Seri Novel Dunia: Tender Is The Night Karya F. Scott Fitzgerald

Seri Novel Dunia: Tender is the Night karya F. Scott Fitzgerald
Seri Novel Dunia: Tender is the Night karya F. Scott Fitzgerald

Seri novel dunia yang saya bahas kali ini adalah novel Tender is the Night karya F. Scott Fitzgerald. Dan ya, seperti biasa masuk ke dalam jajaran book wish list saya tahun 2016. Seperti apakah cerita novel tersebut dan bagaimana kisah hidup penulisnya?


Biografi Singkat F. Scott Fitzgerald

F. Scott Fitzgerald
F. Scott Fitzgerald

Francis Scott Key Fitzgerald  atau biasa disingkat F. Scott Fitzgerald adalah novelis dan penulis cerita pendek Amerika ternama. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu penulis Amerika terbesar abad ke-20. Fitzgerald dilahirkan di Saint Paul, Minnesota pada tanggal 24 September 1896  dan meninggal pada 21 Desember 1940Fitzgerald dianggap anggota dari "Lost Generation" dari tahun 1920-an.  Ayahnya adalah Edward Fitzgerald, asal Irlandia dan keturunan Inggris yang pindah ke St. Paul setelah Perang Saudara dan digambarkan sebagai "seorang pria tenang dengan sopan santun yang indah".  Ibunya adalah Mary "Molly" McQuillan Fitzgerald, putri seorang imigran Irlandia yang mendapat kekayaannya dari bisnis grosir.  

Scott Fitzgerald menghabiskan dekade pertama masa kecilnya di Buffalo, New York (1898-1901 dan 1903-1908) di mana ayahnya bekerja untuk Procter & Gamble. Orang tuanya, mengirim Fitzgerald ke dua sekolah Katolik di West Side of Buffalo. Tahun-tahun awal di Buffalo mengungkapkan, Fitzgerald menjadi anak yang cerdas, yang tidak biasa, jenius dengan minat awalnya tertarik dalam kesusastraan. Ibunya yang sangat menyayangi Fitzgerald memastikan bahwa anaknya memiliki semua keuntungan dari sebuah pendidikan kelas menengah atas.

Setelah lulus dari Sekolah Newman pada tahun 1913, Fitzgerald memutuskan untuk tinggal di New Jersey untuk melanjutkan bakat seninya di Princeton University. Dia sempat mencoba bergabung untuk tim sepak bola di perguruan tinggi. Kemudian Ia tegas mendedikasikan dirinya di Princeton untuk mengasah keahliannya sebagai sastrawan. Dia juga menjadi tokoh terkemuka dalam kehidupan sastra di universitas dan bersahabat dengan Edmund Wilson dan John Peale Bishop. Fitzgerald berjuang dalam hal akademis, walaupun ia akhirnya gagal juga  dari Princeton University.

Pada November tahun 1917, ia bergabung dengan tentara. Ditempatkan di Camp Sheridan (dekat Montgomery, Alabama). Di sana ia bertemu dengan Zelda Sayre, putri seorang hakim Mahkamah Agung Alabama. Fitzgerald sangat jatuh cinta dengan Zelda Sayre. Tapi di sisi lain Fitzgerald harus memperbaiki keadaan keuangannya yang suram, sebelum ia dan Zelda bisa menikah. Pada kesempatan pertama, ia berangkat ke New York, bertekad untuk membuat peruntungan di kota besar itu.  Fitzgerald terpaksa mengambil pekerjaan iklan kasar dengan gaji 90 dollar per bulan. Zelda memutuskan pertunangan mereka dan Fitzgerald akhirnya kembal ke St. Paul, Minnesota. Di sana, ia menulis ulang novel yang sempat ia mulai di Princeton. Pada musim semi tahun 1920 novel berjudul Side of Paradise, diterbitkan.

Novel Side of Paradise adalah semacam wahyu inspirasi untuk zaman Fitzgerald dan itu membuat ia terkenal. Seiring dengan kekayaan barunya dan ketenarannya sebagai penulis papan atas Amerika, Fitzgerald akhirnya bisa menikahi Zelda, perempuan yang sangat ia cintai saat di Alabama.

Pada tahun 1920 terbukti dekade paling berpengaruh dalam pembangunan pribadi sastra Fitzgerald. Fitzgerald melakukan beberapa kunjungan ke Eropa, sebagian besar ke Paris dan Riviera. Dan menjadi sahabat dengan banyak anggota komunitas ekspatriat Amerika di Paris, terutama dengan penulis besar lainnya, seperti Ernest Hemingway. Persahabatan Fitzgerald dengan Hemingway cukup kuat. Seperti kebanyakan penulis profesional pada saat itu, Fitzgerald menambah penghasilannya dengan menulis cerita pendek untuk majalah seperti The Saturday Evening Post, Collier Weekly, dan Esquire untuk selanjutnya dijual pada studio-studio di Hollywood.

Fitzgerald mulai mengerjakan novel keempatnya selama akhir 1920-an tetapi teralihkan oleh kesulitan keuangan yang mengharuskannya Fitzgerald menulis cerita pendek komersil dan ditambah lagi dengan beban persoalan penyakit skizofrenia yang melanda istrinya, Zelda, pada tahun 1930. Kesehatan emosionalnya tetap rapuh selama sisa hidupnya. Pada bulan Februari 1932, ia dirawat di rumah sakit di Klinik Phipps di Johns Hopkins di Baltimore, Maryland. Selama waktu tersebut, Fitzgerald menyewa "La Paix" flat di pinggiran Towson, Maryland, untuk mengerjakan buku terbarunya. Meskipun gairah Fitzgerald terletak pada menulis novel, hanya novel pertamanya yang dijual cukup baik dan sukses dalam mendukung gaya hidup mewah Fizgerald dan Zelda karena mengadopsi kehidupan para selebriti  New York. Novel The Great Gatsby, sekarang dianggap masterpiece-nya, tidak menjadi populer sampai setelah kematian Fitzgerald.  Karena gaya hidupnya yang mewah, serta tagihan uang terus menerus dari perawatan medis Zelda, Fitzgerald benar-benar mengalami kesulitan keuangan. Fitzgerald sering meminjam uang dari agen sastranya, Harold Ober dan editornya di Scribner, Maxwell Perkins. Ketika Ober memutuskan untuk tidak melanjutkan membantu meminjamkan uang untuk Fitzgerald, ia memutuskan hubungan dengan agennya tersebut. Fitzgerald sempat menawarkan upeti baik hati dan meminta maaf dengan memberikan cerita pendeknya " Financing Finnegan".

Walaupun kehidupan Fitzgerald penuh gejolak, suram, gelap, tekanan dan ditambah lagi dengan kecanduannya yang cukup berat pada minuman alkohol, dan perselingkuhannya dengan beberapa perempuan. Hal tersebut tidak menyurutkan Fitzgerald untuk menulis karya-karya terbaiknya yang kelak akan dikenang sepanjang masa. Salah satu novelnya yang ditulis pada periode-periode kegelisahan itu adalah, novel keempatnya yang  berjudul Tender Is The Night, novel yang pertama kali dipublikasikan oleh Scribner's Magazine pada bulan Januari dan April tahun 1934, judul novel tersebut terilhami dari puisi  "Ode To A Nightingale” karya penyair besar abad romantik, John Keats.

Cerita Novel Tender is the Night
Novel Tender is the Night, menceritakan tentang Dick Diver, psikiater muda yang berbakat, tampan, dan menawan yang menikahi perempuan rapuh, Nicole Warren, salah satu pasien di sebuah sanitorium Swiss. Hubungan mereka tersingkap hubungan mereka dan mengguncang karir Dick.

Dick dan Nicole Diver adalah pasangan glamor yang mempunyai villa di Perancis Selatan dan mengelilingi diri dengan lingkaran teman-teman elite, terutama Amerika. Di sana mereka bertemu Rosemary Hoyt, seorang bintang muda yang cantik, yang sedang berlibur dengan ibunya. Rosemary tersedot ke dalam lingkungan mereka dan dia menjadi tergila-gila dengan Dick Diver. Dick mulai membalas perasaan Rosemary untuk dia. Perselingkuhan pun tak bisa dielakkan. Semuanya berjalan baik sekali sampai cerita menjadi rumit ketika Jules Peterson, seorang pria kulit hitam, dibunuh dan berakhir di tempat tidur Rosemary, dalam situasi yang bisa menghancurkan karir Rosemary sebagai aktris muda bertalenta.

Cerita bergeser kembali pada waktunya untuk menghubungkan peristiwa yang mengarah ke pernikahan Dick dan Nicole. Dick adalah seorang sarjana Rhodes, dan kemudian pindah ke Wina untuk belajar psikologi klinis. Ia bertemu dengan Nicole Warren pada saat itu usianya 16 tahun yang sedang berobat kejiwaan dikarenakan adanya hubungan insest dengan ayahnya sebagai penyebab kerusakan mentalnya. Mereka berdua akhirnya jatuh cinta dan memilik dua anak. Dick menjadi dokter yang baik sekaligus suami yang bertanggung jawab dan sering berpergian ke Eropa.

Cerita tersebut mulai terurai. Dick melakukan perselingkuhan. Dick bertemu Rosemary di sebuah hotel, karena ia menjadi semakin tergila-gila dengan Rosemary yang kini menjadi bintang Hollywood yang sukses dan mewujudkan asmara mereka beberapa tahun sebelumnya. Setelah kejadian itu, Dick menyadari dunianya berantakan. Dia sering pergi keluar untuk pesta, berkelahi, dan berurusan dengan polisi. Dick terus minum alkohol, itu akan membahayakan posisinya di klinik dan diminta untuk meninggalkan pekerjaannya. Dick terus menerus kecanduan alkohol  dan banyak dari teman-teman lamanya menghinanya. Nicole pun memiliki affair dengan Tommy Barban dan meminta Dick untuk menceraikannya. Dick langsung setuju, ia menyadari bahwa Nicole akhirnya mengatasi kondisi psikologisnya. Dick kemudian menghilang ke Amerika, tidak pernah menetap. Novel ini diakhiri dengan Dick yang hanyut dalam kehidupan yang terus suram.

Keindahan novel Tender is the Night terletak pada bagian-bagian cerita secara keseluruhannya. Memiliki dialog atau beberapa baris deskripsi yang detail sekaligus suram, Fitzgerald bisa membangkitkan keseimbangan, kebahagiaan, kesedihan para tokoh-tokohnya. Novel Tender is the Night dianggap menjadi karyanya yang terbesar. Dan mendapat respon hangat pada rilis pertama buku itu diluncurkan dan kemudian hari terus dipuji, dibaca, dan diapresiasi selama bertahun-tahun. Secara luas dianggap sebagai salah karya terbaik Fitzgerald. Pada tahun 1998,  The Modern Library memasukan novel Tender is the Night di peringkat ke-28 pada daftar 100 novel terbaik berbahasa Inggris dari abad ke-20.

Sumber Referensi dan Gambar:
www.gradesaver.com
Wikipedia.org
www.independent.co.uk
www.SparkNotes.com
www.modernlibrary.com
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
30 Mei 2016 23.02 delete

di Indonesia sudah adakah penerbit yang menerjamahkan novel ini?

Reply
avatar
Pakde Cholik
AUTHOR
31 Mei 2016 05.13 delete

Lengkap banget ulasannya.
Saya nggak banyak koleksi novel dunia nich
Salam hangat dari Jombang

Reply
avatar