Seri Novel Dunia: The Heart Is A Lonely Hunter Karya Carson McCullers

Seri Novel Dunia: The Heart Is A Lonely Hunter Karya Carson McCullers
Seri Novel Dunia: The Heart Is A Lonely Hunter Karya Carson McCullers

Seri novel dunia yang saya bahas kali ini adalah novel The Heart is a Lonely Hunter karya Carson McCullers, seorang novelis, penyair, dan esais perempuan terkemuka. Dan ya, seperti biasa masuk ke dalam jajaran book wish list saya tahun 2016. Seperti apakah cerita novel tersebut dan bagaimana kisah hidup penulisnya?


Biografi Singkat Carson McCullers

Seri Novel Dunia: The Heart Is A Lonely Hunter Karya Carson McCullers
Carson McCullers

Carson McCullers adalah putri seorang pemilik toko perhiasan yang lahir pada 19 Februari 1917 di Columbus, Georgia. McCullers pada awalnya bercita-cita untuk menjadi seorang musisi dan mulai mengambil pelajaran piano pada usia 10 tahun. Tapi ia selalu sakit-sakitan karena serangan demam rematik. Bakat menulisnya juga tumbuh saat periode tersebut.  Meskipun demikian, pada tahun 1934 ia berangkat ke New York City dan belajar di sekolah musik terkenal, di Julliard School Of Music.

Setelah di New York, McCuller meninggalkan dunia musik lalu memilih karir menjadi penulis sastra. Ia merasa ada gairah saat menulis novel maupun puisi. Tidak jelas, apakah ia benar-benar berniat menjadi musisi di Julliard School atau hanya menggunakannya untuk meluluskan rencana menjadi seorang penyair di New York. Kemudian ia mengambil kelas menulis kreatif di Columbia University dan New York University didampingi oleh para penulis seperti Texas Dorothy Scarborough dan dengan Sylvia Chatfield Bates. Disamping itu ia juga bekerja secara serabutan. Pada tahun 1936, saat berusia 19 tahun, ia menerbitkan karya pertamanya Wunderkind, sepotong otobiografi tentang Bates yang ia kagumi. Diterbitkan dalam Story Magazine.

Ia juga harus membagi waktunya antara Columbus dan New York untuk studi. Pada September 1937 ia menikah dengan seorang mantan tentara dan penulis, Reeves McCullers. Keduanya pencemburu dan peminum berat. Mereka mulai kehidupan pernikahan mereka di Charlotte, North Carolina. Pada tahun 1938, ia bertemu dengan Maxim Lieber, agen sastranya.

Pada tahun 1941, Carson dan Reeves McCullers bercerai. Setelah berpisah dari Reeves ia pindah ke New York untuk hidup dengan George Davis, editor Harper Bazaar. Dia menjadi anggota House February, sebuah komunitas seni berpengaruh di Brooklyn.  Di antara teman-temannya kala itu, adalah penyair terkenal W. H. Auden, Benjamin Britten, Gypsy Rose Lee, penulis Paul Bowles, dan Jane Bowles. Setelah Perang Dunia II, McCullers sering menetap dan tinggal di Paris. Ia juga berteman dekat selama bertahun-tahun dengan Truman Capote dan Tennessee Williams.

Pada tahun yang sama, Carson McCullers bergulat dengan beberapa masalah kesehatan yang bertambah buruk. Tapi ia juga membuat kunjungan pertamanya ke komunitas seniman Yaddo di Upstate New York, dimana ia mulai melakukan pekerjaan utama, menulis The Ballad of Café Sad kemudian pertama kali diterbitkan oleh  Harper Bazaar pada tahun 1943. Dalam cerita ini, McCullers menulis tentang cinta segitiga di sebuah kota kecil di Selatan, dan beberapa orang menganggap  The Ballad of Café Sad menjadi salah satu karya terbaiknya.

Pada tahun 1945, Carson dan Reeves McCullers menikah lagi. Tiga tahun kemudian saat tertekan
karena permasalahan berat, ia mencoba bunuh diri. Ia semakin menjadi sosok yang sedih dan muram karena kesehatannya memburuk yang mengarah ke usaha bunuh diri pada tahun 1948. Ia memulihkan jiwanya secara fisik dan emosional dari kejadian tersebut dengan menghabiskan banyak waktu dengan Tennessee Williams, seorang teman dekatnya yang juga seorang penulis terkenal. Kemudian Pada tahun 1953, sang suami Reeves mencoba untuk meyakinkan Carson untuk bunuh diri dengannya, tapi ia melarikan diri dan Reeves bunuh diri sendirian di Hotel Paris karena overdosis pil tidur.

Novel terakhirnya, berjudul Clock Without Hands diterbitkan pada tahun 1961 untuk kepentingan komersial. Tahun berikutnya, McCullers menjalani operasi untuk menghilangkan payudaranya karena penyakit kanker. McCullers sangat menderita sepanjang hidupnya dari beberapa penyakit yang ia rasakan dan kecanduan alkoholik selama bertahun-tahun. Dia juga memiliki demam rematik yang ia derita pada usia 15 tahun dan menderita stroke yang sudah ia rasakan pada masa mudanya. Pada usia 31 tahun sisi kiri tubuhnya sepenuhnya lumpuh. Dia tinggal selama dua puluh tahun terakhir hidupnya di Nyack, New York, dimana dia meninggal pada 29 September 1967, pada usia 50 tahun setelah pendarahan otak, setelah sempat koma selama 46 hari. Carson McCullers dimakamkan di Oak Hill Cemetery.

Tak lama setelah kematiannya, novelnya yang berjudul Reflections in a Golden Eye dibuat dan dirilis menjadi sebuah film yang  dibintangi oleh aktor terkenal Marlon Brando dan Elizabeth Taylor. Tahun berikutnya, The Heart is a Lonely Hunter (1968) muncul di layar lebar dan masuk nominasi Academy Award untuk dua bintangnya yaitu Alan Arkin dan Sondra Locke. Oprah Winfrey memilih novel McCullers ini, The Heart is a Lonely Hunter untuk klub buku populer pada tahun 2004. Membuat penjualannya semakin melonjak. Setelah 60 tahun kemudian, semenjak diterbitkan pertama kalinya, novel McCullers tersebut masih berbicara kepada para pembacanya sampai saat ini.

Cerita Novel The Heart is a Lonely Hunter
Pada tahun 1940, pada usia 23 tahun, McCuller  menulis dengan gaya tradisi Gothic atau mungkin dalam gaya tradisi realis. McCullers menyelesaikan novel pertamanya, berjudul, The Heart is a Lonely Hunter. Judul ini disarankan oleh Editor McCullers, diambil dari sebuah puisi penyair Fiona MacLeod yaitu "The Lonely Hunter". Novel itu mengemukakan pesan antifasis. Novel pertamanya, The Heart is a Lonely Hunter, mencoba mengeksplorasi isolasi spiritual dari orang-orang aneh dan orang-orang buangan di sebuah kota kecil negara bagian Georgia. Tentang seorang yang tuli bernama John Singer yang tidak bisa berbicara, dan tentang orang-orang yang ia temui di sebuah pabrik di negara bagian Georgia.

Novel ini dimulai dengan berfokus pada hubungan antara dua teman dekat, John Singer dan Spiros Antonopoulos. Keduanya digambarkan sebagai tuli-bisu yang telah hidup bersama selama beberapa tahun. Antonopoulos menjadi sakit mental, bertingkah aneh, dan meskipun ada intervensi dari Singer, akhirnya ia dimasukkan ke sebuah rumah sakit jiwa. Lalu Singer bertemu dengan kehidupan-kehidupan baru.

Sisa dari cerita berpusat pada perjuangan empat kenalan dari John Singer: Mick Kelly, seorang gadis tomboy yang mencintai musik dan impiannya untuk membeli piano, Jake Blount, agitator buruh yang menyukai alkohol, Biff Brannon, pemilik dari sebuah restoran dan Dr. Benedict Mady Copeland, seorang dokter yang idealis

Novel tersebut menciptakan sensasi sastra di Amerika, meroket ke puncak daftar buku terlaris pada tahun 1940. Pada tahun 1940, McCullers menerima sejumlah besar pujian kritis dan sukses secara komersial dengan novel pertamanya itu. Membuat namanya melambung sebagai sastrawan penting perempuan di Amerika.

karya McCullers mewakili suara-suara minoritas untuk mereka yang ditolak, dilupakan, dianiaya atau tertindas. Modern Library memasukan The Heart is a Lonely Hunter sebagai peringkat ke-17 pada daftar 100 novel berbahasa Inggris terbaik abad ke-20. Majalah Time juga memasukan novel The Heart is a Lonely Hunter kedalam 100 Terbaik Novel berbahasa Inggris dari tahun 1923 hingga 2005.

Sumber referensi dan gambar:
www.biography.com
wikipedia.org
www. sparknotes.com
www.modernlibrary.com
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment