Serial TV Saved by the Bell

Serial TV Saved by the Bell

Seorang teman penyuka sitkom pernah berkata pada saya kalau sitkom luar negeri punya muatan yang padat kendati berbentuk komedi. Salah satu buktinya adalah serial TV Saved by the Bell. Serial ini mengajak saya tidak hanya untuk tertawa juga berpikir. Pesan-pesan sosial mudah masuk melalui jalur komedi.






Storyline
Saved by the Bell adalah serial situasi komedi AS yang tayang di NBC dari tahun 1989 hingga tahun 1993. Serial ini merupakan sebuah reboot dari serial yang sempat tayang di Disney Channel Good Morning, Miss Bliss. Serial ini mengisahkan tentang sekawanan teman dan hubungan pertemanan meraka.
Selain komedi, sisi yang diambil serial ini mencakup isu-isu sosial yang serius seperti penyalahgunaan obat-obatan, tunawisma, mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan (DUI), perceraian, kematian, hak perempuan, dan masalah-masalah lingkungan.

Berbeda dengan Good Morning, Miss Bliss, Saved by the Bell memiliki fokus kepada beberapa pelajar, dengan Zack Morris menjadi pimpinan karakter di serial ini. Tiga orang remaja dari serial aslinya, Gooselar, Diamond, dan Voorhies tetap ada pada serial ini dan memainkan peran yang sama. Namun setting yang dipakai dalam serial ini berpindah dari Indianapolis, Indiana ke sebuah sekolah fiktif Bayside High School di Palisade, Los Angeles, California.

Dua orang siswa yang tidak diikutkan dalam serial reboot ini diganti oleh tiga orang siswa yang baru. Sedangkan Kelly Kapowski dan Jesisie Spano dikenalkan sebagai teman lama dari tiga orang karakter dari serial aslinya.

Serial ini dengan cepat memiliki rating tinggi di setiap tayangnya pada minggu pagi. Dikarenakan meroketnya rating serial ini, karakternya sering melakukan road trip ke beberapa mall atau tempat-tempat umum di mana mereka berinteraksi dan memberikan tanda tangan. Serial ini juga memberikan kontribusi untuk mengubah NBC yang sebelumnya lebih banyak menayangkan serial kartun menjadi serial live action.

Pada musim akhir serial ini, NBC menayangkan episode tambahan, dengan merevisi kontrak para pemainya. Yang menghasilkan episode dengan karakter baru, Tori Scott (Leanna Creel) menggantikan posisi Thiesen dan Berkley. Episode akhir dari serial ini tayang pada bulan Mei 1993, episode yang menceritakan kelulusan para siswa.

Karakter Utama
Zack Morris (Mark-Paul Gosselaar) adalah seorang yang memiliki banyak siasat,menawan dan sering berkomunikasi dengan penonton. Setelah kata “time out” diucapnya, maka karakter lain akan membeku, dan disitu ia mulai berkomunikasi dengan penonton untuk membahas rencana yang akan ia lakukan, setelah selesai ia akan mengatakan “time in” dan keadaan kembali seperti semula.

Walaupun zack seorang playboy, gadis yang ia sukai adalah Kelly. Zack mendapat nilai SAT tertinggi di antara kelompoknya hingga ia berkesempatan untuk melanjutkan studi ke Yale, namun ia memilih Cal U bersama dengan Siaster, Screech, dan Kelly.

Kelly Kapowski (Tiffani – Amber Thiessen) adalah seorang cheerleader yang memiliki karakter All American Girl, ia menjadi kecengan Zack dan Slater pada musim pertama. Hal ini menciptakan cinta segitiga yang walaupun pada akhirnya, Zack menikahinya.

Kelly sebenernya bukan bagian dari intrik yang sering muncul dari chemistry kelompok ini, namun terkadang terjadi perdebatan di antara mereka yang melibatkan Kelly. Seperti anggapan Jessie mengenai cheerleader yang cenderung negatif, walaupun Jessie sendiri adalah seorang cheerleader.

Albert Cliffort Slater (Mario Lopez), ia memiliki kemampuan atletis, dan sebagai anak tentara ia juga cenderung terasing. Ia sering berpindah-pindah tempat tinggal termasuk ke luar negeri. Karir olah raganya di sekolah pun baik terutama dalam gulat dan American football walaupun dalam beberapa episode sempat diceritakan kalau ia juga banyak melakukan olah raga lain.

Jessie Spano (Elizabeth Berkley), seorang yang serba ingin tahu dan tahu banyak. Rasa penasaran sering menuntunya mengejar berbagai macam sebab, seperti masalah-masalah lingkungan. Sebagai presiden di kelasnya (KM), ia memiliki reputasi sebagai salah satu anak yang pandai. Setelah Slater beralih dari Kelly, Jessie menjadi kecengannya. Jessie merupakan karakter yang keras dalam pengejaran mimpinya, ia sempat bermasalah dengan obat-obatan yaitu pill caffeine ketika ia membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar demi mendapat predikat lulusan terbaik.

Samuel “Screech” Powers (Dustin Diamond) adalah seorang kutu buku yang sudah kenal lama dengan Zack. Sebagai ganti terhindar dari bully zack sering memintanya untuk mengerjakan PR dan mengikuti beragam siasat licik yang ia siapkan. Screech mendapat predikat lulusan terbaik di kelasnya, namun ia memberikannya kepada Jessie, karena ia merasa hal itu sangat dibutuhkannya. Menyadari hal ini, Jessie mengembalikannya predikat tersebut pada hari kelulusan. Cinta Screech kepada Lisa bertepuk sebelah tangan, namun ia memiliki pacar bernama Violet, yang tidak pernah dijelaskan bagaimana hubungan mereka berakhir.

Lisa Turtle (Lark Voorhies) adalah seorang yang up to date dan suka berbicara. Ia seorang ahli di bidang fashion dan ratu gosip di sekolah. Ia datang dari keluarga kaya, dimana ayah dan ibunya bekerja sebagai dokter bedah. Lisa memiliki cita-cita sebagai seorang fashion designer, yang ia mulai dengan studi lanjutanya di Fashion Institute of Technology. Walaupun Lisa tidak membalas cinta Screech, namun ia memiliki sedikit ketertarikan terhadapnya. Ia menjadi pasangan Screech pada prom night.

Richard Belding (Denise Haskins) adalah kepala sekolah dari Bayside High School, namun ia memiliki sifat yang santai dan fleksibel. Posisi Richard di dalam geng Zack hanya ada dua, antara menjadi lawan atau korban dari kejahilan mereka, atau menjadi tempat untuk dimintai tolong. Richard memiliki karakter yang unik dan sangat peduli dengan siswanya. Zack pun sedikit demi sedikit mulai menghormatinya sebagai sosok yang “dewasa” dan bertanggung jawab. Richard melanjutkan pekerjaannya menjadi seorang dekan di Universitas Tennessee di Chattanooga pada episode akhir serial ini.

Saved by the Bell
Genre: Komedi
Durasi: 30 menit
Tanggal Release: 20 Agustus 1989
Season 1: 1989, 16 episode
Season 2: 1990, 18 episode
Season 3: 1991, 26 episode
Season 4: 1992 - 1993, 26 episode
Creator: Sam Bobrick
Pemain: Mark-Paul Gosselaar, Mario Lopez, Dustin Diamond

Sumber Referensi:
Wikipedia
IMDb
Foto:
http://www.votehere.com/blog/wp-content/uploads/2014/08/saved-by-the-bell-then-and-now.jpg
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments:

  1. saya suka sitkom
    tapi blm pernah lihat serial ini hehehe
    salam sukses mnbak amin

    ReplyDelete