Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung


Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung

Buat saya, keamanan bukan hal yang bisa ditawar-tawar. Pernah mengalami pengalaman buruk di jalan pada malam hari membuat saya lebih berhati-hati. Saya pernah mau dijambret tiga kali, baku hantam dengan penjambretnya bikin saya agak trauma. Kendaraan bermotor tetap menjadi pilihan utama saya untuk penunjang beraktivitas pada siang hari. Lain soal ketika malam. Sering pulang malam dan cuaca Bandung yang sulit tertebak, kedua alasan menyangkut keamanan dan kesehatan tersebut membuat saya berulangkali menjatuhkan pilihan pada Uber. Uber adalah layanan jasa transportasi dari Amerika yang bermarkas di San Francisco berbasis aplikasi. Selama ini saya merasa aman berkendaraan bersama Uber di Bandung maupun Jakarta.


Cara menggunakan aplikasi Uber mudah dan praktis. Kamu tinggal unduh aplikasinya via Google Playstore, Apple Appstore, atau Window Store. Aplikasi Uber memberi kendali penuh pada konsumen. Ada 8 alasan mengapa Uber yang sejak tahun 2014 hadir di Indonesia ini saya katakan aman. 

Oh ya, saya mau bagi-bagi kode referall nih buat kamu, lumayan bisa dapat potongan harga Rp30.000,- tinggal masukan kode: evis16ue 

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Aplikasi Uber

Pertama, Uber memberi kelengkapan informasi driver ke konsumen. Sesudah kamu melakukan permintaan penggunaan jasa Uber dengan memasukan alamat penjemputan di mana pun kamu berada dan alamat antar, aplikasi akan memperlihatkan peta penyebaran mobil yang bekerjasama dengan Uber. Ketika ada satu driver yang menyanggupi permintaanmu, muncullah informasi mengenai nama dan foto supir, plat nomor kendaraan, dan nomor kontak yang bisa kamu hubungi.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Kelengkapan informasi

Jangan takut driver akan menghubungi nomor kontakmu untuk berbuat macam-macam karena Uber melindungi privasi nomor pribadimu. Komunikasi antara driver dan rider bersifat anonim.

Pastikan informasi yang kamu dapat sesuai dengan informasi yang tertera di aplikasi. Jika ada perbedaan, selalu tanyakan sebabnya. Kalau meragukan, kamu bisa melaporkannya pada call center Uber. Misalnya, plat nomor mobil tidak sesuai dengan keterangan di aplikasi.

Kedua, estimasi biaya perjalanan. Namanya juga perkiraan harga, jadi akan ada range harga yang tertera di aplikasi Uber. Dengan catatan perkiraan harga bisa sedikit berbeda sesuai keadaan lalu lintas dan adanya diskon atau promo. Jika kamu setuju atau tidak keberatan dengan estimasi biaya perjalanan, kamu bisa melanjutkan permintaan jasa. Dengan adanya fitur tersebut, kamu tidak akan kaget dengan pengeluaran yang harus kamu bayarkan. Jauhlah dari harga tembak-menembak. Dan yang harus kamu tahu adalah, tarif Uber super ekonomis, hanya Rp3.000 per km. Wow banget!

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Estimasi biaya perjalanan

Ketiga, transparansi. Aplikasi Uber memungkinkan kita mengetahui dan mengikuti perjalanan driver menuju lokasi penjemputan secara real time. Ada estimasi waktu tempuh juga driver menuju lokasi penjemputan dan estimasi waktu menuju tempat tujuan kita. Dan sekali lagi, namanya juga perkiraan waktu bisa saja meleset. Namun karena kita bisa mengikuti perjalanan driver, kita bisa mengecek driver sudah sampai mana. Bisa saja driver tertahan di titik macet kota.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Transparansi di Uber

Keempat, share My ETA. My ETA adalah fitur yang memungkinkan kamu membagi perkiraan waktu tiba (PWT) pada keluarga atau teman. Jadi keluarga atau orang terdekat bisa mengikuti perjalananmu secara real time. Ini juga menjaga kamu dari kemungkinan terjadinya kejahatan seperti penculikan dan lain-lain karena kamu selalu terhubung dengan orang lain. Kamu juga bisa membagi PWT melalui berbagai aplikasi lain seperti Whatsapp, Twitter, Snapchat, dan lain-lain.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Share My ETA

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Membagikan PWT

Kelima, metode pembayaran. Uber menawarkan dua metode pembayaran yaitu melalui kartu kredit dan uang tunai. Buat kamu yang memakai kartu kredit, sangat praktis karena kamu tidak perlu berhenti di ATM. Selalu pastikan driver telah memijit tombol sampai ketika tiba di tujuan agar argo pembayaran berhenti.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Metode pembayaran Uber

Keenam, rating. Seusai melakukan perjalanan, kamu bisa memberi feedback kepada driver berupa rating. Bukan cuma kamu yang bisa memberi rating, driver juga melakukan hal yang sama. Jangan sepelekan rating karena itu sangat penting demi terjadinya peningkatan pelayanan dan keseimbangan antara driver dan rider. Dengan sistem seperti ini, kita pun sebagai konsumen mesti berlaku baik, seperti misalnya tetap menjaga kebersihan kendaraan.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Sistem rating di Uber

Ketujuh, trip history. Kamu akan menerima email berupa laporan berisi rute, nama driver, dan jumlah pembayaran setiap kali selesai perjalanan. Jadi dokumentasi perjalananmu tersusun rapi dan ada back up di email selain di aplikasi.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Trip history

Kedelapan, customer support. Uber memiliki sistem customer support 24 jam selama tujuh hari yang artinya kamu bisa mengubungi mereka kapan saja bila ada barang kamu yang tertinggal, ada keluhan, atau pertanyaan. Juara!

Jasa layanan transportasi Uber ini tersedia di lebih dari 58 negara dan lebih dari 300 kota di seluruh dunia. Di Indonesia saat ini baru tersedia di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Uber memberikan empat pilihan produk bagi konsumennya. Pertama, uberX yang bertarif paling ekonomis. Kedua, uberPOOL yang memungkinkan kamu bisa share satu mobil bersama-sama dan tidak perlu khawatir soal pembagian pembayaran karena Uber telah menghitungkannya. Ketiga, uberMOTOR. Yang satu ini baru akan hadir di Bandung sekitar dua bulan lagi. Keempat, UberBLack yaitu layanan yang lebih mewah secara kendaraan dan pelayanan namun tetap terjangkau.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Jenis-jenis layanan Uber

Saya paling suka dengan pelayanan Uber yang cepat. Waktu tunggu ketika memesan sekitar empat menit saja, bahkan di Jakarta saja waktu tunggunya termasuk cepat, sekitar kurang dari lima menit.

Aman Berkendaraan Bersama Uber di Bandung
Waktu tunggu pemesanan Uber

Sekarang kamu ngerti kan, kenapa saya suka pakai Uber? Aman, cepat, sehat, dan berasa punya kendaraan pribadi ^_^
Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Tian Lustiana
AUTHOR
15 September 2016 00.41 delete

Aman yah, saya suka takut haha, tapi pengen juga nyoba pake UBER

Reply
avatar
14 Oktober 2016 00.38 delete

saya suka takut haha, tapi pengen juga nyoba pake UBER

Reply
avatar
17 Oktober 2016 21.24 delete

ada acara Modif Ninja Thailook juaga ternyata ..keren..kereeen..

Reply
avatar
Ratri Anugrah
AUTHOR
16 November 2016 06.57 delete

Uber jadi andalan banget deh. Tiap ditugasin ke kota-kota, aku selalu make sure ada ubernya hehe. Sayang banget masih belum ada di semua kota. Tapi kalau di Surabaya sih aku lebih sering pakai uber karena no minimum charge. Taxi mahal banget euy.

Reply
avatar