Cara Efektif Mengecilkan Perut

Cara efektif mengecilkan perut
Horor lihat timbangan - Sumber: rfclipart.com

Suka horor lihat timbangan nggak sih, abis hari raya? Kebayang udah makan puluhan piring berisi ketupat, opor, sayur daging, dan makanan bersantan yang kaya lemak itu. Gagal diet atau program food combaining saat hari raya memang udah biasa. Kunjungan ke rumah saudara atau reuni dengan para sahabat bikin kita nggak bisa nolak penganan yang disajikan. Rasanya nggak enak kalau nggak ikut makan.

Konsumsi berlebihan makanan berlemak bisa menimbulkan kegemukan atau obesitas. Menurut Wikipedia, kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa dapat menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup atau meningkatkan masalah kesehatan. Ngeri juga nih!


Jangan khawatir lagi soal naiknya berat badan pasca hari raya terutama kalau perutmu mendadak buncit. Cara efektif mengecilkan perut bisa dengan melakukan hal-hal berikut:

Pertama, campurkan perasan jerut nipis dengan air putih. Minumlah pada pagi hari sebelum kamu beraktivitas dan minum minuman jenis lain. Perasan jeruk nipis bisa meluruhkan lemak dalam tubuh dan enggak bikin kamu yang punya penyakit maag merasa sakit.

Kedua, makan buah-buahan sebelum kamu makan makanan lain. Serat dalam buah-buahan dapat melancarkan pencernaan. Makan buah-buahan sebelum makanan berat diyakini juga menghindarkanmu dari rasa kantuk. Suka ngerasain kan, abis makan, mata jadi berat?

Ketiga, lakukan olahraga perut secara teratur. Saya akan bahas jenis olahraganya di bawah.

Keempat, minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih dapat menetralisir racun dalam tubuh, termasuk lemak dan zat-zat lain yang berlebih yang enggak dibutuhkan oleh tubuh.

Kelima, istirahat secara teratur. Usahakan tidur selama delapan jam sehari pada malam hari karena saat itu tubuh mencerna dan mengurai makanan juga memroses zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Saat itu juga, tubuh mengeluarkan racun.

Sebenarnya, tips di atas sederhana, hanya membutuhkan komitmen dari kita untuk melakukannya secara teratur.

Untuk mengecilkan perut, berikut olahraga ringan namun merupakan cara efektif:

Pertama, sit up. Lakukan sit up selama lima belas menit. Kamu bisa mengambil jeda selama waktu tersebut. Atau kamu bisa melakukannya secara bertahap, mulai dari lima menit sampai lima belas menit.

Kedua, olahraga perut bagian atas. Cobalah gerakan, duduk tegak dengan kaki lurus. Condongkan tubuh ke bagian belakang sampau sepenuhnya rebah ke belakang, posisi kepala juga di lantai. Lalu kembali ke posisi duduk. Lakukan secara perlahan dan berulang ulang sesuai dengan kemampuanmu.

Ketiga, olahraga perut bagian bawah. Berbaringlah di lantai, angkat kedua kaki lurus ke udara. Pertahankan posisi punggungmu di lantai. Lalu angkat dan turunkan kedua kaki tanpa menekuknya. Lakukan secara perlahan dan berulang ulang sesuai dengan kemampuanmu.

Keempat, olahraga pinggul dan paha. Berbaringlah di lantai kemudian tekuk kedua lutut ke dada membuat gerakan melingkar. Lalu dorong kedua kaki ke atas kemudian kembali lagi ke lantai. Lakukan secara perlahan dan berulang ulang sesuai dengan kemampuanmu.

blanja.com
Alat bantu olahraga

Kalau kamu kesulitan melakukan semua itu sendirian, cobalah pakai alat bantu seperti Tummy Trimmer yang bisa kamu dapatkan di www.blanja.com. Mumpung lagi ada diskon 25% lho!

Yuk, coba disiplin menerapkan tips di atas, dan lihat hasilnya ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

60 comments:

  1. Wah,ternyata perasan jeruk nipis juga bisa mengecilkan perut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Bisa melancarkan pencernaan juga :)

      Delete
  2. Perbanyak minum air putih bisa mengecilkan perut. *noted

    ReplyDelete
  3. makasih infonya, mau nyoba olahraganya dan minum air putih + jeruk nipisnya

    ReplyDelete
  4. Jadi makan buah itu bukan habis makan dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebaiknya makan buah dulu baru makan lainnya :)

      Delete
  5. duh olahraga nih yang masih belum. Habis mudik badan jadi tambah melar apalagi perut hiks :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Teh Lianny olah raganya *\^^/*

      Delete
  6. Cuma no 1& 2 yang sudah. Tolooooong.....

    ReplyDelete
  7. aku pengen perut kecil, tp pinggul besar, ntu gimana yaa

    ReplyDelete
  8. terimakasih mba tipsnya
    saya coba tipsnya dirumah

    ReplyDelete
  9. Wah Evi mah, ini sih postingannya ditujuin ke aku, ya? Wkwkwkwk... *elus2 perut* :))

    ReplyDelete
  10. kayaknya nomor 1 & 2 yang susah.. tapi gk apalah, boleh dicoba.. hehe

    ReplyDelete
  11. perasan jeruk nipis sama airnya boleh ditambahin gula nggak? hehe

    ReplyDelete
  12. Ternyata jualan. Pfffttt

    Nice info anyway :D

    ReplyDelete
  13. Wah, ada alatnya ya, Teh. Murah juga ya di Blanja.com.

    ReplyDelete
  14. hai Evi... hai... *dadah dadah* aku udah follow, hihihi... meni pas pisan postingannya
    makasih ah infonya

    ReplyDelete
  15. sederhana namun susah juga,apalagi kalau orang malas seperti saya :)

    ReplyDelete
  16. kalo buat cowo bisa bikin kotak2 ga nih? hehee

    ReplyDelete
  17. slain olahraga perut, saya udah nyoba smuanya... dan perut saya tetap buncit ky org hamil muda :(
    harus olahraga ini mah :)

    ReplyDelete
  18. thanks ya mak tips-tipsnya :)

    oya, sekalian mau info, aku lg bikin syukuran buat blogku, ikut ya mak, giveaway-nya
    http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    ReplyDelete
  19. gue malah pengen ngegemukin perut hehehe

    ReplyDelete
  20. habis lebaran berat badan memang naik drastis, aku juga sekarang lagi ngejalani diet ocd sama minum air putih, lumayan baru 3 hari udah turun sekitar 2 kiloan, apa lagi kalo di iringi dengan olahraga perut yang mba eva saranin, mungkin bisa lebih cepet turun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sila dicoba olah raga perutnya, Mbak :)

      Delete
  21. boleh nih di coba dengan poin yang no 1 air perasan jeruk nipis dengan air :) terimakasih info nya ...

    ReplyDelete
  22. Wah bagus banget nih bisa jadi solusi buat cewek.

    Memang perut langsing itu menjadi patokan keindahan cewek padahal yang subur lebih saya suka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bukan buat langsing sih, lebih ke proporsional, Mas :)

      Delete
  23. sulit banget ngecilin perut, kayaknya mesti beli Tummy Trimmer

    ReplyDelete
  24. aku punya sih alat kyk yg diatas.... tapi lg nganggur dulu dia krn aku lg hamil huehehehe... ntr abis hamil, lgs dipake lg utk langsung program pengurusan badan ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kehamilannya lancar sampai lahiran, Mbak :)

      Delete
  25. Aku kurus tapi perutnya, ampuuunn :(. Udah rajin minum air putih. Kayaknya kurang olahraga :)

    ReplyDelete
  26. Dulu perut sy bagus krn habis makan harus lari.. Kegiatan fisik sangat padat. sit up, push up, squat jump, pull up, lari jd kegiatan harian.
    Intinya memang harus olahraga agar lemak tak ditimbun.
    Tetima kasih tipsnya.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama PakDe. PakDe semangat olahraganya :)

      Delete
  27. terimakasih kak evi sri rezeki,,, bagus banget tipsnya,, dan itu sudah terbukti efektif,, akan saya coba lagi semoga berhasil,,

    ReplyDelete
  28. Ada yang lebih mantep lagi mba, pake korset hehehe. tapi ya itu, ngga sehat jadinya karena ngga berolahraga.

    ReplyDelete