Tips Mudik Lebaran Tanpa Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Lebaran Tanpa Kendaraan Pribadi
Saya dan keluarga naik feri menuju Pulau Sumatera

Lebaran benar-benar udah di depan mata. Tinggal nunggu sidang isbat dan voila, hari kemenangan dapat kita rayakan. Ngomong-ngomong soal merayakan lebaran, penginnya sama keluarga dong, walaupun kamu merantau jauh, nggak afdal kalau nggak berbagai dengan orang-orang tercinta. Saya jadi ingat, waktu kecil, keluarga saya suka mudik ke Palembang, kampung halaman Ayah. Biasanya kami menggunakan mobil dan melintas pulau dengan kapal feri. Perjalanan semacam itu bisa mendekatkan antar anggota keluarga.

Ketika akan mudik, selalu ada pertanyaan, mau pakai kendaraan pribadi atau umum? Apa kelebihan dan kekurangannya? Mana yang paling baik, tentunya kamu lebih tahu.  Kali ini saya mau berbagi tips mudik lebaran tanpa kendaraan pribadi, agar perjalanan menuju kampung halaman tetap aman dan nyaman.

Pertama, membeli tiket jauh-jauh hari. Jika kamu memutuskan menggunakan pesawat, bis, travel, atau kereta api, belilah tiket jauh sebelum keberangkatan. Keuntungannya, kamu pasti akan mendapatkan tempat, bisa memilih posisi kursi secara leluasa, dan harga tiket belum melambung naik. Lebih hemat.

Kedua, sewa mobil. Ingin melakukan perjalanan tanpa kendaraan pribadi namun dengan rasa kendaraan pribadi, kenapa enggak sewa mobil saja? Malas telpon sana-sini tanya ketersediaan mobil dan harga? Coba cek situs Lepaskunci.com saja, sebuah platform marketplace untuk jasa sewa menyewa mobil secara online yang dapat dilakukan oleh siapa pun dan menjangkau seluruh kota di Indonesia. Kamu bisa pilih mobil dan harga sesuai budget yang kamu miliki. Satu lagi, Kamu nggak perlu capek-capek service mobil, karena Lepaskunci.com menyediakan mobil yang siap pakai dengan menerapkan standar ketat bagi penyedia mobil

Ketiga, sewa jasa pengemudi berlisensi. Malas nyetir selama perjalanan jauh? Ada berbagai pilihan untuk menyewa jasa pengemudi. Pilihlah penyedia jasa yang telah berlisensi. Kamu tentunya nggak ingin keluarga was-was karena supir nyetir ugal-ugalan, kan? Lepaskunci.com pun menyediakan jasa supir. So, kamu bisa bebas bercandaria bersama keluarga selama perjalanan.

Keempat, selalu siapkan dua rencana untuk perjalanan. Biasakan selalu membuat minimal dua planning untuk mudik. Misalnya, rencana pertama, kamu akan naik pesawat, rencana kedua kamu sudah booking mobil. Kalau rencana pertama berjalan lancar, biasakan konfirmasi pembatalan rencana kedua minimal 24 jam sebelumnya, agar tempat atau jasa yang harusnya kamu sewa bisa dialihkan pada pihak lain yang lebih membutuhkan.

Kelima, buat daftar barang bawaan. Daftar barang bawaan harus kamu susun serinci mungkin, mulai dari kebutuhan pribadi sendiri sampai kebutuhan anggota keluarga lain. Apalagi kalau kamu berniat mudik bersama si kecil. Pilih barang yang praktis, ringan, dan nggak menghabiskan tempat. Ini menyangkut kapasitas bagasi moda transportasi yang kamu pilih. Lagipula kalau terlalu banyak juga, nanti akan merepotkan kamu untuk membawa-bawanya.

Keenam, packing barang. Susunan packing juga memengaruhi kenyamanan perjalanan. Susun barang dari intensitas kebutuhan. Misalnya, barang-barang seperti baju simpan di koper paling bawah. Barang-barang yang sering digunakan seperti handphone dan makeup dasar simpan di tas kecil untuk dibawa ke mana-mana.

Ketujuh, kirim oleh-oleh dengan pengiriman terpisah. Jika kamu ingin mengirim oleh-oleh buat sanak saudara yang jumlahnya agak banyak, lebih baik memilih ekspedisi barang secara terpisah. Lebih aman buat barang-barangnya, apalagi jika barang tersebut pecah belah dan makanan yang mudah basi atau busuk.

Semoga tips di atas membantu perjalanan mudikmu. Selamat mudik, salam buat keluargamu ^_^
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

4 comments:

  1. Tahun depan mau rencana mudik pake kereta aja, naik kendaraan pribadi gak kuat macetnya

    ReplyDelete