Saturday, July 15, 2017

Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi


Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi
Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi


Manusia seperti kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Tugas kita hanyalah harus selalu melakukan kebaikan dan berharap esok harus lebih baik dari hari ini. Wajar dan itulah keharusan yang perlu kita perhatikan. Sedetik ke depan atau beberapa menit yang akan datang pun kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Apalagi besok? Mungkin inilah beberapa hal sederhana yang akhirnya mulai bermunculan berbagai macam asuransi pilihan.

Mengenal Asuransi
Asuransi merupakan sebuah pertanggungan atau perjanjian di mana seseorang menjadi penanggung yang kemudian mengikatkan diri kepada seseorang yang tertanggung, dalam bentuk premi, sebagi ganti kepadanya atas suatu kehilangan keuntungan atau kerusakan yang diharapkan dan mungkin saja kehilangan atau kerusakan tersebut akan dialami akibat adanya peristiwa yang tak terduga.

Sederhananya, asuransi adalah sebuah pelimpahan resiko dari pihak A ke pihak B atau lainnya. Namun dalam pelimpahan tersebut terdapat aturan-aturan hukum yang mengikat, ada pula prinsip-prinsip yang harus ditaati oleh pihak A atau lainnya. Dengan kata lain, kita menabung untuk masa depan, untuk sesuatu yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Alasan Mengapa Kita Disarankan Memiliki Asuransi
Banyak kalangan masyarakat yang belum tahu kelebihan asuransi karena mereka menganggap buat apa kita capek-capek setor uang tapi kita tidak bisa menikmati hasilnya secara langsung. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kita akan mengulik tentang alasan-alasan mengapa kita disarankan untuk memiliki asuransi.

Memiliki Jaminan Perlindungan
Sudah disinggung sebelumnya bahwa asuransi ini dimaksudkan untuk menyiapkan dana untuk sesuatu hal yang bisa saja terjadi di luar kendali kita. Risiko yang mungkin kita alami tersebut akan ditanggung oleh pihak perusahaan yang menalangi asuransi kita. Dengan begitu kita akan merasa tenang dan nyaman menjalani hari-hari karena mempunyai jaminan perlindungan dalam bentuk asuransi yang siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Misalnya saja tunjangan pendidikan anak semakin tahun semakin mahal, nah karena ada asuransi, maka kita tidak perlu pusing-pusing lagi mencari rupiah untuk memenuhi tunjangan pendidikan tersebut. Kasus lain, misalnya lagi tiba-tiba hari ini mengalami kecelakaan kecil, mobil ringsek dan membutuhkan biaya ekstra untuk memperbaikinya. Dikarenakan mempunyai asuransi, maka seluruh biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang menalangi dana kita.

Asuransi, Cara Mudah Untuk Menabung
Bagi sebagian orang menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Apabila kita pun demikian, maka akan lebih efektif jika penghasilan kita dialokasikan untuk asuransi. Dengan asuransi, secara tidak langsung kita telah menabung secara rutin sebab sebulan sekali kita harus menyetor dana dalam jumlah sekian. 

Bukankah ini cara menabung yang manfaatnya double? Selain bisa berhemat karena uang tidak habis untuk foya-foya, kita pun mempunyai jaminan perlindungan dalam bentuk asuransi itu sendiri. Bahkan terdapat beberapa asuransi pilihan yang bisa kita jadikan pertimbangan saat memilih asuransi jenis mana yang akan kita gunakan.

Untuk Menyiapkan Rencana Masa Depan
Setiap orang pasti ingin hidup dengan nyaman, tenang, dan aman. Entah anak kecil, remaja, dewasa maupun lansia pun tentulah menginginkan kehidupan yang aman dan menyenangkan. Sama halnya dengan kita, pasti kita berharap saat tua nanti kita tidak perlu sibuk memikirkan pekerjaan dan uang, melainkan ingin menikmati masa tua dengan penuh rasa bahagia bersama keluarga. 

Untuk itulah kita harus memiliki asuransi, dengan asuransi, kita bisa menyusun rencana masa depan dengan baik. Dana yang tertalang di asuransi bisa kita manfaatkan sebagai tunjangan pensiun atau bisa juga dibelikan rumah baru dan lain sebagainya. 

Trik Mengelola Keuangan
Mengatur keuangan adalah hal yang riskan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, salah penggunaan sedikit saja bisa jadi membuat kita rugi. Terlebih menghabiskan uang adalah hal yang mudah dan seringkali baru terasa jika nominalnya mulai menipis. Hal inilah yang akhirnya membuat kita memilih asuransi. Sebab asuransi menjadi pengendali agar kita tidak sembarangan mengeluarkan uang. Kita jadi tahu mana prioritas dan mana yang bukan. 

Demikian tadi sedikit ulasan tentang asuransi beserta alasan yang melatarbelakangi mengapa kita disarankan untuk memiliki asuransi. Tidak perlu khawatir kebutuhan akan terbengkalai karena beberapa persen dari penghasilan harus disetorkan sebagai premi, sebab di masa depan nanti, kehidupan kita akan jauh lebih tertata dengan rapi. 

Apalagi saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan beberapa asuransi pilihan sehingga bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti di www.dbs.com misalnya, kita bisa memilih akan menggunakan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Jadi tunggu apa lagi, jangan tunggu tapi atau nanti ya demi masa depan yang cerah ya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Sebelum berasuransi memang harus mengerti dulu dan biasanya agent yang oke akan menerangkan dengan jelas. Baiknya memang berasuransi sesuai dengan kebutuhan kita ya, teh.

    ReplyDelete
  2. Sering banget diingetin soal asuransi gini teh.. Secara ibu aku orang asuransi juga hehe

    ReplyDelete
  3. lama bangeeet ngga ke sini :)..aku juga punya asuransi dan merasa terbantu banget lho dengan bonus-bonusnya. Dan sebagai investasi serta tabungan masa depan, asuransi oke banget!

    ReplyDelete
  4. Asuransi ini nggak cuma sekedar tabungan tapi juga investasi ya, sekarang makin banyak penyedia jasanya juga :D

    ReplyDelete
  5. yup setuju penting banget

    ReplyDelete
  6. Aku pake asuransi juga, kalo aku dulu waktu milih asuransi yang diperhatikan itu sistemnya reimburse atau cashless sama rumah sakit yang kerjasama. Akhirnya pilihanku sih jatuhnya ke asuransi cigna, karena dia bisa pake sistem cashless, jadi gak perlu ribet2 klaim tinggal gesek kartu asuransi sama rumah sakit yang kerjasama sama cigna ini banyak banget, dari list yang dikasih ke aku dulu aja udah 700an rumah sakit. Tapi kalo aku update lagi di websitenya http://cigna.co.id/produk/proteksi/asuransi-kesehatan/cigna-family-eazicare itu udah hampir 800an.

    Beli asuransi tuh bermanfaat kok, jadi kita gak perlu takut rugi kalo beli asuransi.

    ReplyDelete