Serial TV I Dream of Jeannie

Serial TV I Dream of Jeannie
Serial TV I Dream of Jeannie 

Buat generasi 90an pasti tahu deh sinetron Jini Oh Jini yang diperankan oleh Diana Pungky dan Indra L. Brugman. Tokoh Jini yang pakai baju pink dan memakai turban berkekuatan super itu meniru tokoh Jeannie dalam serial I Dream of Jeannie yang dulu saya tonton di TVRI waktu kecil.

I Dream of Jeannie adalah sitkom pabrikan US dengan bumbu fantasi. Acara ini dibintangi oleh Barbara Eden sebagai seorang jin cewek berusia 2000 tahun, dan Larry Hagman seorang astronot yang kemudian menjadi tuannya. Acara ini di produksi oleh Screen Gems, dan tayang dari September 1965 sampai Mei 1970 dengan episode–episode baru di NBC. Acara ini berlangsung selama lima season dan menghasilkan 139 episode. Season pertama terdiri dari 30 episode dalam versi gambar hitam putih.


Pada season pertama diceritakan bagaimana Jeannie yang dahulunya manusia diubah menjadi genie yang oleh Jin Biru yang dulunya nggak mau dia nikahi. Sang Jin Biru diperankan oleh suami pertama Barbara Eden, Michael Ansara di season berikutnya, ia juga memerankan King Kamehameha dan Biff Jellico.


Story Line
Pada episode pertama “The Lady in the Bottle”, seorang kapten astronot angkatan udara AS Tony Nelson sedang dalam perjalanan luar angkasa. Dia mengawaki kapsul yang didesain untuk satu orang bernama Stardust One dan jatuh di sekitaran pulau terpencil di selatan pasifik. Saat sedang berada di pantai, Toni menyadari keberadaan sebuah botol yang tetiba bergulir ke arahnya. Dan ketika dia menggosok botol tersebut, asap mulai keluar disertai seorang Genie.

Mereka saling nggak mengerti Bahasa satu sama lain, hingga Tony mengucap satu permintaan untuk Jeannie dapat berbahasa inggris, dan kemudian mendadak bisa. Setelah itu Jeannie mengedipkan matanya yang membuat helikopter penyelamat datang untuk menyelatkan Tony. Tony yang merasa bersyukur akan hal tersebut membebaskan Jeannie. Namun Jeannie yang sudah jatuh cinta pada pandangan pertama setelah terkurung selama 2000 tahun masuk kembali ke dalam botol dan mengikuti Toni. Hal pertama yang dilakukan oleh Jeannie di episode berikutnya adalah memutus pertunangan Toni dengan putri komandannya, yang setelah itu hilang dan nggak diceritakan lagi. Hal ini didasarkan pada keputusan produser kalau cinta segitiga antara Tony, Jeannie, dan Putri tersebut nggak akan bertahan lama.

Pada awalnya Tony tetap membiarkan Jeannie berada di dalam botol, namun Tony ingin Jeannie menikmati hidupnya. Walaupun begitu Jeannie sudah mengabdikan hidupnya kepada Tony. Masalah sering muncul karena cinta dan ketertarikan Jeannie terhadap Tony. Sebagai seorang Genie, insting Jeannie untuk selalu menolong Tony dan seringkali menimbulkan masalah dan kelucuan.

Tony berusaha menyembunyikan Jeannie karena takut kalau–kalau ia akan dikeluarkan dari program luar angkasa. Hal ini justru membawa perhatian psikiater NASA, komandan angkatan udara US Kolonel Dr. Alfred Bellows. Dalam beberapa kesempatan Dr. Bellow berusaha untuk membuktikan kalau Tony sebenernya gila atau dia sedang menyembunyikan sesuatu, untunglah Tony sangat licin. Dr.Bellow selalu mengucapkan “He’s done it to me,again!” setiap kali Tony berhasil mengelak. Ada beberapa keadaan dimana Jeannie nggak dapat menggunakan kekuatannya, seperti saat dia terkunci di ruang tertutup atau ketika Jeannie nggak bisa keluar dari botolnya karena tersumbat dan bahayanya orang yang dapat membuka botol tersebut akan menjadi tuannya.

Teman baik Tony dan rekan seasama astronot, Korp Insinyur Angkatan Darat Captain Roger Healey sama sekali nggak mengetahui tentang Jeannie sampai beberapa episode, dan ketika ia mengetahuinya pada episode “The Richest Astronaut in The Whole Wide World” berusaha untuk menculik Jeannie sehingga dia bisa kaya raya. Namun usaha tersebut dapat digagalkan oleh Toni. Roger masih sering berusaha untuk menculik Jeannie untuk mendapatkan uang panas atau perempuan, namun diatas semua itu ia menghormati kalau Tony adalah tuan Jeannie. Baik Tony maupun Roger mendapatkan kenaikan pangkat di akhir season 1, dan di season berikutnya peran Roger diubah dengan landasan kalau dia telah mengetahui tentang Jeannie dari awal ketika dia bersama Tony di penerbangan luar angkasa, dan melihat Jeannie memperkenalkan diri kepada Tony.

Saudari Jeannie di sebut–sebut pada season kedua yang berusaha mencuri Tony untuk dijadikan Tuannya, dan usaha terakhirnya adalah ketika Tony dan Jeannie menikah.

Pada awal season 5, Jeannie dipanggil oleh pamanya Sully (Jackie Coogan) untuk menjadi ratu di Negara asalnya, Basenji. Tony secara nggak sengaja menyingung harga diri Basenji dalam permusuhan Basenji dengan Negara tetangganya Kasja. Untuk membenarkan hal tersebut Tony diharuskan membunuh duta dari Kasja ketika ia mengunjungi NASA. Setelah Tony hampir membunuh duta dari Kasja, Tony merespon dengan marah kalau dia sudah lelah dengan permintaan Sully dan dia nggak akan menikah dengan Jeannie walaupun dia satu–satunya Gennie yang tersisa. Mendengar hal tersebut Jeannie meninggalkan Tony dengan sedih dan kembali ke Basenji. Kepergian Jeannie membuat Tony menyadari seberapa besar cintanya. Hal tersebut membuat Tony tak acuh terhadap karirnya dan terbang ke Basenji untuk mendapatkan Jeannie kembali.

Setalah kembali ke NASA Tony memperkenalkan Jeannie sebagai tunangannya dengan penampilan baru Jeannie layaknya perempuan AS modern. Hal ini mengubah alur cerita dari menyembunyikan Jeanie secara fisik menjadi menyembunyikan kekuatan Jeannie.

Bahasan mengenai Jeannie yang dahulunya seorang manusia sempat muncul di season kedua. Jeannie sempat mengatakan kalau dia memiliki seorang saudari yang juga Genie, namun dia juga menyatakan kalau dia sebelumnya seorang Genie sebelum Jeannie meninggalkan Baghdad. Yang membuat kita bertanya-tanya, apakah Jeannie terlahir sebagai seoranga Gennie?

Pada season ketiga asal muasal Jeannie mulai berubah–ubah, sempat diasumsikan kalau Jeannie memang sudah menjadi Genie. Dan dijelaskan pula kalau semua keluarganya juga Genie, termasuk juga ibunya. Hal ini mungkin dilakukan untuk memberikan kemiripan dengan film Bewitched, atau hanya untuk membuka jalan untuk berbagai alur cerita. Yah, apa pun itu, konsep ini dipertahankan hingga akhir serial ini.

I Dream of Jeannie: The Series
Genre: Comedy, Family, Fantasy
Durasi: 30 menit
Tanggal Release: 18 September 1965
Season 1: 1965-1966, 30 episode
Season 2: 1966-1967, 31 episode
Season 3: 1967-1968, 26 episode
Season 4: 1968-1969, 26 episode
Season 5: 1969-1970, 26 episode
Creator: Sidney Sheldon
Pemain: Barbara Eden, Larry Hagman, Bill Daily

Sumber: Wikipedia dan IMDb
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

12 comments:

  1. Ternyata ceritanya mirip dengan Jinny oh Jinny ya.... cuma udah lama, jadi nggak terlalu ingat gimana ceritanya, cuma ingat kalau pemainnya Diana Pungky dan Indra L Brugman. Kalau yang I Dream of Jeannie ini belum pernah nonton sama sekali sih, sayanya masih belum diciptakan di dunia hehehe

    ReplyDelete
  2. hihihi.. jadi ke inget film jaman duluu

    ReplyDelete
  3. Wow, film aslinya sudah dari lama sekali ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Saya nontonnya tahun 90 awal. Karena serialnya bagus jadi terus diputar ulang :D

      Delete
  4. Ostnya khas banget dan sampai sekarang saya masih ingat. Hahaha.

    ReplyDelete
  5. akuuuu duluuuu suka banget...rasanya pengen punya kekuatan cring2 kayak jinny oh jinny xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget Teh, Evi juga pengin banget punya kekuatan kayak gitu hihihi

      Delete
  6. Aku baru tahu kalau ceritanya sama seperti Jinny oh Jinny nostalgia ya Mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi senang nostalgia serial jadul :D

      Delete