya teh :)btw Lampung emang panas waktu kesana juga duh tak tahan hehehe

    ReplyDelete
  3. Iya, kadang suka lupa buat maskeran niy, haduuh makasih dah ngingetiin Evii.
    Biasanya kalo di rumah aku pake yang bengkoang aja.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget manfaat maskeran, tapi belum nemu yang pas sama kondisi kulit wajah

    ReplyDelete
  5. Aku jarang banget maskeran. Tp membaca manfaatnya bakal berubah pikiran :D

    ReplyDelete
  6. Maskeran bisa merestorasi kadar air ya? Kayaknya aku peelu nih, secara jarang banget maskeran, hiks

    ReplyDelete
  7. Aku lagi butuh masker wajah dan kudu lebih rajin pake teratur nih. Lebih suka yang sheet atau peel off sih. Tapi yang jelas kudu bisa menghidrasi kulit mukaku yang lagi kering.

    ReplyDelete
  8. Kadang suka males ya ngurus muka. Maskerannya bolong-bolong 😭😭😭

    ReplyDelete
  9. Udah lama ga maskeran, mulai lg ah...

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya masker pake aloe vera yang kebetulan dirumah nanam sendiri cocok buat ngilangin bekas jerawat, cuma sekarang jarang maskeran nggak sempet hehe

    ReplyDelete