Untuk Rasi Kautsar

Untuk Rasi Kautsar

Rasi Kautsar
Rasi Kautsar - sumber

Dear Rasi Kautsar, putri kecilku.
Saat menulis surat ini, Mama Pi sedang memutar ulang rekaman suara yang kau kirimkan lewat Whatsapp. Rasi, suaramu yang parau itu menghangatkan malamku dan nenekmu. Kami mengisi ruang rindu dengan derai tawamu, lagu-lagu yang kau nyanyikan, dan keluguan senda guraumu.

Untuk Rasi Kautsar Rasi Kautsar - sumber Dear Rasi Kautsar, putri kecilku. Saat menulis surat ini, Mama Pi sedang memutar ulang...

Cinta Platonis

Cinta Platonis
: Andy Kurniawan

Cinta Platonis
Cinta Platonis - sumber

Assalamualaikum Wr. Wb.
Semoga surat ini sampai padamu pada pagi hari dengan secangkir kopi. Lalu anggap saja surat ini adalah uluran tangan saya. Halo Andy, salam kenal. Nama saya Evi, dan cukup panggil saja saya, V.  Saya suka suratmu yang berjudul “Kepada Putra Kecil Mantan Pacarku”. Membacanya seperti menikmati sebuah dongeng, cerpen, novel, sinetron, atau boleh saya sebutkan apa saja segala bentuk fiksi. Iya, isi suratmu sering saya temui pada cerita khayalan, dan membacanya seharusnya menimbulkan rasa yang biasa.

Cinta Platonis : Andy Kurniawan Cinta Platonis - sumber Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga surat ini sampai padamu pada pagi har...

Doa

Doa
: Mama

mama
Mama

Dear Mama,
Biar kupandangi wajah teduhmu berlama-lama, wajah yang telah berkerut-kerut termakan usia. Ma, wajah lembutmu adalah wajah paling cantik yang bahkan tak satu bidadari pun dapat menyainginya.  Wajah itu pernah begitu marah ketika aku meninggalkan shalat lima waktu. Wajah itu pernah begitu sedih ketika aku lebih memilih membaca cerita dari pada Al-qur’an.

Doa : Mama Mama Dear Mama, Biar kupandangi wajah teduhmu berlama-lama, wajah yang telah berkerut-kerut termakan usia. Ma, wa...

Aa, Kakakku yang Kedua

Aa, Kakakku yang Kedua
: Kemas Alexander Sagita

Aa, Kakakku yang Kedua
Aa dan keluarga kecilnya

Dear Aa, kakakku yang kedua.
Halo A, boleh minta isiin pulsa Rp10.000 ke no HP Vie? Hahahaha bercanda, A. Ngapain pesan pulsa lewat surat, lewat SMS aja lebih cepat.

Aa-ku yang baik hati, yang sering dihutangin pulsa sama adik-adiknya ini, lagi apa? Pasti lagi jaga toko ya? A, kapan mau belajar internet? Katanya mau jualan pulsa lewat situs online?

Aa, Kakakku yang Kedua : Kemas Alexander Sagita Aa dan keluarga kecilnya Dear Aa, kakakku yang kedua. Halo A, boleh minta is...

Jejak-jejak

Jejak-jejak
: Chazky Hara


jejak-jejak bersama Chazky Hara
Sumber dari FB Chazky Hara


Ichaaaaa …!
Eviiiiiiii …!
*Lompat-lompat-peluk-peluk-kecup-kecup*

Pasti begitu kejadiannya kalau kita ketemu. Lalu kita akan heboh bertanya kabar masing-masing. Tak peduli ruang dan waktu, kita seperti kembali ke masa remaja dulu. Masa yang polos dan tanpa tendensi.

Jejak-jejak : Chazky Hara Sumber dari FB Chazky Hara Ichaaaaa …! Eviiiiiiii …! *Lompat-lompat-peluk-peluk-kecup-kecup* ...

Kakakku yang Tertua

Kakakku yang Tertua
: Kemas Iskandar Zulkarnaen

Kakakku yang tertua
Kakakku yang tertua

Dear Kakak Indra, Kakakku yang tertua. Kak, bagaimana rasanya jadi anak pertama? Banyak orang bilang, jadi anak pertama itu sulit. Kakak pertama apalagi laki-laki harus bisa menjadi panutan bagi adik-adiknya, harus bisa menggantikan sosok Ayah kelak.

Kak, aku merasa Kakak sudah berusaha keras menjadi apa yang diminta orang tua kita. Sejak kecil Kakak selalu berprestasi, mengondol juara kelas bahkan juara sekolah berkali-kali. Kakak juga pandai menulis dan memilih wanita. Seringkali aku diam-diam membaca cerpen-cerpen buatan Kakak. Kakak menjadi salah satu inspirasiku.

Kakakku yang Tertua : Kemas Iskandar Zulkarnaen Kakakku yang tertua Dear Kakak Indra, Kakakku yang tertua. Kak, bagaimana rasa...

Sahabat dan Rekan Kerja

Sahabat dan Rekan Kerja
: Lenny Mutiawati


Dear Lenny,
Apa kabar Len? Apa kabar Teh Liana dan Raya? Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu kalian rasakan.

Len, sudah lama ya kita tidak ngobrol sambil menyantap masakanmu yang emm … enak banget itu. Duh jadi kangen sama cake green tea dan bebek pedas gurih bikinanmu itu. Perutku mendadak lapar, padahal baru makan soto. Bagaimanapun masakanmu itu selalu menggugah selera. Lenny memang berbakat jadi chef!

Sahabat dan Rekan Kerja : Lenny Mutiawati Dear Lenny, Apa kabar Len? Apa kabar Teh Liana dan Raya? Semoga kesehatan dan kebaha...

Fase Menulis Surat Cinta

Fase Menulis Surat Cinta
: Mungare Mike

Fase Menulis Surat Cinta
Fase Menulis Surat Cinta - sumber

Dear Mike, tukang posku yang lucu.
Hai Mike lagi apa? Sebentar-sebentar, biar aku tebak, sebentar lagi kamu pasti ngangkut surat-surat cinta ya? Biasanya antara jam 5 sampai 7 kamu akan sibuk meng-RT surat-surat yang masuk hari ini.

Fase Menulis Surat Cinta : Mungare Mike Fase Menulis Surat Cinta - sumber Dear Mike, tukang posku yang lucu. Hai Mike lag...

Gathering #30HariMenulisSuratCinta

Gathering #30HariMenulisSuratCinta
: Pos Cinta

Gathering #30HariMenulisSuratCinta - sumber

Dear Bosse,
Yeay gathering #30HariMenulisSuratCinta diadain di Bandung lagi. Hip-hip-hore! *\^^/*

Bosse, ini tahun keempat saya ikutan event keren #30HariMenulisSuratCinta. Karena event nulis ini juga, saya bikin blog. Serius deh, Bosse, kalau enggak percaya cek aja blog saya *ngarep*. Postingan pertama itu surat cinta.

Gathering #30HariMenulisSuratCinta : Pos Cinta Gathering #30HariMenulisSuratCinta - sumber Dear Bosse, Yeay gathering #30Har...

Tak Ada Dua Raja Dalam Satu Negara

Perang Raja-raja
Perang Raja-raja - sumber

Nak, sambil menunggu kepulanganmu, sambil menghangatkan masakanku yang akan kita santap malam ini, kutulis sebuah surat. Surat untuk anakku yang telah bertumbuh menjadi pria dewasa.

Ibu hendak mendongeng tentang kerajaan-kerajaan di masa silam. Tentu kau pernah membacanya sekilas dalam buku pelajaran sejarah. Ibu tak kan menyebutkan nama kerajaan mana, biar kautebak saja.

Perang Raja-raja - sumber Nak, sambil menunggu kepulanganmu, sambil menghangatkan masakanku yang akan kita santap malam ini, kutulis...

Cinta Sebaiknya Buta

Cinta Sebaiknya Buta
: Elsiana Inda Putri Maharani
Dear Puput,
Apa kabar Put? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia.

Put, kapan pulang ke Bandung? Mari kita bersua sambil minum kopi. Ajak juga Lenny dan kawan-kawan. Kita bernostalgia tentang masa remaja, atau apa saja yang bisa kita bagi. Aku akan datang sendiri, jadi kita bisa bebas berekspresi.

Cinta Sebaiknya Buta : Elsiana Inda Putri Maharani Sumber Dear Puput, Apa kabar Put? Semoga dalam keadaan sehat dan ...

Karya yang Serius

Buku
Buku


Kepada yang terhormat para pembaca yang budiman.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat sebuah pertanyaan menohok lewat Twitter. Saat itu, saya nge-tweet bahwa saya sedang membaca novel Teenlit demi mendapatkan rasa untuk novel yang saya kerjakan.

“Teh, kapan mau nulis karya serius?”

Begitu kira-kira pertanyaannya. Sejenak saya ragu untuk membalas, maka saya endapkan jawabannya semalaman. Malam itu saya berpikir, apakah menulis novel Teenlit tidak dianggap karya yang serius?

Buku Kepada yang terhormat para pembaca yang budiman. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat sebuah pertanyaan menohok l...

Selamat Ulang Tahun, Mikrijem

Selamat Ulang Tahun, Mikrijem
: Mikrima Puspa Sari

Mikrima Puspa Sari
Mikrima Puspa Sari

Dear Mikrijem, selamat ulang tahun. Surat ini datang terlambat satu hari. Maafkan aku, tak mengirimimu kado istimewa, hanya sepucuk surat biasa. Bersama surat ini, kukirimkan pula sepaket doa, semoga kau dianugerahi panjang umur, kelancaran rejeki, kebahagiaan yang berlimpah, dan keberkahan.

Selamat Ulang Tahun, Mikrijem : Mikrima Puspa Sari Mikrima Puspa Sari Dear Mikrijem, selamat ulang tahun. Surat ini datang ter...

Sumur Ingatan

Sumur Ingatan
: Kiki Zakiyah

Gara, Kiki Zakiyah, dan Evi SR
Gara, Kiki, dan Evi

Dear Kikiwku,
Salam rinduku dari kota yang dipeluk gunung-gunung. Kota ini makin muda, bangunan dan taman riuh bertumbuh. Sudahkah kau menengoknya?

Kiw, kutulis surat ini tepat menghadap jembatan layang yang tak kita temui pada masa-masa remaja. Jembatan layang ini begitu panjang namun tak sepanjang ingatan. Pada satu titik, letaknya begitu dekat dengan bangunan tua, tempat kita menimba pengetahuan. Tempat awal mula perjumpaan. Kita yang belia, begitu sederhana, begitu gembira. Derap langkah kita menuju ruangan berpapan tulis hitam tanpa beban, tanpa keraguan.

Sumur Ingatan : Kiki Zakiyah Gara, Kiki, dan Evi Dear Kikiwku, Salam rinduku dari kota yang dipeluk gunung-gunung. Kota in...

Belahan Jiwa

Belahan Jiwa
: CH. Evaliana

CH. Evaliana
CH. Evaliana

Dear Evaliana, sang dewi hujan.
Biar kutebak, pasti kau sedang berjibaku dengan segala urusan tetek-bengek pernikahan. Tentu saja bukan pernikahanmu, pernikahan klienmu. Oh biar kutebak lagi, keningmu pasti sedang berkerut membaca paragrap awal ini.

Tenang saja Eva, aku bukan salah satu orang yang akan menghujanimu pertanyaan, “Kapan nyusul?” Aku juga tak akan bilang, “Semua akan indah pada waktunya.” Dua perkataan itu tentu sudah jutaan kali menghujam telingamu.

Belahan Jiwa : CH. Evaliana CH. Evaliana Dear Evaliana, sang dewi hujan. Biar kutebak, pasti kau sedang berjibaku dengan s...

Perempuan Bermata Besar

Perempuan Bermata Besar
: Ima Rochmawati

Perempuan bermata besar dan Lelaki pemetik gitar
Perempuan bermata besar dan Lelaki pemetik gitar ~ Sumber: FB Teh Ima Rochmawati

Dear perempuan bermata besar yang biasa kupanggil Teh Ima. Apa kabar Teteh? Dua kali kita sempat berjumpa di Jakarta, sayangnya belum ada kesempatan bercakap panjang.

Teh Ima, satu hal yang selalu melekat pada dirimu, matamu yang besar. Bahkan kau abadikan sebagai nama pena: Imatakubesar. Aku tak pernah bilang, kalau aku begitu mengagumi mata itu. Mata besar dengan kerlip-kerlip cahaya yang menyilaukan. Mata itu begitu besar, selebar harapan dan impian.

Perempuan Bermata Besar : Ima Rochmawati Perempuan bermata besar dan Lelaki pemetik gitar ~ Sumber: FB Teh Ima Rochmawati De...

Athaya, Apa Cita-citamu?

Athaya, Apa Cita-citamu?
: M. Athaya Kurniawan


Evi dan Athaya
Evi dan Athaya

Dear Adikku sayang, Athaya.
Hei, Kakak Athaya. Hmm… Kakakmu ini kok panggil kakak, ya? Jadi bingung. Aku panggil Athaya aja ya?

Semalam Kakak nonton marathon The Walking Dead season 1, jadi inget Athaya. Kakak udah punya loh lanjutan The Walking Dead season 5 episode terbaru. Mau? Sini-sini *melambai-lambaikan tangan*.

Athaya, sebenarnya Kakak nulis surat ini bukan mau ngasih spoiler kalau di episode terbaru The Walking Dead nanti ada yang …. *siap-siap digetok*. Oke, Kakak nulis surat ini sebenarnya penasaran dengan cita-citamu. Iya, Athaya, sekarang cita-citamu apa? Waktu kecil, Athaya punya cita-cita jadi polisi atau pembalap. Nah sekarang Athaya mau jadi apa?

Athaya, Apa Cita-citamu? : M. Athaya Kurniawan Evi dan Athaya Dear Adikku sayang, Athaya. Hei, Kakak Athaya. Hmm… Kakakmu in...

Sahabatku Seorang Petani

Deni Kurniadi

Sahabatku Seorang Petani
: Deni Kurniadi

Dear Deni,
Apa kabar Den? Kalimat pembuka ini bukan basa-basi, ini sungguh dari hati. Sudah setahun kita tak saling bertamu. Jadi wajar kan, kalau aku penasaran dengan kabarmu, Den? Den, apa saja kesibukanmu sekarang? Masih bercocok tanam?

Hari ini hujan lagi, Den, seperti hari-hari lain di bulan Februari. Paragraf kedua ini juga bukan basa-basi, seperti dua orang yang baru saja bertemu. Hujan bulan Februari selalu mengingatkanku padamu, pada hari ulang tahunmu. Tepat saat orang-orang merayakannya sebagai hari kasih sayang. Berapa umurmu tahun ini? Hahaha … aku hanya bercanda, tentu saja aku tahu, hanya segan menuliskannya di surat ini. Selamat ulang tahun, Den, kuucapkan itu lebih awal, biar tak ada seorang pun yang mendahuluiku. Semoga perut buncitmu kian buncit, karena kata orang, perut buncit lambang kemakmuran.

Deni Kurniadi Sahabatku Seorang Petani : Deni Kurniadi Dear Deni, Apa kabar Den? Kalimat pembuka ini bukan basa-basi, ini ...

Sahabat Setia

Evi dan Mira
Sahabat Setia
: Mira Dewi Kania


Dear Mirajem,
Kudengar kau sudah kembali ke ibu kota? Semoga Jakarta menjadi lebih ramah dari biasanya.

Mirajem, aku masih punya hutang janji padamu, minum kopi di kedai kesukaan kita. Kedai berpintu biru dengan sajian minuman yang legit dan nikmat. Aromanya mengantarkan kita pada perbincangan hangat seputar rumah tangga.

Evi dan Mira Sahabat Setia : Mira Dewi Kania Dear Mirajem, Kudengar kau sudah kembali ke ibu kota? Semoga Jakarta menja...

Karma Tak Pernah Salah Alamat

Credit

Karma Tak Pernah Salah Alamat
: Shita Kancana Larasati

Dear Tata,
Tak perlulah aku berbasa-basi menanyakan kabar, toh kita masih sering berkomunikasi. Surat ini hanya berisi pikiranku saja yang kerap kali kau resapi.

Credit Karma Tak Pernah Salah Alamat : Shita Kancana Larasati Dear Tata, Tak perlulah aku berbasa-basi menanyakan kabar, t...

Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries Bagian 2

Mbak Shinta Ries sedang presentasi mengenai desain blog ~ Sumber foto Warung Blogger

Udah baca artikel pertama Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries? Udah dong. Yuk, sekarang kita bahas tentang tips mendesain blog dari Mbak Shinta Ries.


Prinsip Desain Blog
Ada lima prinsip desain blog. Pertama, lisensi. Lisensi terdiri dari Free Personal Use, Free Commercial Use, Commercial License, Creative Commons, Standard License, dan Extended License. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Mbak Shinta Ries sedang presentasi mengenai desain blog ~ Sumber foto Warung Blogger Udah baca artikel pertama  Konten Kreatif dan...

Konten Kreatif dan Desain Blog Ala Shinta Ries Bagian 1


Mbak Shinta Ries sedang presentasi konten kreatif ~ Sumber foto Warung Blogger

Blogmu sudah dikunjungi berapa orang? Artikelmu sudah dibaca berapa orang? Kamu nulis pasti dengan niat berbagi, kan? Penginnya tulisanmu bermanfaat buat orang lain. Gimana sih biar tulisan di blog kamu lebih menarik? Poinnya, konten blogmu mesti kreatif. Saya mau bagi-bagi ilmu, oleh-oleh dari KOPI SUSU Warung Blogger tempo hari. Materi di bawah ini adalah presentasi dari Mbak Shinta Ries yang saya sarikan dan tambah-tambahkan.

Mbak Shinta Ries sedang presentasi konten kreatif ~ Sumber foto Warung Blogger Blogmu sudah dikunjungi berapa orang? Artikelmu su...

Memendam Dendam

Credit

Nak, kembali kualamatkan surat ini padamu. Pada waktu yang entah, surat ini akan sampai. Semoga saat itu, aku ada di sampingmu, sedang mencukur habis kumismu yang tumbuh tak beraturan atau sedang merapikan dasimu yang miring ke samping.

Nak, usiamu kini menjelang dewasa, kau telah menemukan beragam wanita. Ada yang membuatmu muak, ada yang membuatmu jatuh cinta. Ada yang menyakiti, ada yang mengayomi. Ada yang ingin kau jauhi, ada yang ingin kau miliki. Kau pikir mereka adalah makhluk paling rumit dan tak praktis. Jangan apatis, Nak, semua wanita sama saja. Mereka hanya ingin dimanja dan dipuja, seolah mereka adalah bidadari surga. Jadikanlah dadamu sebagai sarang yang aman serta nyaman.

Credit Nak, kembali kualamatkan surat ini padamu. Pada waktu yang entah, surat ini akan sampai. Semoga saat itu, aku ada di samping...

Menuju Puncak

Besti Rahulasmoro bersama lukisannya - diambil dari Facebook Besti R.


Menuju Puncak
: Teh Besti Rahulasmoro

Selamat sore Teteh,
Mari kita menyeruput kopi dan menikmati langit dari balik tirai kamar kerjamu. Perbincangan kita subuh itu belum usai. Berbincang mengenai perjalanan menuju puncak impian.

Kau dengan pulpen dan kanvas di tanganmu, aku dengan pensil, kertas, dan laptop di tanganku. Telah banyak waktu yang kita habiskan bersama, kau melukis, aku menulis. Dalam jeda kontemplasi, kita sering berandai-andai, kemanakah karya akan membawa kita?

Besti Rahulasmoro bersama lukisannya - diambil dari Facebook Besti R. Menuju Puncak : Teh Besti Rahulasmoro Selamat sore Tet...

Hanya Satu Pertemuan

Credit

Selamat sore, El-Carronte.

Saat ini mataku sedang terpejam membayangkan sosokmu yang telah lama hilang. Rambutmu yang keriting dan panjang. Alismu yang tebal dan tajam. Tubuhmu yang kurus namun tetap terlihat jantan. Juga bibirmu yang manis dan hitam. Lalu … ah, aku tak ingat benar.

Credit Selamat sore, El-Carronte. Saat ini mataku sedang terpejam membayangkan sosokmu yang telah lama hilang. Rambutmu yang keri...

KOPI SUSU Warung Blogger Bagian 2

Melanjutkan tulisan KOPI SUSU WB Bagian 1.

Panitia dan pihak sponsor KOPI SUSU WB

Sesi Materi Creative Content & Blog Design
Selain ketemuan sesama blogger, KOPI SUSU WB juga mau bagi-bagi ilmu. Nggak tanggung-tanggung, dua pemateri pun dihadirkan. Siapa mereka? Pertama, Mbak Shinta Ries, seorang blogger yang udah malang melintang di dunia blog sebagai blog trainer dan web desainer. Materi yang dikasih Mbak Shinta Ries seputar penulisan kreatif dan desain blog. Buat peserta yang berani nanya, dapat hadiah. Asyik! Materinya akan saya bahas di artikel terpisah.

Melanjutkan tulisan KOPI SUSU WB Bagian 1 . Panitia dan pihak sponsor KOPI SUSU WB Sesi Materi Creative Content & Blog Desig...

Tuan Penyair

Credit

Apa kabar Tuan Penyair?
Mungkin saat ini kau sedang mengelus perut istrimu yang tengah hamil tua, mengajak jabang bayi berbicara, atau membacakan puisi-puisi cinta?

Oh, aku hampir lupa, selamat atas pernikahanmu. Walaupun aku tak kau undang, tak jadi masalah, aku pun pasti akan melewatkannya. Bukan, bukan karena cemburu. Kau jangan salah paham. Sungguh aku tak merasa bahagia maupun terluka. Rasamu dan rasaku telah terkulum gemuruh ombak suatu malam.

Credit Apa kabar Tuan Penyair? Mungkin saat ini kau sedang mengelus perut istrimu yang tengah hamil tua, mengajak jabang bayi...

Sepasang Tua

Evi bersama Papa dan Mama

Surat ini kutulis untukmu, anakku yang belum kukandung. Kelak ketika kamu telah pandai merangkai huruf, akan kubacakan dengan lirih surat cinta tentang sepasang tua.

Nak, tentu kamu bertanya-tanya, siapa sepasang tua itu? Salah satunya adalah perempuan yang bukan dari rahimnya aku lahir namun mencintaiku seperti putrinya sendiri. Dan seorang lelaki yang bukan dari darahnya aku hadir ke dunia tapi menyayangiku seperti anak kandungnya. Mereka adalah sepasang tua yang saling mencintai. Hidup mereka jauh di desa, di mana sungai masih mengalir dengan jernih, di mana para petani masih rela mencangkul di sawah.

Evi bersama Papa dan Mama Surat ini kutulis untukmu, anakku yang belum kukandung. Kelak ketika kamu telah pandai merangkai huruf, ak...

KOPI SUSU Warung Blogger Bagian 1

Roll banner KOPI SUSU WB

Komunitas dunia maya tanpa kopdar itu rasanya kayak masakan tanpa garam. Kurang lengkap. Makanya pertanyaan semodel, “Kapan ada kopdar?” sering banget terucap dari member Warung Blogger, sebuah komunitas sharing Blogger. Saya pernah membahas tentang komunitas Warung Blogger di sini.

Demi memenuhi kebutuhan member Warung Blogger yang biasa disebut Warga WB atau WBers ini, tanggal 24 Januari 2014 kemarin, Warung Blogger bikin kopdar pertamanya. Warung Blogger menggaet sponsor Interspace untuk kopdar perdana yang diberi nama KOPI SUSU WB Bareng Interspace. KOPI SUSU WB alias Kopdar Mini Suka-suka Warung Blogger ini mengundang 100 member yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Roll banner KOPI SUSU WB Komunitas dunia maya tanpa kopdar itu rasanya kayak masakan tanpa garam. Kurang lengkap. Makanya pertanyaan...

Keluarga Pedagang

Keluarga Pedagang
: Yunis Kartika

Evi, Teh Yunis, dan Eva

Dear Sista,
Apa kabarmu? Sungguh lucu ya, kita ini satu kota, rumah pun tidak terlalu jauh, tapi jarang bisa bertemu. Kesibukan kita telah menyumbat pertemuan.

Sista,
Bagaimana toko online-mu? Pastinya sudah banyak pelanggan ya. Akhirnya, Sista bisa menjalankan toko online juga ya. Ingat tidak, dulu kita bertiga, bersama Eva, membuat toko online juga? Waktu itu kita berjualan baju dan aksesoris. Awalnya begitu bersemangat. Setiap minggu pagi, sejak langit masih gelap, kita bergegas menuju lapak sebuah pasar. Sampai matahari tepat di ubun-ubun, baru kita pulang membawa hasil dagang yang tak seberapa. Mungkin hanya dua tiga potong pakaian yang berhasil dibeli konsumen. Putus asa, kita pun membeli baju-baju itu untuk kebutuhan pribadi. Tagihan dari produsen dan distributor berdatangan, keuntungan pun kurang untuk bayaran. Akhirnya, kita bekerja serabutan sana-sini demi menjaga kepercayaan mereka. Menyerah! Itulah yang kita lakukan.

Keluarga Pedagang : Yunis Kartika Evi, Teh Yunis, dan Eva Dear Sista, Apa kabarmu? Sungguh lucu ya, kita ini satu kota, ruma...