Monday, January 25, 2016

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat  

Impian manusia sejak dulu kala adalah menjadi cantik atau tampan dan tetap muda. Di zaman sekarang rasanya enggak mustahil lagi. Teknologi canggih seperti operasi plastik bisa mewujudkan, setidaknya mendekati impian manusia tersebut. Menjaga dan mencegah penuaan dini juga identik dengan produk kecantikan yang mahal. Namun ada cara yang lebih efektif dan efisien agar manusia tetap terlihat cantik atau tampan dan muda yaitu dengan pola hidup sehat. Begitu juga dengan mencegah dan mengobati jerawat.

Dalam beberapa sesi pertemuan saya dengan Dr. David dari DF Clinic, saya selalu disarankan untuk menjalankan pola hidup sehat yang dibagi kedalam tiga pola: pola istirahat, pola makan, dan pola olah raga.  Dr. David menegaskan bahwa menjaga dan mencegah penuaan dini juga mencegah dan mengobati jerawat enggak bisa hanya dengan obat luar, diatas semua itu, pola hidup sehat tetap menjadi kunci keberhasilan. Cara Dr. David mengedukasi saya membuat saya makin percaya pada perawatan di DF Clinic.


Pola Istirahat
Menurut Dr. David, tidur itu yang paling penting mencukupi jumlah kebutuhan dan timing-nya. Walaupun kamu tidur 8 jam sehari bukan artinya kamu bisa tidur jam 3 pagi sampai jam 12 siang. Karena hormon itu dibentuk dari jam 11 sampai 2 pagi dan dari jam 5 ke jam 8. Sebagian besar hormon itu siklusnya terbagi dua yaitu siklus malam dan siklus pagi. Golongan hormon metabolik itu ada di siklus pagi, golongan hormon antiinframasi ada di siklus pagi, sementara golongan hormon tidur, golongan hormon pertumbuhan itu ada di siklus malam. Jadi kalau siklus malam kamu ganggu, kamu akan kehilangan triger pertama hormon malam, dan kamu akan mengalami gangguan di-triger kedua hormon pagi. Makanya tidur biarpun 8jam, tetap sebaiknya dari jam 10 sampai jam 6.  

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Jam tidur sehat

“Tapi kalau hormon yang jam 5 sampai jam 8 saya nggak harus tidur?” tanya saya.

“Enggak tapi harus punya kualitas tidur sebelumnya,” jawab Dr. David, “karena hormon pagi terpicu bukan karena tidur tapi karena hormon sebelumnya.  Jadi kalau hormon malamnya timbul dengan normal otomatis hormon paginya juga akan normal.  Kalau hormon malam terganggu otomatis hormon pagi terganggu.”

Saya bercerita pada Dr. David kalau saya punya masalah dengan pola tidur. Kebiasaan bergadang telah mendarah daging, pola menulis pada malam hari, dan efek dari beberapa masalah yang sedang saya hadapi semakin memicu kekacauan jam tidur. Dr. David memberi saya solusi dengan meminta saya memaksakan diri (pada awalnya) untuk menghentikan segala aktivitas maksimal jam 11 malam. Selain itu, Dr. David memberi saya aromaterapi aroma fresh deep sleep.

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Siklus hormon manusia

Aroma Fresh Deep Sleep
DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Aroma fresh deep sleep

Aroma fresh deep sleep berupa essential oil pewangi yang membuat tubuh relaks dan tenang sehingga membantu proses tidur.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoles aromaterapi ini di bantal atau bisa juga teteskan ke aromatherapy burner, jangan lupa siapkan lilinnya ya.

Komposisi aroma fresh deep sleep: cedrus atlantica wood oil and extract, citrus reticulata peel oil, ocimum basilicum oil, cananga odorata floer oil.

Saya sangat terbantu dengan aroma fresh deep sleep ini, hanya dengan waktu kira-kira sepuluh menit, saya dapat tertidur pulas tanpa terbangun-bangun. Sehingga saya mendapat kualitas tidur yang baik.

Pola Olah Raga
Pola olah raga yang baik, cukup satu jam setiap hari. Apakah satu jam berupa bersih-bersih rumah, apakah satu jam berupa aerobic, pokoknya satu jam khusus untuk menggerakan otot. Bersih-bersih rumah merupakan pekerjaan ringan yang masih boleh dianggap olah raga. Kecuali bersih-bersihnya mengelap satu meja, itu enggak, tapi kalau bersih-bersih satu rumah itu termasuk olah raga. Atau betul-betul menyiapkan waktu buat olah raga. Jangan hitung jalan, karena jalan hanya setengah bagian, yang kita butuhkan adalah menggerakan otot secara keseluruhan.

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Olah raga

Kapan Sebaiknya Waktu Olah Raga?
Dr. David mengatakan nggak ada waktu khusus berolah raga, malam pun boleh. Yang pasti jangan olah raga sebelum tidur, sediakan waktu 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Jadi kalau tidur jam 10 malam, sekitar jam 7 malam sudah selesai olah raganya. Karena sehabis olah raga itu akan sangat segar. Kalau olah raga ditaruh di menjelang malam nanti malah susah tidur.

Pola Makan
DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Makanan sehat

Pola makan sehat dalam semua kasus enggak mengandung gula, enggak mengandung dairy atau olahan susu sapi, dan enggak mengandung tepung. Ini pola makan sehat yang Dr. David dan tim DF Clinic ambil dalam pola makan anti-aging dan aesthetic. Dua-duanya mengurangi kerut, mengurangi pigmen, dan memperpanjang usia harapan hidup. Usia harapan sehat. Hindari konsumsi susu, tepung, dan gula.

Kenapa harus menghindari konsumsi susu? Bukannya selama ini kita mengenal bahwa susu menyehatkan badan? Susu ternyata merangsang hormon androgen di kulit, terbatas hanya di kulit, jadi secara alamiah kalau kamu minum susu atau makan susu dalam bentuk apa pun itu seperti keju, yoghurt, kefir, dan segala macamnya, secara alamiah kulitmu akan menghasilkan minyak lebih banyak dan pori-porimu akan membesar.

Setelah berkonsultasi dengan Dr. David pada kali pertama, saya langsung mengurangi konsumsi susu. Hasilnya, pada saat haid, saya enggak merasakan sakit seperti biasanya. Kemudian saya menanyakan ini pada Dr. David kenapa bisa terjadi seperti itu?

Pada saat siklus haid kondisi hormonal perempuan dan laki-laki itu akan berbeda. Dalam perempuan itu terbagi menjadi dua jenis hormon, yaitu female hormon dan male hormon. Female hormon itu progesteron dan estrogen, male hormon itu testosteron. Di perempuan ada testosteron, jumlahnya sedikit tapi dominan estrogennya. Pada saat kamu haid, hormonalmu itu berubah yang asalnya estrogennya tinggi sekarang drop estrogennya. Jadi rasio estrogen berbanding testosteron mendadak berubah. Ada perempuan yang kulitnya memang agak berminyak karena secara alamiah dipengaruhi hormonal saja, begitu hormon estrogenmu mendadak berkurang karena kamu lagi haid, produksi minyak meningkat. Kalau menambahkan konsumsi susu didalamnya otomatis radang mudah terjadi karena pembentukan minyaknya jadi sangat berlebihan. Nah, makanya diminta berhenti makan susu. Kamu pasti akan merasakan perubahan signifikan terutama di menjelang haid. Rata-rata perempuan menjelang haid itu dorongan nafsu makannya naik karena untuk menggantikan darah yang terbuang jadi tubuh mencari nutrisi baru. Kalau nutrisi barunya ini enggak mengandung susu, ya haidnya baik-baik saja, lebih nggak sakit, lebih nyaman, kram lebih berkurang, dan jerawat juga lebih hilang.

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Menu makan siang Dr. David

Untuk mencegah penuaan dini dan mencegah jerawat cukup dengan menertibkan ketiga pola tersebut. Dan pasti makanan sehat. Sekali lagi dengan enggak konsumsi gula, tepung, dan susu. Kalau maunya kulit bagus, mulai dengan pembenahan dari dalam tubuh. Satu lagi minum air 8 gelas sehari atau bisa juga dengan memakai masker air.

Apakah Pola Seperti itu Berlaku untuk Semua Orang?
Hampir semua orang. Hanya keturunan genetik dari Swiss dan Belanda yang agak kebal dalam mengkonsumsi susu. Asia Tenggara enggak tahan.

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Hindari konsumsi susu, gula, dan tepung

“Kalau diganti susu kambing?” tanya saya.

“Enggak juga,” jawab Dr. David, “genetik Asia enggak tahan susu. Tapi genetik Asia tahan gandum dan nasi. Genetik Eropa nggak tahan nasi. Jadi yang alergi nasi di sana banyak. Di kita sedikit. Makanya makannya kentang, ya.”

Saya sendiri memiliki masalah pencernaan yang agak parah. Dr. David mengatakan bahwa alergi makanan saya telah menahun sehingga agak khusus penanganannya. Dr. David menyarankan agar saya menggunakan minyak kelapa jangan minyak sawit ketika memasak makanan. Diagnosis saya bukanlah alergi gorengan atau tepung tapi minyak dan mentega. Minyak masak makanan paling bagus itu hanya digunakan sehari, sebaiknya besoknya buang, ganti dengan yang baru.

Resep khusus untuk saya adalah mengonsumsi ketoconazole sebanyak satu tablet dan floragyn sebanyak dua tablet setiap malam. Ketoconazole adalah obat antijamur yang dapat mengobati kondisi alergi dalam perut. Sementara floragyn yang selama ini hanya diketahui untuk mengobati keputihan sebenarnya adalah probiotik yang dapat mencegah alergi agar enggak kambuh lagi.

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Floragyn

DF Clinic Diary: Tetap Muda dan Bebas Jerawat dengan Pola Hidup Sehat
Ketoconazole

Seandainya saya dan kamu mau mematuhi pola hidup sehat: pola makan, pola istirahat, dan pola olah raga, niscaya kita enggak perlu lagi berbagai obat atau kosmetik berlebihan. Kita hanya membutuhkan kosmetik atau obat perawatan sehari-hari saja. Namun, apakah setelah membaca artikel ini kamu dan saya mau disiplin mengaplikasikannya? Keputusan ada di tangan kita.

DF Clinic
Jalan Lemah Neundeut No. 10 Setra Sari - Bandung
Telp. 022-2010593
PIN BB: 2290FF6F
YM: DFClinic@DFClinic.com
Facebook: DF Clinic
Twitter: DF_clinic
Instagram: @DF_CLINIC
Website: www.dfclinic.com

Sumber gambar:
http://www.lovefood.com/images/content/body/istock_flour.jpg
http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/03038/dairyProducts_3038914b.jpg
http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/03046/sugar-bowl_3046243b.jpg
http://atlantabread.com/wp-content/uploads/2015/10/abc-healthyfood.jpg
http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02925/sleep_2925910b.jpg
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Aah, harus disiplin olahraga. Ini yang sulit.

    ReplyDelete
  2. Penting untuk menjaga pola hidup sehat dan teratur terutama bagi yg sudah berumur 30 tahun keatas agar tidak bermunculan penyakit.

    ReplyDelete
  3. wahhh keren banget ya mak, makaish ya info nya :D

    <a href="http://decorindoperkasa.com/agen-sajadah-karpet-masjid-murah-jakarta/>http://decorindoperkasa.com/agen-sajadah-karpet-masjid-murah-jakarta/</a>

    ReplyDelete