[Review + Giveaway] Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya

[Review + Giveaway] Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya
Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya

Judul             : Parade Para Monster
Penulis          : Eva Sri Rahayu
Penerbit        : Clover
Tebal             : 311 Halaman
Penyunting  : Vivekananda Gitandjali TD
ISBN              : 9786024286736
Blurb:

"There's a monster inside me."

Semenjak kekuatan misterius dalam dirinya bangkit, Weena jadi sangat terobsesi pada Festival Halloween yang diadakan di Greenwich Village di Manhattan. Bagi Weena yang dianggap monster, tidak ada tempat yang lebih cocok selain Festival Halloween: paradenya para monster!

Bersama dengan sahabatnya, Jack, Weena mendaftar sebagai volunteer di Festival itu. Sayangnya pengajuan mereka ditolak. Tapi tiba-tiba, muncul undangan misterius untuk datang ke Festival Halloween "yang lain".

Sebuah undangan yang membuka pintu ke dunia para monster... yang akan membahayakan nyawa mereka berdua!

"I am never afraid, never sad, and never cry. I will destroy those who hurt me. I am a monster."

Kover
Kover Parade Para Monster ini lucu sekaligus mengandung misteri. Mengingatkan saya pada kover novel Rudi Si Drakula Ompong dan buku-buku kumbang Enid Blyton. Paduan warnanya khas Halloween, cukup menarik hati untuk membelinya dari toko buku.
Selain itu, dari kover novel bergenre fantasi ini telah memberi saya informasi bahwa novel diperuntukkan bagi segala umur dan aman dibaca anak-anak.

EBI
Saya tidak menemukan typo dalam novel ini.

Karakter
Tokoh-tokoh dalam novel Parade Para Monster cukup menarik. Mereka yang disebut monster karena memiliki kemampuan lebih.

Karakter Weena sebagai tokoh sentral bukan karakter yang nyinyir maupun kenes. Ia agak kaku, berhati lembut, semi introvert namun tetap terbuka pada orang lain karena memang ia ingin dilihat sebagai manusia biasa.

Ada sebuah mantra yang sering dirapal Weena sebagai penghiburan: "I am never afraid, never sad, and never cry. I will destroy those who hurt me. I am a monster." Sesungguhnya kelembutan hatinya tak pernah membuatnya menjadi monster dalam arti sebenar-benarnya.

Lain dengan tokoh Jack yang pemalas, cuek, agak culas, dan cerdik. Pengarang mampu membangun tokoh ini sesuai dengan karakter yang menginspirasinya, tokoh Jack O’ Latern.

Tokoh-tokoh lain tidak kalah menarik seperti Anne lancer, Dyllan dan bonekanya Ralph, Frank, Pieter, Mr. Maple, Mr. Merlin, dan lain sebagainya. Berbagai karakter ini nampaknya berasal dari legenda-legenda barat yang dimodifikasi penulis sehingga menciptakan tokoh yang berbeda namun tidak keluar dari dasar legenda.

Karakter yang menarik bagi saya adalah Dyllan dan Frank. Dyllan seorang anak yang penuh misteri, tetap kekanakan, dan kesepian. Ah, agaknya tak ada satu pun karakter dalam novel ini keluar dari rasa sepi yang mengigit ulu hati. Sementara tokoh Frank mengingatkan saya pada karakter Lennie dalam novel Tikus dan Manusia karya John Steinbeck. Orang yang punya kekuatan fisik, bodoh, penyayang, halus hati, namun tidak bisa mengendalikan kekuatan fisiknya.

[Review + Giveaway] Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya
Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya

Di Balik Festival Halloween
Biarpun saya sering mendengar tentang Festival Halloween, sejujurnya saya tak tahu apa-apa mengenai festival tersebut. Saya hanya tahu bahwa ketika festival berlangsung orang-orang mengenakan kostum, berpesta, berparade di jalan, anak-anak kecil menyusuri rumah-rumah untuk meminta permen, coklat, dan sebagainya. Lalu apa sebetulnya esensi dari festival ini?

Cerita di balik Festival Halloween tersingkap dalam novel ini. Pengarang dengan cantiknya mencacah informasi seputar Halloween dan meramunya dengan berbagai legenda tradisional di barat sana. Ketika membaca, saya yakin runtuhlah keyakinan orang-orang selama ini bahwa di barat sana mereka mengedepankan logika.

“Halloween berasal dari festival Samhain yang merupakan kebudayaan orang Gael. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan orang hidup terbuka.” –Hal 66-

“Pada abad Sembilan di Eropa, di hari Soul Day atau Hari Jiwa, para pengemis akan berjalan dari desa ke desa untuk meminta soul cake atau kue jiwa. Sebagai imbalannya, mereka akan mendoakan arwah keluarga yang memberikan kue tersebut.” –Hal 48-

Far-far Away
Selayaknya novel fantasi, membaca Parade Para Monster membawa saya pada negeri antah-berantah. Meski sering membaca atau menonton fantasi, novel ini menyajikan suatu imaji berbeda walaupun tak bisa dikatakan baru sama sekali.

Penerangan kamar terdiri dari bunga—entah apa namanya—yang berdempetan dan menyisakan sedikit celah. Bunga transparan itu ditinggali sekeluarga kunang-kunang. –Hal 46-

Sekali lagi saya memberi kredit pada pengarang karena penggambarkan suasana dan setting melayangkan pada sebuah negeri khayali. Far-far Away yang barangkali sudah familiar bagi sebagian orang menjadi tempat berbeda.

Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya
Apakah kamu percaya monster itu ada? Saya percaya! Dan monster yang paling mengerikan bersembunyi di dalam diri kita.

Parade Para Monster karya Eva Sri Rahayu membuka mata kita bahwa monster itu bukan sesuatu yang terlihat kasat mata. Seringkali kita terjebak dan memberi penilaian dari luar. Setiap manusia diciptakan dengan dua sisi, hitam dan putih. Ada sumber keilahian, juga menyisakan sisi gelap.

Dikisahkan Weena dan Jack mendapatkan undangan misterius untuk menghadiri Festival Halloween ‘yang lain’. Menyeret mereka pada petualangan tak terduga di Manhattan. Keduanya diiris benang merah keistimewaan sebagai kutukan. Kekuatan terberi yang malah mengasingkan dari kehidupan bermasyarakat.

Berdua, Weena dan Jack mencari jati diri. Weena yang menganggap diri monster dan Jack menyisir jejak sang ayah yang raib ditelan Festival Halloween. Rupanya bukan Weena seorang yang dianggap monster. Bertemulah ia dengan Anne, Dyllan, dan Frank. Juga para tetua di Far-far Away. Kesamaan nasib segera mengikat mereka dalam persaudaraan.

Dalam kemasan fantasi, kita dapat bercermin bahwasanya seringkali kita menghakimi orang lain disebabkan perbedaan. Tanpa sadar pelabelan ‘monster’ dalam pengertian lain kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

“Kalau monster memang jahat, lalu kenapa kami yang dianggap monster ini malah jadi objek penindasan? Sebenarnya yang monster itu siapa?” –Hal 33-

Pernahkah kamu merasakan ada monster yang menggeliat dalam diri? Ketika manusia dengan segala pembenarannya berlaku tidak adil, menginjak-injak kemanusiaan, atau dalam hal terkecil merasa lebih baik dari manusia lainnya. Ketika itulah monster dalam diri terbangun, menari-nari bergembira. Karena setiap manusia memiliki monster dalam dirinya, lalu apa sebetulnya monster itu? Barangkali itulah yang sedang dipertanyakan pengarang lewat karyanya.

Sejatinya manusia makhluk penuh kasih. Dalam novel ini ada satu bagian favorit saya ketika menceritakan Pieter dan adiknya, Lewis. Menggerogoti hati saya dengan kesedihan dalam juga cinta yang tulus.

Novel Parade Para Monster menjadi lebih menarik ketika Weena dan Jack disuguhi berbagai tantangan. Dari teror ke teror. Mulai dari laba-laba raksasa yang hidup di menara jam, berbagai penyerangan pada relawan Village Halloween Festival, sampai ancaman bertubi-tubi terhadap Weena.

Pembaca diajak menjawab teka-teki siapakah dalang di balik teror-teror tersebut? Apakah Jack dapat menemukan ayahnya? Tak lupa kisah cinta segitiga manis nan pelik membumbui novel ini. Kepada siapakah hati Weena tertambat?

Satu kekurangan dalam novel ini justru terletak di bagian klimaks. Bagian itu membuat saya gemas karena tak mampu mencabik-cabik perasaan.

Terlepas dari itu semua, novel Parade Para Monster saya referensikan pada para pencinta novel fantasi. Menjadi karya yang saya sejajarkan dengan novel Paranormalcy karya Kiersten White.

Giveaway Parade Para Monster
[Review + Giveaway] Parade Para Monster: Setiap Manusia Memiliki Monster Dalam Dirinya
Giveaway Parade Para Monster

Mau mendapat novel ini gratis dan bertanda tangan? Yuk, ikutan giveaway-nya. Caranya:

1. Peserta tinggal di Indonesia;
2. Follow blog ini, bisa via blogpost atau email;
3. Follow akun Twitter atau Instagram @EviSriRezeki @evasrirahayu dan @penerbitclover. Share dengan hestek GA #ParadeParaMonster dan mention via Twitter atau Instagram. Pilih salah satu saja;
4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar: jika kamu bisa mendapat kekuatan, kekuatan apa yang ingin kamu miliki? Misalkan saya ingin bisa terbang;
5. Sertakan juga di kolom komentar nama, akun Twitter/ IG, dan kota tinggal.

GA #ParadeParaMonster ini berlangsung selama: 23 - 30 November 2017. Pemenang akan diumumkan tanggal 1 Desember 2017 di blog (pada postingan ini juga), akun Twitter, dan akun Instagram saya.


SATU PEMENANG beruntung akan mendapatkan buku ini. Hadiah akan langsung dikirimkan oleh penulisnya. Selamat ber-giveaway-ria ^_^

Pemenang Giveaway Novel Parade Para Monster adalah ...
Nama: Gusti A.P.
Kota: Malang (Kotamadya)

Twitter: Harukaze Ai Mizuki @onionkiddo 

Selamat buat pemenang. Segera DM atau email saya untuk alamat pengiriman hadiah, ya.
Terima kasih untuk seluruh peserta dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di-GA selanjutnya ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

22 comments:

  1. Kalau diperbolehkan memilih suatu kekuatan, aku ingin mengetahui perasaan sebenarnya dari orang-orang yang kutemui. Sebab orang-orang seringkali menggunakan topeng untuk menutupi hati aslinya. Ketika mereka sebenarnya tidak bisa mengungkap perasaan sebenarnya maka hati mereka akan tersiksa. Seperti seorang teman yang tidak bisa mengungkap perasaannya, merasa terkungkung sendiri dan berakhir dalam pembaringan meninggalkan rasa bingung pada orang-orang disekitarnya. Andai aku tahu perasaan dia yang sebenarnya mungkin semua bisa dicegah. I just wanna help.. So please give me that power. :'(

    @ezubouchan - Bandung

    ReplyDelete
  2. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Link Share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/933620954369892352
    Jawaban : pengen bisa baca fikiran orang lain jadi bisa memahami orang lain dan preventif jangan ada dusta diantara kita atau jangan ada tikam dibelakangku :)
    Domisili : Cimahi Bandung

    ReplyDelete
  3. Jika saya punya kekuatan saya ingin bisa merubah diri menjadi orang lain.

    Ig : apriliyantimarlina
    Sya tinggal di Cibitung,cikarang

    ReplyDelete
  4. Nama: Sandra Hamidah
    Twitter: @Sandra_artsense
    Domisili: Bandung
    Link share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/933634072139644928

    Saya ingin punya kekuatan "Tangan Maestro" jadi ketika memegang kuas atau pena, saya bisa menggambar dan melukis dengan sangat indah, ketika saya memegang piano, saya bisa memainkannya dengan apik, begitu pula dengan alat musik lainnya. Sehingga setiap karya yang saya hasilkan dapat menghibur dan menebar kebahagiaan untuk semesta :)

    ReplyDelete
  5. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Domisili : Bogor
    Link share : https://mobile.twitter.com/Zhaa_Riza23/status/933861267818758144?p=v

    Jawaban: Aku ingin punya kekuatan senyum malaikat. Jadi orang-orang yg melihat senyumku bakalan selalu bahagia dan senang. Mereka yg melihat senyumku akan selalu berbuat kebaikan sehingga dgn senyumku dunia akan berubah menjadi lebih baik menjadi dunia yang ramah dan damai. Aku juga mau punya kekuatan desperate kayak di harry potter jadi aku bisa keliling dunia tanpa mengeluarkan biaya wkwkwkwk Aku juga tdk butuh waktu banyak untuk sampai ke tempat lain jadi bisa bebas deh bepergian hehehehe

    ReplyDelete
  6. Nama : Lendy Kurnia Reny
    Twitter : @lendymut
    Domisili : Bandung
    Link share : https://twitter.com/lendymut/status/933959605834604544


    Kekuatan yang ingin dimiliki adalah bisa menyamar jadi orang lain.
    Hihii...rasanya ingin sekali merasakan berada di posisi orang tersebut. Apa suka dan duka yang tengah dirasakan.
    Sehingga ketika kita kembali ke diri sendiri, kita bisa menghargai betapa banyak nikmat yang harus disyukuri.

    ReplyDelete
  7. Pengin punya kantong ajaib kayak Doraemon

    Twitter @sitasiska95
    Morowali

    ReplyDelete
  8. Saya ingin punya kekuatan membaca isi pikiran dan hati anak saya,Salfa. Alasannya agar saya tidak salah memberikan stimulasi dan tidak memaksanya pada sesuatu yang bukan passionnya. Karena saya tidak ingin menyesal di masa mendatang.

    Nama: Rahmah
    Domisili: Surabaya
    Link share: https://twitter.com/amma_chemist/status/935111514238754816

    ReplyDelete
  9. Jika saya mempunyai kekuatan, saya ingin punya kekuatan yang bisa merubah memori seseorang, merubah kenangan buruk orang terhadap saya dan memberikan kenangan buruk bagi mereka yang suka menyakiti

    Nama : Janwar Abdurachman
    IG :@choupetong
    Domisili : Bandung

    ReplyDelete
  10. Aahh..seruu..asik..asik..
    Pokoke Sukses selalu buat Eva dan Evi yaaa

    Kalo punya kekuatan, mau diem aja, haahha..

    ReplyDelete
  11. Nama: Monica Indah
    Twitter: @monicaindah5
    Domisili: Bogor

    kalau saya punya kekuatan, saya ingin menjadi "tidak terlihat", kenapa? karena dengan menjadi "tidak terlihat" saya bisa melarikan diri tanpa harus mencari jalan lain apabila bertemu dengan "monster-monster" di jalanan

    ReplyDelete
  12. Nama: Fuada Nisaa'
    Twitter: @fuadanisaa
    Domisili: Bandung

    Kalau saya mendapatkan kekuatan, saya ingin bisa mengendalikan emosi; marah, sedih, bahagia, takut, dan malu. Bisa merasakan berbagai emosi adalah hal yang manusiawi. Tapi, sering kali kita terlau larut dalam emosi tersebut, kemudian mengekspresikannya dengan cara yang berlebihan, tanpa kita sadari itu justru bisa merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Jadi, ketika saya bisa mengendalikan emosi saya dan orang-orang yang saya temui, secara tidak langsung saya juga bisa mengenddalikan hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi selanjutnya.

    ReplyDelete
  13. Ikutan ah

    Jiah @jiahjava Jepara
    https://twitter.com/jiahjava/status/935496305429716995

    Ingin punya kekuatan henpon jadul #TerLambe
    Kayanya seru banget kalau punya HP yang bs lihat masalah orang lain dan minimal kita bs nyariin solusi atau pundak lah buat sandaran. Kali aja monster yang nakutin itu sebenarnya juga punya problem tersendiri dan manusia bs bantu biar damai dalam kehidupan masing2

    ReplyDelete
  14. Nama: Ni Wayan Lia Permana
    Domisili : Gianyar,Bali
    Instagram: prmnawyn
    Kalau aku diizinkan memilih kekuatan yang aku pengen itu kekuatan bisa menghadapi masalah apapun didalam hidupku. Karena walaupun sebaik apapun kita pada orang lain, setidaknya masalah pasti akan datang. Dan saat masalah yang terkadang aku hadapi terlalu berat(menurutku) aku cenderung justru merepotkan orang lain. Jadi aku berharap punya kekuatan menyelesaikan masalah. #ParadeParaMonsterGA

    ReplyDelete
  15. Nama:Niya Yuliyanti
    Twitter:@Nhea123095
    Kota tinggal:kutabumi,Tangerang

    Jika bisa memiliki satu kekuatan, aku ingin bisa memasuki setiap buku yang kubaca,menjadi karakter utama dan berpetualang dalam setiap cerita yang berbeda,menyelami pemikiran si pengarang dalam tokohnya. Dapat merasakan secara langsung bermacam-macam emosi si tokoh utama.

    #ParadeParaMonsterGA

    ReplyDelete
  16. nama: artha
    akun Twitter: @artha_amalia
    Share:: https://mobile.twitter.com/artha_amalia/status/935676181680087040
    kota tinggal: Sidoarjo, Jawa Timur

    Kalau diberi kekuatan, pilih kekuatan menghilang. Biar kalau ada masalah yang menumpuk, bisa menghilang dan lupa begitu saja. Haha...gak ding!

    Ingin punya kekuatan menghilang biar bisa kepoin orang2. Terutama tetangga sebelah yang suka ngegosip. Penasaran ajah, kira2 dia gosipin saya juga gak ya? Kalau diberi kekuatan menghilang kan saya bisa menyelinap mengikuti aktivitasnya tanpa ketahuan. Sekalian nguping obrolan2nya dengan para tetangga lainnya. Yaaah kesannya kurang kerjaan sih. Lha daripada saya negative thinking mulu sama dia. Haha

    ReplyDelete
  17. Nama : Adila Sabrina Rahma
    Twitter : @AdilaSabrinaR
    Link Share : https://twitter.com/AdilaSabrinaR/status/935851678481358849
    Domisili : Bogor

    Kalau boleh memilih, ingin sekali punya kekuatan menerjemahkan apa yang ada dipikiran saya langsung menjadi sebuah tulisan, tanpa perlu tangan saya turut andil dalam mencatat atau mengetiknya terlebih dahulu. Seketika apa yang ada dipikiran langsung tertuang menjadi sebuah tulisan. Karena ketika bisa seperti itu, rasanya mungkin akan sangat menyenangkan, dan semuanya terasa lebih mudah. Karena ketika terlintas suatu ide untuk membuat cerita, tanpa perlu kita catat atau ketik, itu sudah tertulis dengan sendirinya. Ah, betapa bahagianya bila kekuatan seperti itu sungguhan ada ����

    ReplyDelete
  18. Saya ingin memiliki kekuatan penyembuh. Mendengarkan curahan hati orang-orang terdekat yang dirundung masalah dengan empati penuh, lalu memiliki kekuatan untuk mengucapkan kata-kata yang tepat untuk menyembuhkan hati mereka yang sedang terluka (sekaligus memilihkan alternatif solusi yang tepat). Dengan kekuatan kata-kata penyembuh, saya juga ingin bisa menetralisir aura negatif orang-orang yang saya hadapi. Menarik sisi terang dan membantu mereka menyadari sisi baik mereka agar mampu bertahan menghadapi sisi gelap mereka.

    Ahaha, intinya pingin jadi kaya White Mage-lah.

    Nama: Gusti A.P.

    Kota: Malang (Kotamadya)

    Twitter: Harukaze Ai Mizuki @onionkiddo

    https://twitter.com/onionkiddo

    Sudah di-share di: https://twitter.com/onionkiddo/status/935903790535909377

    ReplyDelete
  19. Nama: Lenny
    Akun Twitter: @justlynn23
    Kota tinggal: Rantau,Kalsel

    Jika kamu bisa mendapat kekuatan, kekuatan apa yang ingin kamu miliki?

    Aku ingin memiliki kekuatan yang bisa menghilangkan pikiran negatif dari dalam diriku. Karena pikiran negatif ini sesungguhnya mengganggu sekali,jadi aku ingin menghilangkannya dan kalau bisa terus berpikir positif aja akan semua hal supaya hidup menjadi lebih bahagia.

    ReplyDelete
  20. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Kota tinggal: Surakarta

    Jawaban:
    Ingin bisa mengendalikan suasana hati orang lain. Setiap tindakan kita, disadari atau tidak dipengaruhi oleh suasanan hati. Jadi sangat dimungkinkan kita memegang kendali atas setiap hubungan jika kita bisa mengendalikan suasana hati orang yang tengah kita tangani.
    Ingat adegan film Twilight saat Jackson mempengaruhi suasana hati Bella ketika Alice ingin membuat pesta kejutan untuk dia? Ya, kira-kira semacam itu-lah,,, hehe

    *Psstttt! Aku bukan jenis orang kelewat baik yang menggunakan kelebihannya hanya untuk membantu orang disekitarku. Aku juga punya sisi egois ;)

    ReplyDelete
  21. Jika saya punya kekuatan saya ingin bisa menghentikan waktu dan moment tapi saya dan orang yang saya pilih tetap bisa bergerak.

    IG : oksa.fahreza
    Saya tinggal di Soreang

    ReplyDelete
  22. Mbak, sudah saya PM via FB >___< (Gusti)

    ReplyDelete