Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru

Waktu kecil, saya sangat suka menonton iklan di TV. Iklan buat saya adalah film pendek kaya akan pesan. Di kala orang-orang memindah-mindahkan channel saat sesi iklan, saya bisa melakukan kebalikannya, memindah-mindahkan channel untuk melihat iklan. Iklan-iklan favorit saya biasanya bergenre petualangan seperti seri pesona Indonesia Kuku Bima Ener-G!, produk minuman berenergi. Saya bisa menyaksikan keindahan Indonesia di Danau Toba, Wakatobi, Maluku, Papua, dan tempat lainnya.

Agak berbeda dengan seri pesona Indonesia, terinspirasi sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! luncurkan iklan layanan masyarakat terbaru versi “Kusrin”, bertempat di Restaurant Rempah Kita, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, tanggal 5 Februari 2016 kemarin.


Muhammad Kusrin
Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Kusrin dan Siti Aminah

Dalam jangka beberapa bulan ini, saya berkenalan dengan sosok-sosok inspirasional dari Indonesia. Ternyata, Indonesia telah melahirkan banyak anak bangsa yang cerdas, kreatif, dan visioner. Salah satunya adalah Bapak Kusrin dari Jawa Tengah. Tentunya kamu pernah mendengar perihal Kusrin yang dengan talentanya merakit dan mengotak-atik barang bekas elektronik dapat membuat televisi merk Maxreen dari tabung bekas komputer meski hanya tamatan sekolah dasar.

Televisi bikinan Bapak Kusrin ini telah tersebar ke berbagai pelosok di Indonesia. Harganya sangat terjangkau sekitar 400 – 500rban dengan spesifikasi mumpuni. Akhir-akhir ini bapak berusia 36 tahun tersebut dapat kita temui wara-wiri di program televisi nasional, bukan saja karena kreativitasnya namun juga beliau sempat terjerat hukum karena dianggap melanggar UU Perdagangan, UU Perindustrian, dan UU Perlindungan Konsumen. Bulan Desember 2015, pengadilan memberinya vonis enam bulan dengan masa percobaan satu tahun serta denda 2,5 juta. Berita mengenai kreativitas dan kasus Bapak Kusrin ini sampai ke telinga Presiden RI, Bapak Joko Widodo, dan mendapat undangan bertemu orang nomor satu di Indonesia sebagai bentuk apresiasi. Tanggal 19 Januari 2016, Kusrin sudah dapat SNI untuk usahanya dari Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin.

Iklan Layanan Masyarakat Kuku Bima Ener-G! Versi Kusrin
Lelaki yang telah mempekerjakan 13 orang ini menyedot perhatian dari berbagai pihak, termasuk Direktur Utama PT Sido Muncul, Tbk. Bapak Irwan Hidayat. Beliau dalam launching iklan Kuku Bima versi Kusrin mengatakan bahwa untuk memperkenal Kusrin, karya, dan brand-nya membutuhkan usaha yang berkelanjutan. Maka iklan televisi menjadi media tepat agar inspirasi kreativitas Kusrin ini dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat. Kusrin bisa menjadi motivasi bagi generasi muda agar tidak cepat menyerah untuk meraih impian.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk. Bapak Irwan Hidayat sedang memaparkan iklan Kuku Bima

Pembuatan iklan Kuku Bima Ener-G! versi Kusrin dilakukan pada tanggal 27 Januari 2016 di kediaman Muhammad Kusrin yang sekaligus merupakan tempat produksi TV Maxreen buatannya di Dusun Jatikuwung, Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo, Kapupaten Karang Anyar, Jawa Tengah.

Dalam tayangan iklan Kuku Bima Ener-G! versi Kusrin ini menampilkan Vega Darmawanthi yang sedang berada di kediaman Kusrin, melihat aktivitas yang dilakukan Kusrin sehari-hari dalam memproduksi televisi buatannya yang diberi label Maxreen. Diceritakan pula bahwa untuk menjaga kondisinya agar tetap bugar dan semangat, Kusrin dan seluruh karyawannya mengonsumsi minuman energi siap minum Kuku Bima Ener-G!.

Peluncuran Iklan Kuku Bima Ener-G! Versi Kusrin
Tidak tanggung-tanggung, peluncuran iklan Kuku Bima versi Kusrin menghadirkan nara sumber bergengsi yaitu Ibu Euis dari Kementrian Perindustrian, Bapak Arif Yahya dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Irwan Hidayat Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk., Kusrin dan sang istri, Siti Aminah yang setia mendampingi.

Dari pengamatan saya, Kusrin adalah laki-laki pekerja keras yang agak pendiam namun murah senyum, terbukti dengan penampilannya di atas panggung ketika diminta menceritakan sepak terjangnya di dunia usaha. Bermula dari belajar merakit barang elektronik bekas pada temannya, Kusrin berpikir untuk memiliki usaha sendiri. Cerita perjuangan ini dibumbui dengan pengkhianatan rekan kerja, kehabisan modal, dan jeratan hukum. Kusrin dan Siti Aminah bahu membahu mengatasi berbagai rintangan. Saya seperti mendapati kisah Habibie Ainun versi lain dan aplikasi sebuah quotes film 7/24: The foundation of everything is a good family. Hingga kini, Kusrin bisa memproduksi 100 buah TV dalam sehari. Jumlah yang cukup fantastis untuk sebuah home indrustry.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Bu Euis dari Kementrian Perindustrian

Bu Euis dari Kementrian Perindustrian menyatakan bahwa selama ini Kementrian Perindustrian masih berfokus pada sektor produksi produk. Kehadiran Kusrin menyadarkan pihaknya untuk lebih berkonsentrasi pada sektor jasa sehingga ke depannya bisa membina dan mengawal Kusrin-kusrin lainnya.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Bapak Arif Yahya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Dengan tulus, Pak Arif Yahya memberikan apresiasi sebesar-besarnya pada PT Sido Muncul Tbk. yang konsisten dengan iklan-iklan pesona Indonesia-nya. Pemberitaan dan iklan yang positif tentang Indonesia sama dengan meningkatkan penjualan produk dalam negeri. Beliau menyambut hangat kreativitas Kusrin dan siap mendukung kreativitas anak-anak bangsa lainnya.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Pak Irwan menyerahkan bantuan modal pada Kusrin

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Pak Irwan menyerahkan HAKI merk TV Kusrin

Langkah Pak Irwan Hidayat yang berprinsip bahwa my business is CSR tidak berhenti disitu, beliau juga menyumbangkan modal usaha buat Kusrin sebesar 100 juta dan mempatenkan merk Kusrin pada Direktorat Jendral Hak Cipta dan Kekayaan Intelektual.

Oleh-oleh dari Peluncuran Iklan Kuku Bima Ener-G! Versi Kusrin
Sejak dulu, saya berminat dalam dunia usaha. Sayangnya hingga sekarang saya belum bisa meraih keberhasilan. Kesuksesan Kusrin membuat saya terpana. Niat baiknya untuk membuka lapangan kerja bagi banyak orang telah menjadi doa yang menembus langit. Lalu saya bercermin, niat saya dan Kusrin ternyata sama. Tapi apa yang membedakan saya dengannya? Pasti jawabannya adalah fokus, kerja keras, nilai kreativitas, dan semangat berbagi yang lebih besar.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Blogger (ki-ka) Kang Fauzi, Evi, Eva, dan Teh Ani bersama Pak Irwan

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Blogger (ki-ka) Kang Fauzi, Evi, Eva, dan Teh Ani bersama Kusrin

Pulangnya, setiap orang yang hadir diberi televisi bikinan Kusrin. Saya yang memang tidak punya TV di rumah tentu saja gembira. Kesukaan lama saya menonton iklan dapat tersalurkan kembali. Lebih dari itu, setiap kali saya menonton iklan Kuku Bima Ener-G! versi Kusrin, saya seperti diingatkan kembali tentang cita-cita luhur sebuah fondasi bisnis, tentang ketulusan, dan tentang proses panjang menggapai impian.

Terinspirasi Sosok Kusrin, Kuku Bima Ener-G! Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat Terbaru
Semua peserta launching mendapat TV merk Maxreen (foto milik Teh Ani Berta)

Previous
Next Post »

36 komentar

Write komentar
PIPIT
AUTHOR
7 Februari 2016 01.21 delete

Pak Kusrin ini hebat banget. salut sama orang seperti beliau. Semoga banyak lagi orang di Indonesia seperti Pak Kusrin.

Asik ya dapat tv gratis, apalagi tvnya Pak Kusrin :D

Reply
avatar
Susindra
AUTHOR
7 Februari 2016 01.28 delete

Usianya baru 36 tahun? LUAR BIASA!
Di usia sekian sudah mengalami jatuh bangun dan bisa menemui Presiden RI, serta karyanya diapresiasi.... ikut senang membacanya, Vi

Reply
avatar
Anne Adzkia
AUTHOR
7 Februari 2016 01.34 delete

Waah seoga Pak Kusrin makin sukses dan kita bisa mengikuti jejaknya nggak mudah patah semangat meski rintangan menghadang.

Reply
avatar
Deden Senjaya
AUTHOR
7 Februari 2016 01.37 delete

Keren emang pak kusrin, ngacungin banyak jempol lah buat beliau yang pendidikannya ga tinggi tapi kreatifitasnya ga terbatas. Semoga makin banyak lagi kreatifitas-kreatifitas yang muncul di indonesia. :D

Reply
avatar
7 Februari 2016 01.48 delete

Wah. Aku belum liat iklan kuku bima versi Kusrin, mungkin karena jarang nonton TV *minta ditimpuk TV gratisan. Haha

Reply
avatar
Ani Berta
AUTHOR
7 Februari 2016 15.42 delete

Segala keterbatasannya tak membuat Kusrin gentar. Hebat pokoknya!
Acara ini banyak inspirasi banget :D

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.18 delete

Alhamdulillah. Semoga banyak Kusrin-Kusrin lain ya, Mbak :)

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.19 delete

Iya Mbak, saya juga senang ketemu Kusrin. Makin banyak orang sukses di usia muda ya :)

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.19 delete

Aamiin. Saya doakan Mbak sukses :)

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.20 delete

Iya aamiin. Ayo berkreativitas :)

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.20 delete

Hahaha dasar Teteh ini :)

Reply
avatar
8 Februari 2016 22.21 delete

Iya Teh, inspirasional banget Kusrin dan acara ini :)

Reply
avatar
Kanianingsih
AUTHOR
9 Februari 2016 03.01 delete

Pernah liat pa Kusrin di Hitam Putih, hebat ya padahal pendidikan formal
Cuma sampai SD tapi bisa menciptakan laangan kerja dan membuat produk murah utk masyarakat

Reply
avatar
Agung Rangga
AUTHOR
9 Februari 2016 04.29 delete

wah, keren banget bapak Kusrin ini. semoga beliau bisa menginspirasi para generasi muda ya mbak. :D

Reply
avatar
Vita Masli
AUTHOR
9 Februari 2016 18.17 delete

Mudah-mudahan bisa sukses jadi Indonesia gak cuma jadi pasar penjualan tapi juga bisa memasarkan produksinya ke pasar luar. Malu ah sama Korea Selatan. Umur sama tapi teknologi jauh beda.

Reply
avatar
Yoekaa
AUTHOR
9 Februari 2016 20.37 delete

Dapat pencerahan yang banyak dari pak Kusrin ini... Subhanalloh...

Reply
avatar
9 Februari 2016 22.30 delete

Iya Kusrin bisa mengatasi kekurangan pendidikannya dengan kreativitas :)

Reply
avatar
9 Februari 2016 22.31 delete

Iya aamiin. Ayok kita semangat juga :)

Reply
avatar
9 Februari 2016 22.32 delete

Betul, semoga produk Indonesia bisa jadi primadona di negeri sendiri :)

Reply
avatar
9 Februari 2016 22.32 delete

Alhamdulillah Mbak, semoga ketularan semangatnya :)

Reply
avatar
Aprie
AUTHOR
10 Februari 2016 01.08 delete

Alhamdulillah kreativitas kusrin diapresiasi, ya. Haru bacanya. :')

Reply
avatar
Retno Andini
AUTHOR
10 Februari 2016 01.16 delete

Salut untuk Pak Kusrin. Ternyata selain menjadi terkenal, menjadi bermanfaat bagi lingkungan itu lebih utama ya :D

Reply
avatar
Ririe Khayan
AUTHOR
10 Februari 2016 17.08 delete

mantap gudibeg yg diberikan Pak Kusrin ya? Semoga meninspirasi brand-brand lainnya, terutama yg sdh branded utk ngasih gudibeg seperti Pak Kusrin gettu. Aamiin *ngarep*

Reply
avatar
Lusi
AUTHOR
12 Februari 2016 04.34 delete

Baru dengar nama Kusrin. Bagus juga iklan dengan versi orang2 yg menginspirasi begini

Reply
avatar
Eksapedia
AUTHOR
12 Februari 2016 14.02 delete

paling suka lihat / baca kisah perjuangan seseorang. Meskipun banyak aral dan rintangan tapi tetap di terjang..
Semoga banyak diantara masyarakat kita yang seperti pak kusrin :D

Reply
avatar
Jarwadi
AUTHOR
16 Februari 2016 19.17 delete

kusrin ini akan menjadi penerus mbah marajin dengan rosa rosanya yang heroik dan legendaris, :)

salam mbak evi :)

Reply
avatar
Lidya Fitrian
AUTHOR
17 Februari 2016 22.38 delete

wah rezeki banget ya mbak dapet TV, selamat

Reply
avatar
23 November 2016 06.44 delete

Iya Mbak, sebaik-baiknya manusa adalah yang bermanfaat bagi sesamanya :)

Reply
avatar
23 November 2016 06.45 delete

Ahahaha fokus sama goodie bagnya :D

Reply
avatar
23 November 2016 06.47 delete

Iya Mbak iklan kayak gini menginspirasi :)

Reply
avatar
23 November 2016 06.48 delete

Aamiin. Pasti banyak kok, cuma belum kepopulerkan :)

Reply
avatar
23 November 2016 06.49 delete

Iya alhamdulillah Mbak :)

Reply
avatar