Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri


Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri*
 
Tampil beda memakai kebaya saat Idul Fitri - Bulan Ramadhan memberi banyak arti bagi kaum muslimin pada khususnya, dan seluruh masyarakat pada umumnya. Selain menggenjot semangat ibadah yang mungkin mulai pudar pada bulan biasa, Bulan Ramadhan identik dengan waktu berbagi dan bersilaturahmi. Tuhan mengucurkan begitu banyak rezeki yang disangka maupun yang enggak disangka. Ayo ngaku siapa yang udah terima THR? Atau gaji ke-15 gitu? Tapi saya enggak dapat THR hiks. Nasib freelancer ☹Sebagian rezeki itu dapat kita bagikan pada sesama, sebagian lagi bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan yang lazim kita penuhi untuk menyongsong Idul Fitri antara lain menyediakan penganan untuk menyambut sanak saudara, biaya transportasi buat mudik, dan baju lebaran. 

Ngomong-ngomong soal baju lebaran, memang enggak perlu baju baru sih, tapi baju yang terbaik. Mengapa kita perlu memakai baju terbaik saat Idul Fitri? Karena kita sedang menyambut kemenangan, momen yang sangat istimewa. Kalau kata Mama saya, nyambut pacar aja pakai dandan heboh dan pilih-pilih baju sampai mengubek-ngubek selemari, masa nyambut hari kemenangan seadanya? Itu juga kalau kamu udah punya pacar sih. Yah intinya, baju terbaik terlepas baju baru atau enggak. Tapi kalau ada rezekinya setelah kita menyisihkan untuk zakat, infaq, dan sedekah, kenapa enggak beli baju buat Idul Fitri?

Setelah dua tahun ke belakang saya enggak membeli baju baru, tahun ini saya memutuskan untuk membeli sehelai baju. Cukup lama saya berpikir, memilah, dan akhirnya memilih kebaya untuk Idul Fitri tahun ini. Ada tiga alasan mengapa kebaya patut saya dan kamu pertimbangkan untuk momen spesial tersebut.

Melestarikan Budaya Indonesia
Kebaya merupakan kekayaan busana daerah yang kemudian menjadi pakaian nasional. Kebaya dikenal sebagai busana daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Bali. Setiap daerah memiliki kekhasan model kebaya masing-masing. Terlepas dari itu, ada kesamaan dalam model kebaya setiap daerah tersebut. Kebaya Indonesia terdiri dari unsur-unsur seperti kemban atau ada juga ikat pinggang, jejak kemban (bungkus tubuh), selendang atau karembong, dan disempurnakan dengan kain batik atau kain kebat. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? Nanti sedih loh kalau diakuin negara lain.

Kebaya Cocok Dalam Segala Suasana
Model kebaya berkembang dari model tradisional hingga modern. Kebaya tersedia dari model sederhana hingga yang mewah, dari yang berpotongan dan berlengan pendek hingga yang berpotongan dan berlengan panjang seperti kebaya pernikahan. Berbagai corak dan pilihan warna bisa kita pilih. Dengan berbagai model tersebut, kebaya cocok untuk suasana Idul Fitri, untuk bersilaturahmi dengan teman-teman, atau jalan-jalan. Yang saya garis bawahi adalah, kebaya cocok dalam dalam segala suasana sehingga setelah lewat Idul Fitri, kebaya kamu  bisa pakai buat acara-acara formal maupun nonformal. Percayalah, kebaya selalu bisa membuat perempuan manapun  tampil elegan dan anggun.

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Salah satu model kebaya modern*

Memajukan Industri Dalam Negeri
Sebagai ‘pemilik’ khazanah baju daerah kebaya, Indonesia menciptakan produsen-produsen dalam negeri di berbagai daerah. Mulai dari produsen besar hingga produsen kecil. Produsen-produsen ini harus didorong perkembangannya agar bisa menjadi bisnis yang mapan suatu saat. Dengan memakai kebaya, kita sudah berperan aktif memajukan industri dalam negeri walaupun dalam skala kecil.

Pada umumnya, saat Idul Fitri, pilihan jatuh pada busana muslim. Memakai kebaya saat lebaran membuatmu tampil beda. Berikut dua tips memilih kebaya untuk Idul Fitri:

Memilih Kebaya Model Tertutup
Untuk momen Idul Fitri sebaiknya memilih kebaya yang panjang dan tertutup. Banyak kok model kebaya yang mirip baju kurung. Pilih kebaya yang bagian kerahnya enggak terlalu terbuka atau bisa menambahkan selendang. 

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Model kebaya yang bagian atasnya tertutup*

Kamu juga bisa memilih kebaya yang berlengan ¾. Jika Kamu lebih suka menggunakan kebaya berlengan pendek, bisa dipadupadankan dengan manset.

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Model kebaya berlengan 3/4*

Memilih Celana Sebagai Padanan Kebaya
Ketika hari Idul Fitri tiba, sudah selayaknya kita berkunjung dan bersilaturahmi ke sanak keluarga dan para sahabat di kampung halaman. Karena kebutuhan untuk bergerak bebas dan menempuh perjalanan, kamu bisa memilih celana panjang sebagai padanan kebaya. 

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Memadankan kebaya dengan celana panjang*

Jika tetap ingin memakai kain atau rok, usahakan mengikat dan menggunakan model yang longgar sehingga enggak membatasi gerak tubuh.

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Model kain ikat longgar*

Nah bagaimana, tertarik memakai busana kebaya saat Idul Fitri kayak saya? Kamu bisa menemukan berbagai model kebaya koleksi baju lebaran 2017 di Zalora. Selamat tampil beda memakai kebaya saat Idul Fitri. Selamat mudik ke kampung halaman, dan berkumpul bersama keluarga. Terima kasih udah baca artikel saya dan terima kiriman parsel atau THR ^_^

*Sumber gambar dari Zalora.co.id
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

8 comments:

  1. cantik2 teh kebaya nya. Ide bagus lebaran pake kebaya. Sha belom pernah soalnya, selama ini kalau kebaya nyewa terus ga beli/bikin. Soalnya cuma kepake disatu event aja. Kalau ada event lain dan pake baju yang sama kok berasa gimana gitu :D

    ReplyDelete
  2. wah modelnya keren - keren, terlihat modis ya kebaya - kebaya masa kini

    ReplyDelete
  3. Banyak juga saudaraku pas hari besar pakai kebaya. Tetap cantik, elegan, dan berkelas, apalagi sekarang udah dipadu-padankan dengan model-model yang bisa nyaman dipakai memakai konsep kebaya modern. :)

    ReplyDelete
  4. Cantik-cantik banget Teh baju kebayanya...

    ReplyDelete
  5. kebaya sekarang makin beraneka bentuknya...makin menarik ya :)

    ReplyDelete
  6. aku pengen bikin yg model atas tertutup itu teh dipaduin sama kain ikat tp klo di zalora ada mah mending beli weh biar ga rwmpong y teh 😁

    ReplyDelete
  7. percaya nggaaa kalau aku pakai kebaya kutu baru pas open house lebaran kemarin? Seruuu lho..dan kebaya memang oke banget!

    ReplyDelete