Serial TV Twin Peaks

Serial TV Twin Peaks
Serial TV Twin Peaks

Pernah nonton film Twin Peaks: Fire Walk with Me besutan David Lynch? Film yang ditayangkan pertama kali tahun 1992 tersebut diangkat dari serial legendaris Twin Peaks. Kalau film Fire Walk with Me mendapat rating 7.2 di IMDb, serialnya hampir mendapat rating sempurna 9.0, fantastis!

Twin Peaks menjadi acara yang memiliki rating tinggi pada tahun 90-an, kesuskesanya nggak hanya di dalam negeri namun sampai dunia internasional. Acara ini menjadi inspirasi dan referensi bagi banyak hal seperti serial TV lain, iklan komersial, buku komik, Video game, film dan bahkan lirik lagu. Bukan hanya itu saja Twin Peaks sendiri juga memiliki jaringan fan base yang besar.


Twin Peaks adalah serial drama televisi yang dibuat oleh Mark Frost dan David Lynch. Twin Peaks diambil dari sebuah kota kecil di Washington. Serial ini mengambil sudut pandang Dale Cooper (Kyle MacLachlan), seorang agen special FBI. Serial ini mulai ditayangkan di US pada bulan April 1990 pada channel ABC. Kalau saya sih nontonnya di TVRI. Karena plotnya cukup jelimet, saya versi mini enggak ngerti. Tapi kesannya serial ini menarik banget di ingatan saya. Karena itu, saya memutuskan untuk menonton kembali serial TV Twin Peaks yang terdiri dari dua season ini. Terkadang sangat sulit mengklasifikasikan serial ini ke genre tertentu, coraknya yang acak dan juga memiliki sisi supranatural cukup konsisten dengan tema film horror. Serial ini juga seperti karya Lynch yang lain, memiliki pesan moral yang ditunjukan oleh humor dan kedalaman surealis.

Episode pertama dari serial ini menempati posisi ke 25 versi TV’s Guide’s pada tahun 1997 dengan tema 100 Greatest Episodes of All Time dan pada posisi ke 45 pada TV’s Guide 50 Greatest TV Shows of All Time pada tahun 2002. Selain itu serial ini juga termasuk ke dalam daftar 60 acara televisi yang diakhiri terlalu cepat. Dan masih banyak lagi penghargaan yang diraih oleh Twin Peaks.


Storyline
Season 1
Dibuka dengan suasana pagi hari di Twin Peaks, Pete Martell (Jack Nance) menemukan mayat telanjang yang diikat oleh lembaran plastik trasnparan di pinggiran sungai. Ketika Sherriff Harry S.Truman (Michael Ontkean), deputinya, dan Dr Will Hayward (Warren Frost) datang ke TKP jenazah tersebut diidentifikasi sebagai Laura Palmer (Sheryl Lee). Berita mengenai kematiannya tersebar sangat cepat, terutama untuk keluarga dan kerabat dekat. Gadis kedua, Ronette Pulaski yang terluka parah ditemukan sedang berjalan menyusuri rel kereta.

Karena Ronette ditemukan di perbatasan, agen special Dale Cooper dipanggil untuk menginvestigasi kasus tersebut. Cooper menyadari adanya huruf “R” yang dimasukan dibawah kuku korban. Cooper segera menginformasikan bahwa kematian Laura cocok dengan ciri khas pembunuh yang melakukan aksinya di barat daya Washington di tahun sebelumnya. Dan bukti tersebut menunjukan bahwa pembunuhnya tinggal di Twin Peaks.

Dengan berjalannya penyelidikan terungkaplah bahwa Laura menjalani kehidupan ganda. Dia berselingkuh dari pacarnya Bobby Briggs, dengan seorang pengendara sepeda motor James Hurley dan juga melakukan aksi tuna susila dengan bantuan supir truk setempat dan seorang mucikari bernama Leo Johnson dan pengedar narkoba Jacques Renault. Laura juga seorang pengkonsumsi kokain, yang dia dapatkan dengan memaksa Bobby melakukan bisnis dengan Jacques.

Kematian Laura membawa dampak berantai. Ayah Laura, Leland Palmer, seorang pengacara menderita shock. Donna Hayward (Lara Flynn Boyle), sahabat Laura memulai hubungan dengan James Hurley. Bertiga, dengan bantuan sepupu Laura, Maddy Ferguson (dan juga Sherly Lee), mereka mulai menginvestigasi psikiater Laura Dr. Lawrence Jacoby (Russ Tamblyn). Ketika obsesi Jacoby terhadap Laura terungkap, rencana untuk menyusup masuk ke dalam apartemenya berakhir dengan penyerangan terhadap Jacoby di taman. Dia terbukti nggak bersalah namun dia menderita serangan jantung dan berakhir di rumah sakit tanpa ada ingatan apa pun.

Sementara itu Ben Home, orang terkaya di Twin Peaks masih melanjutkan rencananya untung menghancurkan penggilingan kayu bersama pemiliknya Josie Packard (Joan Chen), dan membunuh kekasihnya dan juga adik Josie Catherine Martell (Piper Laurie) sehingga dia bisa membeli lahan dengan harga murah untuk rencana pengembanganya. Sedangkan putri Home, Audrey (Sherilyn Fenn) menjadi terpengaruh oleh kehadiran Cooper dan mulai memata–matai kota untuk membantunya menyelesaikan pembunuhan Laura dan mendapatkan perhatiannya.

Di malam kedua Cooper di Twin Peaks, dia bermimpi didatangi oleh pria bertangan satu yang menyebut dirinya Mike. Mike memperkenalkan dirinya sebagai sosok dari dunia lain dan memberitahu Cooper bahwa pembunuh Laura adalah sebuah entitas yang disebut Killer BOB. Bob sangatlah buas, dengan rambut beruban dan bersumpah untuk terus membunuh. Cooper lalu melihat dirinya 25 tahun lebih tua dan duduk terdiam di sebuah ruangan yang dikelilingi oleh gorden merah dengan cahaya–cahaya. Sementara di seberangnya ada seorang kerdil menggunakan setelan merah yang disebut sebagai “The Man From Another Place” dan Laura Palmer. Sementara sang kerdil menari, Laura berbisik di telinga Cooper.

Keesokan paginya Cooper merasa mimpi tersebut ada hubunganya dengan Truman dan memberi tahu Truman kalau mimpi tersebut bersifat simbolik dan apabila dia bisa memecahkan makna dari mimpi tersebut maka dia dapat mengetahui siapa pembunuh Laura.

Cooper dan Sheriff Twin Peaks mendapat informasi bahwa pria bertangan satu yang hadir di dalam mimpi Cooper adalah seorang penjual sepatu bernama Philip Gerard. Gerard mengaku mengenal Bob, seorang dokter hewan yang merawat burung piaraan Jacques Renault. Cooper mengintepretasi kalau event ini menunjukan bahwa Renault pelakunya. Dengan bantuan Truman, Cooper menemukan Renault sedang berada di rumah bordil milik Ben Horne di Kanada. Cooper memancing Renault untuk kembali ke wilayah yurisdiksinya. Cooper harus menembak Renault, karena dia berusaha kabur dalam penangkapan yang menyebabkanya masuk rumah sakit. Namun Leland, setelah mengetahui bahwa Renault sedang berada di rumah sakit, menyelinap dan membunuhnya.

Masih di malam yang sama Ben Horne memerintahkan Leo untuk membakar penggilingan kayu dengan Catherine masih berada di dalamnya. Namun Leo ditembak mati oleh Hank Jennings untuk memastikan Leo nggak “bernyanyi”. Dan pada penghujung season finale ini Cooper ditembak oleh seseorang bertopeng yang juga menjadi penutup dari season.

Season 2
Season 2 dibuka dengan Cooper yang sedang memulihkan diri, dan mendapat vision berupa sebuah raksasa muncul di hadapanya. Sang raksasa memberikan 3 petunjuk kepada Cooper
  • There is a man in a smiling bag
  • The owls are not what they seem
  • Without Chemicals

Setelah memberikan tiga petunjuk tersebut, ia mengambil cincin emas milik cooper, dan akan dikembalikan apabila Cooper mengerti tiga hal tersebut.

Masih ingat Leo, ya ia selamat dari penembakan dan masih ada di season ini, namun ia lumpuh, sementara Catherine di asumsikan hangus terbakar. Sedangkan Leland yang mendadak ubanan dalam semalam sudah pulih kembali dan mulai kembali bekerja.

Dalam season ini Philip Gerard diperlihatkan sebagai inang dari Mike, Ruh iblis yang bekerja untuk Bob, namun merupakan entitas yang lebih kecil untuk membantunya membunuh. Mike membeberkan kalau Bob sudah merasuki orang di Twin Peaks sangat lama, namun dia nggak memberitahu Cooper.

Sedangkan Donna mengikuti jejak yang biasa dilalui Laura dengan harapan mendapatkan petunjuk tentang pembunuhan Laura. Dia berteman dengan seorang bernama Harold Smith yang memiliki diary kedua Laura. Donna dan Maddy berusaha untuk mencuri diary tersebut namun tertangkap basah oleh Harold. Setelah kehilangan semua kepercayaan tentang kemanusiaan dia menggantung dirinya sendiri. Sekarang diary tersebut ada di tangan polisi dan mengetahui bahwa Bob, teman dari ayah Laura telah memperkosanya berulang kali dan hal tersebut yang menjadi alasan Laura menggunakan narkoba. Cooper percaya kalau pembunuhnya adalah Ben Horne, namun terbongkarlah Leland telah dirasuki oleh Bob setelah dia membunuh Maddy dengan brutal.

Cooper meragukan kalau Horne bersalah, hingga dia mengumpulkan semua tersangka dan percaya kalau dia akan mendapat sinyal untuk membantu mengidentifikasi pembunuhnya. Sang raksasa muncul dan memberikan konfirmasi bahwa Leland adalah inang Bob dan merupakan pembunuh dari Laura dan Maddy. Bob memiliki kontrol penuh atas tubuh Leland dan mengakui serangkaian pembunuhan sebelum memaksa Leland untuk bunuh diri. Setelah Leland terbebas dari pengaruh Bob, Leland mengakui bahwa Bob sudah merasukinya sejak kecil, dia meminta maaf dan bertemu dengan Laura yang menjemputnya ke akhirat. Bob masih bergentayangan untuk mencari inang baru menjadi bahasan baru di Twin Peaks.

Cooper dijebak sebagai tersangka penyelundupan narkoba oleh Jean Renault dan ditahan oleh FBI. Renault ingin membalas dendam karena Cooper bertanggung jawab atas kematian adiknya Jacques. Hingga akhirnya Renault tewas dalam baku tembak dengan polisi, dan nama Cooper kembali bersih.

Kemudian muncullah Windom Earle, Bekas mentor dan partner Cooper di FBI, datang ke Twin Peaks dengan niatan balas dendam karena Cooper pernah berselingkuh dengan istrinya. Earle sangat murka hingga dia membunuh Caroline dan dibawa ke rumah sakit jiwa. Namun dia berhasil kabur dan bersembunyi di hutan dekat Twin Peaks.

Cooper masih mencoba untuk mengungkap asal dan keberadaan Bob, untuk mengetahui misteri mengenai hutan yang mengelilingi Twin Peaks. Dia mengetahui adanya Pondok Putih dan Pondok Hitam dua Alam dimensi lain yang mana gerbangnya berada di dalam hutan. Cooper juga menyadari kalau Bob, Sang Raksasa, dan The Man From Another Place datang dari salah satu pondok tersebut. Sementara Bob masih mencari inang, Cooper dan Truman menembak mati Josie Packard karena berusaha menembak Cooper, dan pada kematianya, Bob muncul, tertarik oleh ketakutannya.

Cooper jatuh cinta kepada Annie Blackburn. Ketika Annie memenangkan kontes Miss Twin Peaks, Earle menculiknya dan membawanya ke pintu masuk pondok hitam di Glastonbury Groove. Cooper menyadari bahwa alasan utama Earle datang ke Twin Peaks adalah untuk dapat masuk ke dalam pondok hitam dan mengambil kekuatanya. Dengan bantuan Log Lady, Cooper mengikuti Earle dan Annie ke pondok yang ternyata merupakan ruangan bergorden merah di mimpinya. Dia disambut oleh The Man From Another Place, The Giant, dan ruh Laura Palmer, yang masing–masing memberikan ramalan tentang masa depannya dan menunjukan apa itu Pondok Hitam yang ternyata pondok tersebut nggak terikat oleh aturan ruang dan waktu.

Melanjutkan pencariannya, Cooper bertemu dengan Doppelganger dari beberapa orang yang sudah mati, termasuk Maddy dan Leland, yang mencoba mempengaruhi Cooper dengan peringatan yang salah.  The Doppelganger akhirnya menuntun Cooper kepada Earle dengan imbalan jiwa Cooper untuk menebus nyawa Annie. Cooper setuju dan Earle membunuhnya, namun Killer Bob muncul dan membalikan waktu di dalam pondok untuk menghidupkan Cooper. Setelah Bob membunuh dan mengambil jiwa Earle, dia mengejar Cooper bersama Doppelganger-nya.

Setelah memasuki pondok, Cooper dan Annie muncul di hutan. Mereka ditemukan oleh Sheriff Truman, yang telah manantinya semenjak Cooper menghilang. Annie harus masuk Rumah Sakit namun Cooper hanya luka ringan. Setelah Cooper tersadar dan menuju ke kamar mandi, cermin di kamar mandi menunjukan pantulan wajah Bob. Ternyata Cooper adalah doppelganger dari pondok hitam, lalu dia menghantamkan wajahnya ke cermin sambil tertawa.

Nah, ada rencana kalau serial ini akan dibuat kembali pada tahun 2017, namun memang akan di batasi 9 episode per season. Pasti seru yah!

Twin Peaks
Genre: Drama, Mystery, Thriller
Durasi: 47 menit
Tanggal Release: 8 April 1990
Season 1: 1990, 8 episode
Season 2: 1990-1991, 22 episode
Creator: Mark Frost, David Lynch
Pemain: Kyle MacLachlan, Michael Ontkean, Mädchen Amick

Sumber: Wikipedia dan IMDb
Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
lubena ali
AUTHOR
20 September 2015 06.54 delete

Baca ini berasa kembali dijamanku..

Reply
avatar
20 September 2015 07.05 delete

inis erial baguuus lhooooo..seruuuu :) ..aku sukaa dengan Kyle Maclachlan di siniii...cakeeep :)

Reply
avatar
20 September 2015 07.29 delete

Udah lupa juga sih, tapi ingat judulnya tuh yang bikin aku suka di awal nonton filmnya. Jadi pengen nonton lagi, seru siih :)

Reply
avatar
20 September 2015 11.35 delete

Berarti kita sama-sama suka nonton ini ya, Mbak? :D

Reply
avatar
20 September 2015 11.35 delete

Masih muda dan ganteng :)

Reply
avatar
20 September 2015 11.36 delete

Ayo Mbak nonton lagi :)

Reply
avatar
Iro wati
AUTHOR
20 September 2015 15.26 delete

Wah ini serial pas jaman sy mbak... lihatnya ngeri-ngeri penasaran gmn gt... sy mgkn msh SMP - SMU ni... :)

Reply
avatar
Akuratu
AUTHOR
20 September 2015 18.52 delete

Aku blom pernah nonton ini mak. 92 aku msh Sd kelas 5 :D

Reply
avatar
Prima Hapsari
AUTHOR
20 September 2015 20.18 delete

jadi pengen nonton, DVD nya ada ga yaa mbak

Reply
avatar
misfah
AUTHOR
21 September 2015 00.38 delete

Kyle nya sekarang tua banget dibandingin agen fox mulder msh hot...wkwkwk aku selalu nungguin banget film dan suka musik pembukanya jg pemandangan alamnya

Reply
avatar
21 September 2015 10.37 delete

Iya memang bikin penasaran serialnya :D

Reply
avatar
21 September 2015 10.38 delete

Tahun segitu, saya juga masih SD, Mbak :D

Reply
avatar
21 September 2015 10.39 delete

Kayaknya kalau dicari DVDnya ada. Tapi saya download buat nonton lagi hehe

Reply
avatar
21 September 2015 10.40 delete

Musik pembuka dan pemandangannya menghipnotis ya, Mbak :)

Kyle masih lumayan hot sih kalau kata saya hehe

Reply
avatar
12 Maret 2016 20.35 delete

serial yg membekas di ingatan :) aq pas jaman smp pasti g bakalan ngelewatin twin peaks sm friday the 13th

Reply
avatar
dodi cool
AUTHOR
21 Maret 2017 21.40 delete

sebetulnya siapa sih yg membunuh laura dlm film twin peaks. Ceritanya mala molor2 diluar konteks @@

Reply
avatar
dodi cool
AUTHOR
21 Maret 2017 21.42 delete

saya jg. Km kan teman sebangku aq

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Juni 2017 07.01 delete

Keereeen penyampaian narasi pengalihan bahasa yg menyenangkan dlm menjelaskan kepada pembaca.... TOP

Reply
avatar