Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan - Sumber Zalora

2016, hujan hampir turun sepanjang tahun. Agak kabur antara kapan musim hujan dan kapan musim panas? Itu sih yang saya rasain. Tapi ada perbedaan yang signifikan saat saya dengan sok tahu mengidentifikasi musim hujan sebenar-benarnya yaitu ketika hujan turun hampir sepanjang hari dan berita di dunia online mengabarkan banjir di mana-mana. Alarm siaga berbunyi di kepala saya sebagi pengendara motor. Ah, sepertinya saya harus segera punya jas hujan atau raincoat. Hmm... selain nyaman dipakai, saya ingin tetap trendy dengan raincoat saat musim hujan. Gimana dengan kamu?


Raincoat alias jas hujan seperti yang kita tahu adalah pelindung tubuh dari hujan dan angin. Selain mengutamakan fungsi, mau enggak mau saya harus mengakui kalau raincoat termasuk elemen fasyion yang sering dicari saat musim penghujan. Ada 5 jenis raincoat yaitu:

Ponco Raincoat
Model ponco raincoat ini kayaknya model paling klasik yang saya tahu. Bentuknya seperti jubah, bertudung kepala, dan belahan di kedua sisinya. Kita bisa menemukan yang bertudung satu atau dua. Sebenarnya ponco raincoat punya fungsi lain ketika kemping, bisa jadi bivak atau alas. Paling pas memang kalau saya bawa saat bepergian ke gunung. Namun ketika saya menggunakannya di motor, agak repot juga karena angin sering menerbangkan jubahnya. Kadang-kadang menghalangi pandangan atau menerpa mengendara lain. Bisa juga saya akali dengan mengikatnya.

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Ponco raincoat - Sumber Wikipedia

Overcoat Raincoat
Model overcoat raincoat ini bentuknya seperti jaket atau mantel. Sering saya temui ketika melihat mamang parkir atau mamang polisi lalu lintas. Sebenarnya raincoat jenis ini sederhana dan cukup nyaman. Kekurangannya saat saya menggunakannya di motor adalah bagian kaki enggak terlindungi. Cocoknya buat jalan kaki.

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Overcoat raincoat - Sumber Zalora

Training Raincoat atau Setelan
Model training raincoat atau setelan terdiri dari bagian atas berupa jaket dan bagian bawah berupa celana. Nah yang ini paling cocok deh buat berkendara motor. Saya bisa bebas bergerak dan terlindung dari hujan maupun angin. Buat jalan kaki juga oke sih, cuma memang kurang lazim dipakai daerah perkotaan bagi pejalan kaki.

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Training raincoat - Sumber Zalora

Gamis Raincoat
Model gamis raincoat ini mirip ya setelan gamis dengan tudung kepala. Bentuknya mirip long dress berlengan panjang. Biasanya yang pakai raincoat jenis ini adalah perempuan yang senang mengenakan rok atau berkerudung. Kalau saya pakai ini buat berkendara motor kayaknya agak ribet walaupun terlindungi dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Gamis raincoat - sumber Wikipedia

Umbrella Raincoat
Model umberella raincoat ini termasuk baru. Perancangnya adalah Athanasia Leivaditou, seorang arsitek Yunani. Dia menggabungkan jas hujan dan payung. Bentuknya berupa jaket dan pada bagian kepala ada tudung bulat melengkung berkerangka string sehingga bentuknya enggak akan berubah. Tudung itu dilengkapi pula dengan membran plastik bening sehingga wajah kita terlindung dari semburan hujan. Bentuknya cukup unik dan kayaknya asyik buat dipakai jalan-jalan.

Tetap Trendy Dengan Raincoat Saat Musim Hujan
Umbrella raincoat - sumber motorplus-online.com

5 raincoat di atas tersedia dengan berbagai bahan dan warna sesuai dengan selera kita. Penasaran nggak sih kenapa jas hujan biasanya berwarna menyolok? Alasannya ternyata sederhana, agar kita mudah dikenali saat hujan besar. Hujan membuat penglihatan kita terbatas, makan warna menyolok akan mengusik mata kita secara otomatis. Cara kerjanya mirip dengan jaket yang sering dipakai oleh pendaki gunung. Tapi kalau sekarang, saya banyak menemukan orang lebih suka memilih raincoat transparan. Setelah mencari-cari alasannya saya menyimpulkan bahwa raincoat transparan bisa memperlihatkan model pakaian yang melekat di badan. Kayaknya enggak perlu susah-susah lagi mempermanis penampilan walaupun menggunakan raincoat.

Ngomong-ngomong soal raincoat, selama belum punya malas juga keluar rumah buat beli. Jadi saya putuskan beli online aja. Kebetulan tanggal 11 November ini Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasionaldi Zalora. Ada raincoat yang udah lama saya incar nih di sana.

Oh ya, kembali ke soal trendy. Menurut saya trendy itu gimana style kita ya. Cocok dan nyaman berpenampilan seperti apa? Kalau saya lebih pilih jenis training raincoat warna hijau. Maklum lah ya saya paling suka warna hijau dan paling praktis juga aman buat motor-motoran. Setelah mengenal 5 jenis raincoat di atas mana yang menurutmu paling trendy dan cocok denganmu?
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Pernah lihat yg gamis,boleh juga raincoaynya model rok

    ReplyDelete
  2. Raincoatnya lucu-lucuuu ya model dan warnanya Vi :)

    ReplyDelete
  3. Pas bgt....
    Aku mau beli jas hujan nih

    ReplyDelete
  4. Ohh ini jas hujan model baru ya mbak ? :D

    ReplyDelete
  5. Ini mah bawaannya pengen ujan-ujanan mulu deh :D

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete