Monday, July 27, 2015

Serial TV Hunter

Serial TV Hunter
Serial TV Hunter

Serial televisi pasangan polisi atau detektif pertama yang saya tonton. Dari cerita maupun aksi, sebenarnya Hunter kurang baik sih buat anak-anak. Malah bisa dibilang, sebaiknya jangan ditonton. Namun apadaya, saya ini emang waktu kecil pemakan segala serial. Cerita dan aksinya yang seru bikin serial Hunter menjadi salah satu favorit saya.


Hunter adalah serial drama polisi yang dibuat oleh Frank Lupo, yang ditayangkan di NBC dari tahun 1984 sampai tahun 1991. Serial ini dibintangi oleh Fred Dryer yang berperan sebagai Sersan Rick Hunter, dan Stepfanie Kramer sebagai Dee Dee McCall. Sersan Rick Hunter memiliki perangai yang keras, licik, dan sering melanggar aturan–aturan yang umumnya dipatuhi oleh detektif lain di departemen kepolisian Los Angeles. Hunter dan McCall memiliki ciri khas menggunakan kekerasan dalam setiap penyelesaian kasusnya, namun nggak terlalu berlebihan kok, kalau dibandingkan dengan serial drama kepolisian yang lain.


Storyline
Season 1
Pada awalnya, serial TV Hunter sulit menarik perhatian para penonton karena bersaing dengan acara televisi lain seperti Dallas. Di sisi lain, serial ini cukup menarik perhatian bagi para kritikus film dikarenakan konten yang memiliki elemen kekerasan. Pada season awal, produser acara ini memberikan slogan kepada Hunter, “Works for me” yang mana senantiasa digunakan, dan bahkan sampai masuk ke dalam lagu pembuka. Nah lagu pembuka dari serial ini dibuat oleh Mike Post dan Pete Carpenter. Dalam beberapa episode, pembuka episode ini menggunakan set montage—sebuah proses pemilihan, editing, dan menggabungkan beberapa bagian film untuk membentuk rangkaian yang terus menerus—dan lagu–lagu popular dari tahun 60an, 70an, dan 80an dengan gaya yang mirip serial Miami Vice.

Sampai pertengahan season pertamanya, serial ini masih memiliki rating yang rendah, hingga pada akhirnya Cannell turun tangan langsung untuk memberikan Brandon Tartikoff (Network Chief) screening secara privat untuk episode “The Snow Queen” yang belum ditayangkan. Dengan tujuan memberikan waktu tambahan agar menarik penonton, Tartifoff pun setuju agar acara ini hiatus hingga menemukan waktu penayangan yang cocok. Dua bulan serial TV Hunter hilang dari peredaran dan kembali lagi pada sabtu malam, dengan penonton yang terus meningkat, hingga akhirnya season pertama dari serial ini dapat menduduki peringkat ke 65.

Season 2
Di season kedua serial ini, Cannell membawa serta mentornya, Roy Huggins, kreator serial Maverick dan The Rockford Files untuk memberikan sentuhan kepada Hunter. Sebagai produser eksekutif yang baru, dia banyak merevisi beberapa elemen dalam acara ini seperti mengurangi elemen kekerasan, melunakan hubungan karakter utama dengan atasannya, menghilangkan latar belakang keluarga Hunter yang datang dari latar belakang mafia, dan menguatkan hubungan asmara antara Hunter dan McCall. Nggak hanya itu, Huggins juga memindahkan setting acara ke area yang lebih baik di Los Angeles. Dengan skrip yang terus menerus ditingkatkan, hingga pada akhirnya serial ini keluar dari “Fourth Wall”—dinding imajinasi dimana penonton, menonton sebuah acara yang dikelilingi oleh tiga dinding sebagai setting tempat—pada episode “The Beautiful and The Dead”.

Rape and Revenge merupakan episode yang sangat kontroversial pada season ini. Karena dalam episode ini memiliki elemen pemerkosaan yang masih sangat minim ada di dalam serial TV pada masa itu. Dalam episode ini seorang diplomat asing yang psikopat ingin memiliki hubungan dengan McCall, namun McCall menolak, dan sebagai jawaban atas hal tersebut, dia diperkosa di rumahnya. Hunter sendiri tertembak di bahu. Karena kekebalan diplomatik, Hunter harus menyelesaikan kasus ini dengan caranya sendiri, sampai ke negara diplomat tersebut berasal.

Season 3
Salah satu episode yang mungkin patut diingat pada season ini adalah “The Requiem For Sergeant McCall” yang mana merupakan cerita yang memberikan kontradiksi terhadap alur cerita McCall. Pada awal cerita, suami McCall (Steven McCall) terbunuh 5 tahun yang lalu, pada tahun 1979 oleh seorang anak berandalan. Saat itu Steven dan Dee Dee baru saja menikah, mereka masih dalam awal karir di kepolisian. Namun pada episode ini diceritakan bahwa suami Dee Dee terbunuh dalam kasus investigasi pembunuhan besar yang sedang dia kerjakan. Dee Dee berusaha untuk memenjarakan orang yang membunuh Steven.

Season 4
Dalam season ini episode yang paling lekat di mata penonton adalah “The Black Dahlia”, merupakan sebuah kasus nyata yang diambil dari kasus yang belum terselesaikan pada tahun 1974 Black Dahlia Murder di LA. Dalam episode menceritakan Hunter dan McCall menyelesaikan kasus pembunuhan yang sudah berusia 41 tahun (1947 – 1988), episode ini ditayangkan pada ulang tahun pembunuhan aslinya. Sebagai sebuah pesan khusus kalau kasus aslinya masih dibuka, dan pelakunya berlum tertangkap.

Season 5
Nah, untuk season 5 episode yang paling dikenang adalah episode yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu “City Under Siege” yang memiliki pembuka khusus untuk ketiga bagiannya. Episode ini mengisahkan seorang perempuan psikopat dengan pacarnya yang gila meneror kota Los Angeles. Kali ini, Hunter menjadi rencana targetnya. Episode ini juga fokus kepada kejahatan yang menyebar di seluruh kota, memberikan tekanan kepada departemen kepolisian. Pada akhir episode ini, Hunter menempati posisi ke 17 pada rating Nielsen.

Season 6
Pada season ini dalam episode Unfinished Business diceritakan kalu Hunter dan McCall pernah tidur bersama, hal ini dilakukan untuk memenuhi kepuasan penonton yang menginginkan perkembangan dalam hubungan mereka. Namun bagi crew sendiri hal ini sebenarnya enggak diinginkan karena membuat serial ini jadi mirip dengan serial Hart to Hart.
Kemudian dalam episode Yesterday’s Child seorang Vietnam mendatangi Hunter untuk menyelesaikan kasus perampokan disertai pembunuhan dengan anaknya sendiri sebagai tersangka. Seiring berjalannya cerita, Hunter menyadari bahwa tersangka tersebut adalah anaknya, hasil dari hubunganya dengan seorang wanita di Vietnam. Eng ing eng, dan pada season ini Hunter menempati peringkat 26 di rating Nielsen.

Season 7
Stepfanie Kramer memutuskan keluar dari serial TV ini karena mengejar karir musiknya. Sebagai penggantinya, datanglah rekan baru Hunter, Joanne Molenski (Darlanne Fluegel). Namun karena perbedaan ideologi dalam berkreasi, dia mengundurkan diri pada pada pertengahan season. Oleh karena itu karakternya terbunuh dalam episode Fatal Obsession dan digantikan oleh Sersan Chris Novak (Lauren Lane) hingga akhir season yang merupakan mantan kekasih Hunter.

Season 7 menjadi season terakhir Hunter. Acara ini terpaksa diberhentikan karena permasalahan gaji.

Hunter
Genre: Drama, Action, Crime
Durasi: 48 menit
Tanggal Release: 18 September 1984
Season 1: 1984-1985, 19 episode
Season 2: 1985-1986, 23 episode
Season 3: 1986-1987, 22 episode
Season 4: 1987-1988, 22 episode
Season 5: 1988-1989, 22 episode
Season 6: 1989-1990, 22 episode
Season 7: 1990-1991, 22 episode
Creator: Frank Lupo
Pemain: Fred Dryer, Stepfanie Kramer, Charles Hallahan

Sumber: Wikipedia dan IMDb 
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments: