Serial TV Quantum Leap

Serial TV Quantum Leap
Serial TV Quantum Leap

Seandainya kita bisa mengubah sejarah dengan kembali ke masa lalu, ke masa kapan kamu akan kembali? Menarik sekali jika kita bisa menjadi time traveler. Pemikiran ini cukup menggoda, saya rasa, buat semua orang. Setiap orang punya penyesalan di masa lalu. Dan siapa yang nggak tergoda dengan gagasan ini? Serial TV Quantum Leap ingin memberi sedikit kepuasan buat kita yang berpikiran seperti di atas.


Quantum Leap adalah serial televisi Amerika Serikat yang ditayangkan di NBC selama lima season dari 1989 sampai 1993. Serial ini dibuat oleh Donald P. Bellisario, dibintangi oleh Scott Bakula sebagai Dr. Sam Beckett, seorang fisikawan yang bisa melompati ruang waktu. Dalam eksperimennya, Sam secara temporer berganti tempat dengan orang lain untuk membenarkan alur sejarah. Sementara itu, Dean Stockwell berperan sebagai Admiral Al Calavicci menjadi pendampingnya.

Serial ini memiliki campuran dari elemen humor, drama, roman, dan mengangkat isu sosial dan Science Fiction.


Storyline
Episode pertama mengisahkan Dr.Sam Beckett sedang mengerjakan sebuah eksperimen yang disebut The Quantum Leap Project di sebuah laboratorium rahasia di barat daya padang pasir US pada akhir abad ke 20. Beckett bersama timnya memiliki teori bahwa perjalanan waktu itu memungkinkan di masa hidup orang yang melakukanya. Namun dengan tidak adanya hasilnya positif, Admiral Al Calavicci, yang juga teman lama dan senior dari Sam menginformasikan bahwa aliran dana untuk proyek tersebut akan dihentikan. Sam tentu saja tidak setuju dengan hal tersebut, sebelum dia dapat dihentikan, dia melompat ke dalam quantum leap accelelator menuju ruang waktu.

Ketika Sam sudah pulih dari lompatan tersebut, dia menyadari kalau ingatanya ada yang hilang, terutama tentang dirinya dan proyek yang sedang dia kerjakan. Al menyebut hal ini sebagai Swiss Cheesed Memory. Selama perjalanan waktu tersebut, Sam terlihat sebagai cerminan dari orang yang dia rasuki. Lompatan pertama membawanya sebagai seorang pilot percobaan pesawat jet supersonic.

Al pada akhirnya menemukan Sam di masa lalu dalam bentuk hologram yang disesuaikan dengan gelombak otaknya, sehingga hanya Sam, Binatang, Anak kecil, dan paranormal yang dapat melihat dan mendengarnya. Seiring serial ini berjalan, Al mengungkapkan bahwa keadaan yang menimpa Sam, menjelaskan bagaimana dia dapat membenarkan sesuatu yang salah untuk dapat melompat kembali dengan bantuan proyek Artificial Inteligence, sebuah kecerdasan buatan yang memiliki Ego dan diberi nama Ziggy (Deborah Pratt). Ziggy memiliki kemampuan untuk mengakses database sejarah milik pemerintah.

Dipandu oleh Ziggy dan AI, Sam dapat terus menerus mengubah sejarah untuk kebaikan. Setiap dia melakukan hal tersebut, Sam berubah identitas sesuai dengan orang yang berada di dalam ruang waktu tersebut. Hingga pada akhirnya Al menyampaikan pada Sam kalau mereka sedang berusaha mengembalikan Sam pada saat dia melakukan lompatan pertama namun hal tersebut belum dapat dilakukan.

Sam akhirnya mengerti kalau satu–satunya jalan untuk melompat adalah dengan membuat perubahan menuju hal yang lebih baik bagi orang yang dia masuki. Ziggy dapat memprediksi kemana Sam akan melompat berikutnya, walaupun terkadang ada juga salahnya.

AI tidak hanya membantu Sam dalam pengetahuan sejarah juga mengawasi setiap kejadian yang tidak dapat dilihat oleh Sam. Yang tentu saja selama seri ini berjalan, orang yang dilompati oleh Sam dibawa ke “Ruang Tunggu” Project Quantum Leap. Selama orang–orang tersebut digantikan oleh Sam, pernah juga kejadian dimana orang yang sedang digantikan oleh Sam, seorang pembunuh, berusaha kabur dari “Ruang Tunggu” sehingga Sam tidak dapat melompat kembali hingga orang tersebut kembali.

Ketika Sam melompat ke masa lalu, dia tetap mempertahankan bagian tubuh aslinya, dengan paras dan tubuh yang orang yang dia lompati, dan dapat melakukan hal yang orang biasa tidak dapat lakukan. Seperti ketika dia melompat ke seorang veteran Vietnam yang tidak berkaki, dia masih dapat berjalan, namun terlihat melayang oleh orang lain.

Pola pikir Sam pun terpengaruh oleh orang yang dia lompati. Beberapa kali ketika melompat kepada setiap orang dengan sifat yang berbeda, dia terpengaruh untuk melakukan hal yang biasa orang tersebut lakukan. Hingga suatu saat, dia melompat ke dalam kehidupan Lee Harvey Oswald, dia sangat terpengaruh oleh niatan Oswald untuk membunuh Presiden Kennedy.

Karena sifat serial ini yang bertema perjalanan waktu, banyak episode yang mengisahkan orang–orang terkenal seperti Sam yang menyarankan Donald Trump kalau Real Estate New York akan sangat menjanjikan di masa depan, atau menunjukan Michael Jackson gerakan Moon Walk.

Bagaimana Sam “melompat” masih menjadi misteri bagi timnya sendiri. Terkadang disamakan dengan ketuhanan dan takdir, namun pada aslinya ini hanyalah membenarkan sesuatu yang salah seperti yang dinarasikan pada pembukaan serial. Sering kali Sam melompat di dalam masa hidupnya, dengan beberapa lompatan ke masa sebelum dia lahir, dan beberapa lompatan lagi masa sebelum lompatan pertamanya di tahun 1955.

Pada akhir season, Sam bertemu dengan antithesis-nya “The Evil Leaper” yang juga dapat melakukan hal yang sama namun kebalikannya bernama Alia (Renee Coleman). Hingga pada akhirnya Sam berhasil membebaskanya. Pada episode terakhir serial ini Mirror Image, Sam melompat ke dirinya sendiri pada saat kelahiranya—tanpa menggantikan orang lain—dimana dia bertemu dengan pengelola bar (Bruce Mcgill) yang muncul pada episode pertama sebagai peran lain yang meyakinkanya bahwa Sam dapat mengatur ke mana dia akan melompat untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Sampai akhirnya, dia tetap dapat pulang kapan pun dia mau.

Hingga pada akhir episode, Sam melompat kembali untuk bertemu Istri dari Al, dimana Al pada saat itu masih menjadi tawanan perang. Sam meyakinkan Beth kalau Al akan kembali. Hal ini membuat Al dan Beth hidup bahagia di masa depan. Sam sendiri terus melompat dari satu masa ke masa yang lain.

Walaupun saya tidak bisa melompat ke masa lalu, cukuplah saya menonton serial TV Quantum Leap sebagai hiburan dan pelajaran sejarah.

Quantum Leap
Genre: Drama, Action, Adventure
Durasi: 60 menit
Tanggal Release: 26 Maret 1989
Season 1: 1989, 9 episode
Season 2: 1989-1990, 22 episode
Season 3: 1990-1991, 22 episode
Season 4: 1991-1992, 22 episode
Season 5: 1992-1993, 22 episode
Creator: Donald P. Bellisario
Pemain: Scott Bakula, Dean Stockwell, Deborah Pratt

Sumber: Wikipedia dan IMDb
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

7 comments:

  1. dari review diatas bikin penasaran banget :D , jadi pengin buru-buru nonton nih :D

    ReplyDelete
  2. Teknologi quantum (bukan kompor) yang sekarang masih bikin penasaran banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih menanti apa benar bakal ada teknologi semacam ini :D

      Delete