Serial TV Time Trax

Serial TV Time Trax
Serial TV Time Trax

Seandainya ada lowongan kerja buat petualang waktu, saya pasti nggak pakai mikir buat daftar. Tapi yang buka lowongan pasti langsung nolak juga mempekerjakan saya. Jadi petualang waktu ternyata banyak syaratnya. Lihat saja serial TV Time Trax ini. Ada standar IQ dan bla-bla-bla. Wajar saja sih, risikonya juga berat apalagi kalau harus memburu penjahat yang kabur ke masa lalu.


Time Trax adalah serial televisi AS dan Australia bergenre science fiction yang pertama kali tayang pada tahun 1993 selama dua musim. Serial ini berkisah tentang seorang petugas polisi yang dikirim ke masa lalu untuk mengejar kriminal  yang kabur dari masa depan.


Storyline
Pada tahun 2193 banyak pelaku kriminal yang menjadi buronan polisi mencoba kabur ke masa lalu, atau tepatnya 200 tahun ke belakang menggunakan mesin waktu yang disebut sebagai Trax. Darien Lambert (Dale Midkiff) seorang detektif polisi pada masa itu dikirim kembali ke tahun 1993 untuk memburu dan menangkap semua buronan yang lari. Ia dibantu oleh Specified Encapsuled Limitless Memory Archive atau SELMA (Elizabeth Alexander). SELMA adalah sebuah Komputer yang kecil namun sangat kuat bahkan dapat dikategorikan sekelas Mainframe. Dalam menjalani fungsinya untuk mendampingi Darien, SELMA disamarkan menjadi sebuah kartu kredit yang berkomunikasi menggunakan hologram seorang perempuan muda yang sopan.

Selain SELMA, Darien juga dilengkapi sebuah senjata khusus yang disebut MPPT (Micro – Pellet Projection Tube) alat ini disamarkan dengan bentuk sebuah remote alarm mobil tanpa kunci. Alat ini memiliki fungsi untuk membuat pingsan atau menggelilingi targetnya dengan medan energi agar lebih mudah dikembalikan ke masa depan. Proses kelanjutan mentransfernya sendiri dieksekusi oleh SELMA.

Dr. Mordecai Sahmbi (Peter Donat) merupakan sang antagonis, ialah yang bertanggung jawab atas larinya para tahanan ke tahun 1993 dan sudah beberapa kali mencoba untuk membunuh Darien. Dalam petualanganya di masa lalu, Darien sangat berhati-hati karena tindakan yang ia ambil bisa saja merusak waktu, walaupun tidak secara langsung merubah aliran sejarah. Ia secara rutin meninggalkan pesan untuk temannya di tahun 2193 atas tindakan yang telah ia lakukan. Namun serial Time Trax mengadopsi konsep waktu pararel sehingga setiap pejalan waktu kembali ke masa lalu alternatif dimana tindakannya tidak akan memberikan efek di masa depan (2193 atau masa sekarang).

Pengenalan Karakter
Darien Lambert adalah seorang detektif kepolisian dalam unit pengejaran buronan, ia ditinggalkan oleh orang tuanya di rumah yatim piatu Bradwell dan dibesarkan di Enclave I-6 middle city, sebuah daerah yang sebelumnya terkenal sebagai Chicago Land. Darien adalah nama yang dipilihnya sendiri berdasar pada nama seorang pahlawan Just War di tahun 2129 sedangkan Lambert diambil dari nama belakang perempuan yang mengandungnya. Sudah menjadi tradisi untuk memilih nama sendiri di sana. Darien sama sekali tidak mengenal ibunya, satu-satunya hal yang menghubungkannya hanyalah selembar foto.

Darien adalah anak yang sangat cerdas, ia memiliki IQ 204, kemampuan mengingat 1.2 halaman per detik. Tidak hanya itu saja, ia juga memiliki kemampuan atletis yang baik, dengan rekor lari 100m dalam 8.6 detik, dan lari 1 mil dalam 3 menit 38 detik. Darien sendiri dianalisis memiliki kesempatan hidup hingga 120 tahun, dan dalam pelatihan Beta Wave yang ia ikuti, ia mendapat kemampuan untuk memperlambat gambar visual di otaknya, atau yang disebut Time Stalling. Kemampuan ini hanya bisa didapatkan melalui usaha yang sangat keras.

Menurutnya kepatriotan adalah hal yang sudah kuno, namun dalam dirinya sendiri ia memiliki jiwa tersebut. Darien bisa dibilang adalah seorang yang penyendiri karena masa lalunya. Ia merasa dibuang oleh orang tuanya. Darien adalah orang yang hidup dengan kenangan di dalam kepalanya, namun ia memiliki perasaan terhadap kampung halamannya, sebuah negara yang dulunya disebut Amerika Serikat.

Darien merasa banyak kriminal yang dibiarkan lepas dari jeratan hukum, motivasi ini yang membawanya mengikuti pelatihan kepolisian di West Point Hudson. Sementara itu dr. Mordecai yang kelak akan menjadi oposisi Darien merupakan seorang jenius lulusan MIT, ia mendapatkan hadiah nobel fisika untuk teorinya atas teletransportation of particle mass. Bersama dengan Elyssa Channing Knox (Mia Sara) seorang anak jenius yang diterima MIT pada umur 9 tahun, mereka berdua akan membuat hidup Darien penuh petualangan.

Di West Point, Darien menjadi siswa terbaik di kelasnya. Ia mempelajari mosh t, sebuah seni bela diri barat yang sudah dikembangkan. Ia sendiri juga mulai belajar dan ahli dalam menggunakan senjata andalannya yang berupa remot kunci mobil itu loh yang merupakan senjata standar kepolisian. Setelah lulus, ia langsung menjadi detektif kelas junior yang menjadi tanda mulainya perjalan Darien di serial ini.

Selain menjadi partner Darien, SELMA juga merupakan penghubung Darien ke masa lalunya, walaupun SELMA hanyalah sebuah unit komputer, namun Darien merasa ia seperti orang yang nyata. SELMA memiliki basis data yang sangat besar di dalam dirinya. Pada akhir serial ini, SELMA menyatakan rasa bangganya terhadap Darien walaupun hal tersebut tidak terprogram di dalam system SELMA. SELMA juga dapat mengubah-ubah tampilan holographic-nya. Selain itu, SELMA juga memiliki kemampuan yang cukup praktis, seperti membuat pengecekan medis, melakukan panggilan telepon, atau melihat beragam data yang penting untuk penyelidikan.

Time Trax
Genre: Action, Adventure, Crime, Sci-Fi
Durasi: 45 menit
Tanggal Release: 20 Januari 1993
Season 1: 1993, 22 episode
Season 2: 1994, 22 episode
Creator: Harve Bennett, Jeffrey M. Hayes, Grant Rosenberg
Pemain: Dale Midkiff, Elizabeth Alexander, dan Peter Donat

Sumber Referensi:
Wikipedia
IMDb
Foto:
http://vignette3.wikia.nocookie.net/timetrax/images/f/f1/Trax.jpg/revision/latest?cb=20141107232432
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

9 comments:

  1. Wah bagus kyknya. Ditayangkan di channel mana mbak?

    ReplyDelete
  2. Film kaya gini saya suka
    moga ada film Indonesia yang terinspirasi

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuuun, saya SD iniii. Jd pengen nostalgia lagi yak, si ganteng Darien Lambert

    ReplyDelete
  4. Film kesukaan bokap nih

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  5. ya Tuhan, berasa muda lagi sumpah, aaaaaa

    salam
    riby

    ReplyDelete
  6. Dan aku merasa tuaaa, huuuu, mengapa waktu cepat berlalu? Mengapaaa? *drama*

    Salam,
    Rava.

    ReplyDelete