Seni Bandung #1 Usaha Menghidupkan Festival Kota Dan Memetakan Kesenian Kota Bandung



Memetakan kesenian Kota Bandung barangkali sudah pernah dilakukan oleh generasi-generasi di masa lampau. Bukan pekerjaan mudah, bukan pula pekerjaan mustahil. Izinkan saya untuk memohon maaf terlebih dahulu karena sampai hari ini, saya masih pandir dan terlalu malas untuk menyusuri jejak pemetaan tersebut. Saya hanya tahu apa yang terjadi hari ini.

Seni Bandung #1 Usaha Menghidupkan Festival Kota Dan Memetakan Kesenian Kota Bandung
Seni Bandung #1 Usaha Menghidupkan Festival Kota Dan Memetakan Kesenian Kota Bandung

Memetakan kesenian Kota Bandung barangkali sudah pernah dilakukan oleh generasi-generasi di masa lampau. Bukan pekerjaan mudah, bukan ...

Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?



Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?
Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch?

Kenapa sih perempuan harus punya clutch? Pertanyaan itu terus berputar-putar sejak sejak saya remaja. Dulu sih saya cuma tahu itu tas kecil yang digenggam. Saya juga enggak tahu apa bedanya dengan tas kecil lain. Dalam pikiran saya, tas kecil itu enggak praktis karena hanya bisa memuat sedikit barang. Maklum masa remaja saya cukup aktif berkegiatan di luar ruangan jadi untuk berjaga-jaga saya selalu mengisi berbagai perbekalan. Tapi kok ya, teman-teman saya pada hobi banget pakai clutch itu?

Kenapa Sih Perempuan Harus Punya Clutch? Kenapa sih perempuan harus punya clutch? Pertanyaan itu terus berputar-putar sejak...

Yakin Mau Punya Anak Kembar?


Yakin Mau Punya Anak Kembar?
Yakin Mau Punya Anak Kembar?

 
Hampir setiap orang yang tahu saya kembar pasti bilang, “Cita-citaku pengin punya anak kembar.” Atau, “Dari dulu saya pengin punya anak kembar.” Kalau ditanya alasannya kenapa, kebanyakan bilang kalau anak kembar itu lucu. Hiaaaa … lucu sih kalau sejam dua jam aja. Kalau berhari-hari bareng anak kembar malah pusing, loh. Serius deh! Nah, ini kamu-kamu yang lagi baca artikel, hayo ngaku siapa yang mau punya anak kembar? Yakin mau punya anak kembar? Mending baca dulu artikel ini sampai selesai sebelum memutuskan he he he.

Yakin Mau Punya Anak Kembar?   Hampir setiap orang yang tahu saya kembar pasti bilang, “Cita-citaku pengin punya anak kembar.”...

Rumah Cantik K-Link Tempat Para Perempuan Saling Berpegangan Tangan

Rumah Cantik K-Link Tempat Para Perempuan Saling Berpegangan Tangan
Rumah Cantik K-Link Tempat Para Perempuan Saling Berpegangan Tangan


Suatu masa saat saya SD, saya ingin sekali berhenti sekolah. Penyebabnya karena saya mendapatkan haid. Boleh dibilang saya dewasa lebih cepat dari anak-anak lain bahkan dari kembaran saya. Haid membuat hormon saya terguncang, saya mulai mengenal runyamnya PMS, jerawat di wajah, dan bagian tubuh yang bermekaran. Selagi anak-anak lain masih mulus-mulusnya, saya udah berjerawat.

Rumah Cantik K-Link Tempat Para Perempuan Saling Berpegangan Tangan Suatu masa saat saya SD, saya ingin sekali berhenti sekolah....

Kung Fu Run 2017: Paduan Olahraga, Seni Beladiri, dan Charity



Kung Fu Run 2017: Paduan Olahraga, Seni Beladiri, dan Charity


If you only want to run, you can just run for i kilometre. But if you want to experience the new life, you can do the marathon then – Seven Something Movie.

If you only want to run, you can just run for i kilometre. But if you want to experience the new life, you can do the marathon t...

Keberagaman Itu Berat Seperti Batu Dan Ringan Seperti Kapas



Keberagaman Itu Berat Seperti Batu Dan Ringan Seperti Kapas
Peta Indonesia 2017 - Sumber sejarah-negara.com

 
Saya akan mulai tulisan ini dengan betapa Indonesia sangat kaya akan keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke pulau-pulau berjajar terpisah laut, danau, selat, dan tanjung. Dari atas satelit atau minimal lihat dari peta, untaian kepulauan Indonesia terlihat megah berwarna hijau, biru, merah, putih, kuning, atau sebut saja warna kesukaanmu. Berbagai suku, bangsa, agama, warna kulit, bahasa, tak habis saya sebut satu per satu. Keberagaman indah di atas kertas, sulit di dalam realitas.

Peta Indonesia 2017 - Sumber sejarah-negara.com   Saya akan mulai tulisan ini dengan betapa Indonesia sangat kaya akan kebera...

Refer Get Money, Cara Gampang Cari Uang Tambahan


Eva dan Evi di kantor FOREXimf.com (sumber foto Ratri)


T: Mas, Mbak mau melamar kerja ke mari?
J: Iya.
T: Wah, umurnya udah nggak masuk Mas, Mbak. Maaf ya.

T: Wah, umurnya masih kekecilan, nanti datang lagi kalau udah besar ya, Dek.

Hayooo… siapa pernah ngalamin kejadian kayak gitu? Nyeseknya pakai banget ya. Padahal tiap orang pasti punya kebutuhan baik primer, sekunder, maupun tertier. Enggak peduli umurnya masih kecil, dewasa, atau udah tua. Buat memenuhi kebutuhan itu kita mesti bekerja menghasilkan uang. Masalahnya, kebanyakan kerjaan itu mandang umur. Misal nih, kamu mesti minimal lulusan A dengan nilai B, usia maksimal C. Huft. Ada nggak sih kerjaan yang gampang tapi enggak dibatasi persyaratan yang ribet? Ada!

Eva dan Evi di kantor FOREXimf.com (sumber foto Ratri) T: Mas, Mbak mau melamar kerja ke mari? J: Iya. T: Wah, umurnya udah ...

4 Alasan Mengapa Pria Lebih Kece Memakai Parfum



4 Alasan Mengapa Pria Lebih Kece Memakai Parfum (Sumber Pixabaydotcom)


Jujur nih ya, buat para perempuan, kamu lebih suka pria yang memakai parfum atau enggak? Kalau saya lebih suka pria yang memakai parfum apalagi kalau parfumnya cocok dengan wangi tubuh alamiahnya. Jadi syarat mutlak ketika seorang pria ataupun wanita memutuskan memilih suatu parfum adalah cocok dengan wangi tubuh alamiah. Cara menyocokan harum parfum dengan wangi tubuh mudah saja. Kamu tinggal menyemprotkan parfum di beberapa titik tubuh seperti leher, dada, pergelangan tangan, dan kalau saya di belakang pergelangan lutut. Ketika kita mulai berkegiatan dan berkeringat akan tercampur kedua wangi tersebut. Coba kamu hirup dan rasakan apakah wanginya masih enak di hidung atau enggak? Nah kalau masih segar di hidung artinya cocok.

4 Alasan Mengapa Pria Lebih Kece Memakai Parfum (Sumber Pixabaydotcom) Jujur nih ya, buat para perempuan, kamu lebih suka pria ...

Paket Produk Perawatan Buat Kamu Yang Berjerawat Dari Karadenta Clinic



Paket Produk Perawatan Buat Kamu Yang Berjerawat Dari Karadenta Clinic
Paket Produk Perawatan Buat Kamu Yang Berjerawat Dari Karadenta Clinic

Buat cewek yang dilahirkan dengan kulit kombinasi kayak saya, udah kenal banget sama yang namanya jerawat. Jerawat tuh udah kayak sahabat sejati aja gitu. Susah senang kami bersama. Telat cuci muka, jerawatan. Lagi mau mens, jerawatan. Kebanyakan makan telur, jerawatan. Stres, jerawatan. Apa aja bisa jadi penyebab timbul jerawat. Enggak ada apa-apa juga si jerawat suka muncul gitu aja. Kayaknya doi penasaran banget kalau dalam sebulan enggak menyambangi wajah saya. Hiks.

Paket Produk Perawatan Buat Kamu Yang Berjerawat Dari Karadenta Clinic Buat cewek yang dilahirkan dengan kulit kombinasi kayak sa...

Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi


Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi
Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi


Manusia seperti kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Tugas kita hanyalah harus selalu melakukan kebaikan dan berharap esok harus lebih baik dari hari ini. Wajar dan itulah keharusan yang perlu kita perhatikan. Sedetik ke depan atau beberapa menit yang akan datang pun kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Apalagi besok? Mungkin inilah beberapa hal sederhana yang akhirnya mulai bermunculan berbagai macam asuransi pilihan.

Mengenal Asuransi
Asuransi merupakan sebuah pertanggungan atau perjanjian di mana seseorang menjadi penanggung yang kemudian mengikatkan diri kepada seseorang yang tertanggung, dalam bentuk premi, sebagi ganti kepadanya atas suatu kehilangan keuntungan atau kerusakan yang diharapkan dan mungkin saja kehilangan atau kerusakan tersebut akan dialami akibat adanya peristiwa yang tak terduga.

Sederhananya, asuransi adalah sebuah pelimpahan resiko dari pihak A ke pihak B atau lainnya. Namun dalam pelimpahan tersebut terdapat aturan-aturan hukum yang mengikat, ada pula prinsip-prinsip yang harus ditaati oleh pihak A atau lainnya. Dengan kata lain, kita menabung untuk masa depan, untuk sesuatu yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Alasan Mengapa Kita Disarankan Memiliki Asuransi
Banyak kalangan masyarakat yang belum tahu kelebihan asuransi karena mereka menganggap buat apa kita capek-capek setor uang tapi kita tidak bisa menikmati hasilnya secara langsung. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kita akan mengulik tentang alasan-alasan mengapa kita disarankan untuk memiliki asuransi.

Memiliki Jaminan Perlindungan
Sudah disinggung sebelumnya bahwa asuransi ini dimaksudkan untuk menyiapkan dana untuk sesuatu hal yang bisa saja terjadi di luar kendali kita. Risiko yang mungkin kita alami tersebut akan ditanggung oleh pihak perusahaan yang menalangi asuransi kita. Dengan begitu kita akan merasa tenang dan nyaman menjalani hari-hari karena mempunyai jaminan perlindungan dalam bentuk asuransi yang siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Misalnya saja tunjangan pendidikan anak semakin tahun semakin mahal, nah karena ada asuransi, maka kita tidak perlu pusing-pusing lagi mencari rupiah untuk memenuhi tunjangan pendidikan tersebut. Kasus lain, misalnya lagi tiba-tiba hari ini mengalami kecelakaan kecil, mobil ringsek dan membutuhkan biaya ekstra untuk memperbaikinya. Dikarenakan mempunyai asuransi, maka seluruh biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang menalangi dana kita.

Asuransi, Cara Mudah Untuk Menabung
Bagi sebagian orang menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Apabila kita pun demikian, maka akan lebih efektif jika penghasilan kita dialokasikan untuk asuransi. Dengan asuransi, secara tidak langsung kita telah menabung secara rutin sebab sebulan sekali kita harus menyetor dana dalam jumlah sekian. 

Bukankah ini cara menabung yang manfaatnya double? Selain bisa berhemat karena uang tidak habis untuk foya-foya, kita pun mempunyai jaminan perlindungan dalam bentuk asuransi itu sendiri. Bahkan terdapat beberapa asuransi pilihan yang bisa kita jadikan pertimbangan saat memilih asuransi jenis mana yang akan kita gunakan.

Untuk Menyiapkan Rencana Masa Depan
Setiap orang pasti ingin hidup dengan nyaman, tenang, dan aman. Entah anak kecil, remaja, dewasa maupun lansia pun tentulah menginginkan kehidupan yang aman dan menyenangkan. Sama halnya dengan kita, pasti kita berharap saat tua nanti kita tidak perlu sibuk memikirkan pekerjaan dan uang, melainkan ingin menikmati masa tua dengan penuh rasa bahagia bersama keluarga. 

Untuk itulah kita harus memiliki asuransi, dengan asuransi, kita bisa menyusun rencana masa depan dengan baik. Dana yang tertalang di asuransi bisa kita manfaatkan sebagai tunjangan pensiun atau bisa juga dibelikan rumah baru dan lain sebagainya. 

Trik Mengelola Keuangan
Mengatur keuangan adalah hal yang riskan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, salah penggunaan sedikit saja bisa jadi membuat kita rugi. Terlebih menghabiskan uang adalah hal yang mudah dan seringkali baru terasa jika nominalnya mulai menipis. Hal inilah yang akhirnya membuat kita memilih asuransi. Sebab asuransi menjadi pengendali agar kita tidak sembarangan mengeluarkan uang. Kita jadi tahu mana prioritas dan mana yang bukan. 

Demikian tadi sedikit ulasan tentang asuransi beserta alasan yang melatarbelakangi mengapa kita disarankan untuk memiliki asuransi. Tidak perlu khawatir kebutuhan akan terbengkalai karena beberapa persen dari penghasilan harus disetorkan sebagai premi, sebab di masa depan nanti, kehidupan kita akan jauh lebih tertata dengan rapi. 

Apalagi saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan beberapa asuransi pilihan sehingga bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti di www.dbs.com misalnya, kita bisa memilih akan menggunakan asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Jadi tunggu apa lagi, jangan tunggu tapi atau nanti ya demi masa depan yang cerah ya.
Semoga informasi di atas bermanfaat.

Mengenal Asuransi dan Alasan Mengapa Harus Berasuransi Manusia seperti kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok ha...

Mudik Gratis Sido Muncul 2017 Memasuki Tahun Ke-28 Mengantarkan Para Perantau Menuju Kampung Halaman


2017 Memasuki Tahun Ke-28 Mengantarkan Para Perantau Menuju Kampung Halaman
2017 Memasuki Tahun Ke-28 Mengantarkan Para Perantau Menuju Kampung Halaman

 Mudik Gratis Sido Muncul 2017 Memasuki Tahun Ke-28 Mengantarkan Para Perantau Menuju Kampung Halaman - Bagaimana kamu memaknai rumah? Lalu bagaimana kamu mengartikan kampung halaman? Bagi saya, rumah adalah tempat orang-orang yang saya cintai berada terutama orangtua. Rumah adalah seseorang bukan bangunan. Lalu Kampung halaman bagi saya tempat tinggal secara geografi orang-orang yang saya cintai, dan suatu tempat bertumbuh penuh histori.

2017 Memasuki Tahun Ke-28 Mengantarkan Para Perantau Menuju Kampung Halaman   Mudik Gratis Sido Muncul 2017 Memasuki Tahun Ke-28 ...

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri


Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri
Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri*
 
Tampil beda memakai kebaya saat Idul Fitri - Bulan Ramadhan memberi banyak arti bagi kaum muslimin pada khususnya, dan seluruh masyarakat pada umumnya. Selain menggenjot semangat ibadah yang mungkin mulai pudar pada bulan biasa, Bulan Ramadhan identik dengan waktu berbagi dan bersilaturahmi. Tuhan mengucurkan begitu banyak rezeki yang disangka maupun yang enggak disangka. Ayo ngaku siapa yang udah terima THR? Atau gaji ke-15 gitu? Tapi saya enggak dapat THR hiks. Nasib freelancer ☹Sebagian rezeki itu dapat kita bagikan pada sesama, sebagian lagi bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan yang lazim kita penuhi untuk menyongsong Idul Fitri antara lain menyediakan penganan untuk menyambut sanak saudara, biaya transportasi buat mudik, dan baju lebaran. 

Ngomong-ngomong soal baju lebaran, memang enggak perlu baju baru sih, tapi baju yang terbaik. Mengapa kita perlu memakai baju terbaik saat Idul Fitri? Karena kita sedang menyambut kemenangan, momen yang sangat istimewa. Kalau kata Mama saya, nyambut pacar aja pakai dandan heboh dan pilih-pilih baju sampai mengubek-ngubek selemari, masa nyambut hari kemenangan seadanya? Itu juga kalau kamu udah punya pacar sih. Yah intinya, baju terbaik terlepas baju baru atau enggak. Tapi kalau ada rezekinya setelah kita menyisihkan untuk zakat, infaq, dan sedekah, kenapa enggak beli baju buat Idul Fitri?

Tampil Beda Memakai Kebaya Saat Idul Fitri*   Tampil beda memakai kebaya saat Idul Fitri - Bulan Ramadhan memberi banyak arti ...

Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman


Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman
Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman

Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman - Ayahku, sedikit bicara banyak bekerja. Pada kesempatan langka, Ayah bercerita tentang kenangan masa kecilnya. Hampir 67 tahun lalu, Ayah lahir di kota Palembang. Tepatnya di rumah sakit tua yang dulunya adalah gereja bernama RS RK Charitas Palembang. Menurut Ayah, hari lahirnya bertepatan dengan hari Natal dan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Itulah sebabnya nama Ayah adalah Muhammad Isa Anshori. Nama almarhumah nenekku sendiri adalah Maria.

Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman Ayah, Mari Terbang Kembali ke Kampung Halaman - Ayahku, sedikit bicara banyak beke...

Karadenta Clinic, Klinik Kecantikan Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau di Bandung

Karadenta Clinic, Klinik Kecantikan Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau di Bandung
Karadenta Clinic, Klinik Kecantikan Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau di Bandung
 
Beberapa waktu lalu, saya pernah cerita kalau kulit wajah saya sedang mengalami gangguan. Semacam break out gara-gara berhenti dari obat racikan. Yang namanya penyembuhan kulit apalagi wajah butuh waktu cukup lama. Kalau dihitung-hitung sih sudah hampir 8 bulan. Rasanya hampir putus asa gitu. Untungnya saya menemukan Karadenta Clinic, klinik kecantikan yang nyaman dengan harga terjangkau di Bandung. Pengalaman pertama saya ke Karadenta bisa baca di sini Karadenta Clinic Diary: Kulit Wajah BisaJenuh Juga Loh!

Ternyata perawatan kulit saya di Karadenta Clinic cocok. Jadilah saya secara regular melakukan perawatan di sana agar kulit wajah saya sehat kembali. Omong-omong, saya belum cerita sama kamu tentang nyamannya tempat Karadenta Clinic.

Karadenta Clinic, Klinik Kecantikan Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau di Bandung   Beberapa waktu lalu, saya pernah cerita kal...

Smart Watch Z9 Memberi Nilai Lebih Pada Waktu


Smart Watch Z9 Memberi Nilai Lebih Pada Waktu
Smart Watch Z9 Memberi Nilai Lebih Pada Waktu
 
Time is an illusion.”
― Albert Einstein

Waktu adalah ilusi kata Albert Einstein. Waktu berkaitan erat dengan teori relativitas. Sejak kecil saya sering mendengarkan ungkapan tersebut. Sebetulnya saya enggak paham-paham amat sampai sekarang. Yang saya tahu bahwa waktu berjalan sangat tergantung dengan objeknya. Seperti misalnya saya yang sedang menunggu buka puasa merasa waktu di siang hari terasa lama sedangkan malam hari terasa cepat. Padahal bukankan waktu enggak berubah tetap 24 jam sehari? Yah, di situlah relativitas bekerja.

Smart Watch Z9 Memberi Nilai Lebih Pada Waktu   “ Time is an illusion .” ― Albert Einstein Waktu adalah ilusi kata Albert...

Andromax B Menemani Si Kecil Puasa

Andromax B Menemani Si Kecil Puasa
Andromax B Menemani Si Kecil Puasa
 
Bulan Ramadhan, bulan istimewa itu kembali menyapa saya dan kita semua. Aktivitas di bulan puasa memang agak berbeda dengan hari biasa. Siang hari mesti menahan lapar, haus, dan tentunya perilaku kita. Nah kalau soal perilaku sih kapan pun mesti kita jaga ya. Buat sebagian orang menahan lapar dan haus bukan perihal mudah, termasuk bagi saya. Apalagi buat anak-anak. Saya mau cerita pengalaman beberapa hari puasa Rasi, keponakan saya yang ditemani ponsel pintar kesayangannya Andromax B.

Andromax B Menemani Si Kecil Puasa   Bulan Ramadhan, bulan istimewa itu kembali menyapa saya dan kita semua. Aktivitas di bulan ...

Vivo V5s Untuk Kesempurnaan Swafoto dan Grupfotomu

Vivo V5s Untuk Kesempurnaan Swafoto dan Grupfotomu
Vivo V5s Untuk Kesempurnaan Swafoto dan Grupfotomu
 
Jakarta menjelang hari libur bukan saat tepat untuk dikunjungi. Tapi saya tetap nekad datang ke ibu kota meskipun enggak kebagian tiket kereta maupun jadwal travel buat pulang. Pasalnya ada sebuah acara istimewa yang hendak saya datangi, peluncuran ponsel pintar Vivo V5s. Ya, Vivo kembali meluncurkan produk baru yang mengandalkan fitur swafoto ditambah grupfoto.

Hampir tengah hari saya baru sampai di Hotel Raffles di daerah Kuningan, Jakarta. Hotelnya besar dan nyaman. Setelah registrasi, saya segera bergabung bersama teman-teman di area makan. Duh, makanannya enak-enak banget, apalagi kue-kue kecil yang lucu dan menggemaskan itu. Perut kenyang, saatnya menuju tempat peluncuran.

Vivo V5s Untuk Kesempurnaan Swafoto dan Grupfotomu   Jakarta menjelang hari libur bukan saat tepat untuk dikunjungi. Tapi saya t...

Belajar Forex Bareng ForexIMF.com


Belajar Forex Bareng ForexIMF.com
Belajar Forex Bareng ForexIMF.com
 
Ketika pertama kali mendapat undangan dari ForexIMF.com yang ada di kepala saya adalah film The Wolf of Wall Street. Itu loh film yang dibintangi oleh Loenardo DiCaprio, mengangkat kehidupan nyata Jordan Belfort, seorang pialang saham Amerika Serikat yang akhirnya menjadi motivator, rilis tahun 2013. Menonton film itu membuat saya terkagum-kagum sekaligus ngeri. Apa iya dunia pialang seperti itu? Padahal pialang saham dengan broker forex itu beda ya. He he he. Makanya biar enggak salah kaprah kayak saya, yuk kita belajar forex ^_^

Belajar Forex Bareng ForexIMF.com   Ketika pertama kali mendapat undangan dari ForexIMF.com yang ada di kepala saya adalah fil...

Karadenta Clinic Diary: Kulit Wajah Bisa Jenuh Juga Loh!


Karadenta Clinic Diary: Kulit Wajah Bisa Jenuh Juga Loh!
Karadenta Clinic Diary: Kulit Wajah Bisa Jenuh Juga Loh!
 
Saat saya melakukan satu hal berulang-ulang akan ada rasa jenuh melanda. Ternyata jenuh bukan cuma bisa menyerang pikiran, jenuh juga menyerang ke semua organ tubuh termasuk kulit wajah. Kalau saya butuh refreshing semacam jalan-jalan ke kaki bukit, kulit wajah saya juga butuh penyegaran dengan treatment. Ilmu kesehatan dan kecantikan ini saya dapatkan ketika datang ke Karadenta Clinic.

Karadenta Clinic Diary: Kulit Wajah Bisa Jenuh Juga Loh!   Saat saya melakukan satu hal berulang-ulang akan ada rasa jenuh mela...

Gerakan Menulis Nusantara


Gerakan Menulis Nusantara
Gerakan Menulis Nusantara

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” ― Seno Gumira Ajidarma, Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara


Indonesia lebih mengenal tradisi lisan dari pada tulisan. Sebagai bukti, tersebarnya dongeng-dongeng kearifan lokal seperti terbentuknya suatu tempat. Kita bahkan hampir tidak tahu siapakah yang mencipta dongeng tersebut, pencipta menjadi anonim dan tak penting. Namun kepercayaan telah mengakar dalam masyarakat, dongeng menjadi (hampir) kebenaran. Padahal budaya lisan rentan dengan distorsi. Di masyarakat kota sekali pun, kita lebih sering menemukan sekumpulan orang-orang yang mengobrol dari pada membaca atau menulis. Apa yang dibicarakan sebatas permukaan, lalu apa sebenarnya dipikirkan dan dirasakan yang mungkin jauh lebih penting terlupakan.

Gerakan Menulis Nusantara “Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara ...