Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?



Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?
Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?

Kenapa sih perempuan harus punya clutch? Pertanyaan itu terus berputar-putar sejak sejak saya remaja. Dulu sih saya cuma tahu itu tas kecil yang digenggam. Saya juga enggak tahu apa bedanya dengan tas kecil lain. Dalam pikiran saya, tas kecil itu enggak praktis karena hanya bisa memuat sedikit barang. Maklum masa remaja saya cukup aktif berkegiatan di luar ruangan jadi untuk berjaga-jaga saya selalu mengisi berbagai perbekalan. Tapi kok ya, teman-teman saya pada hobi banget pakai clutch itu?

Oke sebelum saya bercerita lebih jauh, mari kita bahas apa sih tas kecil bernama clutch. Clutch berasal dari kata Bahasa Inggris yang berarti genggaman. Tas ini berukuran kecil hampir sama dengan ukuran dompet, dompet sekarang kan cukup besar ya, bahkan ponsel pintar aja bisa masuk. Jadi ukurannya lebih besar sedikit dari dompet besar. Nah lo, bingung nggak? He he he. Clutch biasanya hanya punya satu kompartemen utama, kalaupun ada tambahan ruang berresleting itu mini banget. Ciri utama adalah enggak ada pegangannya, kamu mesti menggenggamnya. Tapi clutch sekarang banyak yang menambahkan tali panjang sehingga bisa digantungkan di bahu. Ciri lain biasanya desainnya cantik tapi tegas berbahan dasar kulit asli, kulit sintetis, bahan suede, atau bahan yang terlihat berkelas lainnya. Fungsi utamanya menyimpan barang-barang kebutuhan utama saja untuk pergi ke acara formal atau pesta.

Selepas bekerja dan memilih sebagai freelancer di sebuah wedding organizer, saya makin akrab dengan sosok clutch. Ketika menjadi crew WO, saya harus membawa peralatan wajib seperti HT—itu loh alat buat komunikasi—dompet, HP, tissue, dan rundown acara. Namanya acara nikahan, saya juga mesti dandan cantik dan tetap wangi. Oke kita tambahkan parfume kecil ke dalam tas. Muatan wajib itu saya masukkan ke dalam sling bag.

Awalnya, partner kerja saya di WO enggak sadar saya pakai sling bag yang tampilannya kayak mau hangout biasa. Lama-lama dia nyadar juga. Katanya gini, “Tasnya bisa ganti clutch? Kita melayani klien yang lagi nikahan, ketemu keluarganya yang siapa tahu jadi klien kita berikutnya. Penampilan harus dijaga dan harus kelihatan profesional!”

Dapat teguran gitu saya cuma ngangguk-ngangguk bego. Pasalnya, saya enggak punya tas clutch. Akhirnya saya pinjam sama partner saya itu. Selagi jadi crew WO saya mulai perhatikan tamu-tamu yang datang. Hampir 90% perempuan memakai clutch. Saya bergidik, apa hanya saya saja yang nggak suka pergi ke pesta pakai clutch?

Setelah kejadian itu, saya mulai hunting clutch. Jujur saja saya enggak nemu model clutch yang sesuai selera saya. Kalaupun ada, harganya cukup mahal, mesti nabung dari fee jadi crew WO lima kali. Hiks. Saya mau punya clutch tapi sesuai dengan karakter saya. Dengan berat hati, saya meminjam clutch partner saya berulangkali ketika bekerja.

Bertahun setelah saya enggak lagi jadi freelancer WO, saya malah menemukan clutch sesuai keinginan saya. Saya ingin clutch yang desainnya sederhana, berwarna coklat terang, modelnya agak-agak kayak tas orang Indian gitu, ada tali panjangnya, ukurannya cukup besar, dan harganya terjangkau. Konon jodoh bukannya datang terlambat namun datang pada saat yang tepat. Ya mesti sabar aja sih dari pada salah milih. Urusannya panjang dan berabe. Eh, ini saya masih ngomongin clutch, kan? :D

Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?
Clutch dari D'Arcadia Treasure

Clutch idaman saya muncul ketika saya lagi bermain di IG. Tangan saya nyasar ke sebuah akun IG D’Arcadia Treasure, Indonesian Handmade Goods with Lifetime. D’Arcadia Treasure rupanya produsen tas dan sepatu lokal Indonesia. Clutch idaman saya itu namanya Swasti Brown berbahan dasar pull up cow leather. Panjangnya 24,5 cm, tinggi 17 cm, dan panjang tali 110 cm. Lapisan dalamnya berbahan kain batik coklat dengan satu kompartemen kecil tambahan. Dan yang lebih mengejutkan harganya terjangkau Rp350.000 dikurangi diskon jadi Rp267.260. Tanpa ragu saya langsung membelinya.

Memakai Swasti Brown menambah kepercayaan diri saya karena saya nyaman memakainya. Jadi ingat kalimat sahabat saya, Shita: fashion itu harus lahir dari kenyamanan. Kalau sudah nyaman kita pun akan mengeluarkan aura percaya diri dan lebih terlihat mempesona.

By the way, selain clutch kece itu, ada banyak produk bagus lainnya. Desainnya Indonesia banget. Harganya juga cocok di kantong. Belum lagi D’Arcadia Treasure sering sekali kasih diskon. Buat yang tertarik sila langsung meluncur ke:
IG: @arcadiatreasure
Website: www.arcadiatreasure.com
Fanpage: https://m.facebook.com/arcadiatreasure/

Jadi kenapa sih perempuan harus punya clutch? Menurut saya kembali ke fungsinya, karena clutch cocok dan tepat dipakai untuk acara-acara formal dan pesta agar perempuan terlihat manis dan elegan. Kalau menurut kamu? Sharing, yuk!
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

11 comments:

  1. sha juga punya beberapa cluth. lebih simpel dan praktis ya teh :)

    ReplyDelete
  2. wahhh aku langsung meluncur ke instagramnya dan, banyak Motif khas Kalimantannn. sukaaa

    ReplyDelete
  3. Dulu aku kurang suka clutch loh, lebih seneng bawa ransel, tapi sekarang agak sering melirik clutch hehe emang praktis sih kalau bawaannya dikit

    ReplyDelete
  4. Aku jarang banget pake clutch teh, apalagi kalau sama io. Tapi emg wajib punya ya, kalau lagi pergi jadinya ringkes kalau bawaannya dikit.

    ReplyDelete
  5. Ih, cakep Clutch-nya. Aku paling suka tas jenis ini. Sukaaaa...

    ReplyDelete
  6. Hmm... Aku termasuk yang tidak suka clutch. Kalo tas kecil tuh kayaknya kuraaang aza xixixi...

    ReplyDelete
  7. Saya cmn punya 1 clutch, hrs pengadaan lg nih :D

    ReplyDelete
  8. Clutch aku rata2 dipake buat kondangan ajah, hihihi.. tapi yg coklat itu lucu jg ya, Vi. Ngga terlalu kecil, pas buat disampirin. Punyaku kebanyakan buat dipegang2 aja makenya

    ReplyDelete
  9. Aku belum punya clutch , sempat mau beli tapinya dompetku kegedean dan nggak muat kalo dimasukin ke clutch 😂

    ReplyDelete
  10. emak2 kayak aku juga seneng pake clutch teh.. rempong kalo oake tas gede, secara nyambi gendong gandeng anak, hehe

    ReplyDelete