Serial TV The Cosby Show

Serial TV The Cosby Show
Serial TV The Cosby Show

Zaman saya kecil, ada tayangan serial keluarga yang saya sukai, yaitu The Cosby Show. The Cosby show adalah sitkom televisi yang dibintangi olah Bill Cosby, terdiri dari 8 season dan ditayangkan di NBC dari September 1984 sampai April 1992. Kalau di Indonesia tayang di TVRI dan RCTI (kalau enggak salah). Serial Tv The Cosby Show ini termasuk lama banget, dari mulai saya belum lahir sampai masuk SD dan bisa makan mie lidi. He he he. Saya jadi pengin ngulang buat nonton serial ini. Genrenya komedi, tapi enggak lucu-lucu banget buat ukuran saya waktu kecil. Kelebihannya, banyak pesan moralnya.

Acara ini merintis kesempatan bagi acara–acara lain yang utamanya didominasi oleh aktor atau aktris African–American, mulai dari In Living Color sampai The Fresh Prince of Bel Air. Saat itu, isu ras masih bisa dibilang kental.



Storyline
The Cosby Show berdasar pada konsep Stand–Up Cosby, diilhami dari situasi keluarganya. Heathcliff “Cliff” Huxtable seorang dokter kandungan yang menjadi kepala keluarga Huxtable, yang juga putra dari seorang pemain trombonis. Sementara istrinya seorang pengacara bernama Clair Huxtable nee Hanks. Mereka berdua dikarunai lima orang anak, empat putri dan satu orang putra, Sondra, Denise, Theodore, Vanessa, dan Rudy. Walaupun ini adalah acara komedi namun acara ini juga memiliki elemen keseriusan didalamnya, seperti pengalaman Theodore (Theo) dalam mengatasi disleksia yang di ilhami dari putra Bill Cosby, Ennis, yang juga mengalami disleksia. Acara ini juga membawa topik mengenai kehamilan remaja, ketika Veronica (Lela Rochon), teman dari Denise Hamil.

Pada episode awal, serial ini diambil di studio NBC di Brooklyn. Namun setelah NBC menjual gedung tersebut produksi acara ini dipindah ke Kaufman Astoria Studio di Queen. Walaupun setting dari acara ini adalah Brooklyn, namun pemandangan luar settingnya adalah Brownstone Townhouse yang ada di Manhattan, Desa Greenwich.

Acara ini merupakan satu dari lima sitkom tersukses yang diusung NBC dengan aktris dan aktor yang didominasi oleh ras African–American. Adapun sitkom yang lainya adalah 227 (1985-1990), Amen (1986-1991), Cosby Show Spin Off – A Different World (1987 – 1993), dan The Fresh Prince of Bel Air (1990 – 1996).

Meskipun karakter beserta aktor dan aktris yang memainkanya didominasi oleh African–American, acara ini sangat jarang sekali membahas mengenai isu ras dibandingkan acara sejenis pada masa itu seperti The Jefferson. Namun tema seperti Civil Rights Movement, dan budaya Afrika di Amerika yang direpresentasikan oleh musisi seperti Jacob Lawrence, Miles Davis, James Brown, B.B King, Stevie Wonder, Sammy Davis, Jr, Lean Horne, Duke Ellington, Dizzy Gillespie, dan Miriam Makeba menjadi elemen dari acara ini. Akhir dari serial ini (1992) ditayangkan pada kerusuhan Los Angeles 1992 terkait ras dengan Bill Cosby memohon perdamaian seperti yang dikutip oleh media.

Lagu pembuka serial TV The Cosby Show berjudul Kiss Me dibuat oleh Stu Gardner dan Bill Cosby. Setiap season memiliki pembukaan yang khas. Misalnya season satu dibuka dengan keluarga Huxtable sedang berolahraga di Central Park. Ketika menginjak season kedua, pembukanya adalah keluarga Huxtable sedang menari–nari di taman.

Dari sisi musik sendiri juga dibuat khas dengan tambahan sedikit elemen jazz. Pada season keempat, pembukaan memasukkan unsur funk jazz, yang dinyanyikan oleh Bobby McFerrin. Season kelima menampilkan versi orchestra lagu Kiss Me yang di aransemen oleh James Depreist dan dibawakan oleh Oregon Symphony Orchestra. Pembuka ini dikoreografi oleh Geoffrey Holder. Jazz klasik hasil arransemen dari lagu Kiss Me ditambah alunan saxophone Craig Handy menjadi pengiring season keenam. Season terakhir memasukan musik Hip-Hop dengan menampilkan Lester Bowie bermain terompet.

The Cosby Show
Genre: Comedy, Family, Romance
Durasi: 30 menit
Tanggal Release: 20 September 1984
Season 1: 1984-1985, 24 episode
Season 2: 1985-1986, 25 episode
Season 3: 1986-1987, 25 episode
Season 4: 1987-1988, 23 episode
Season 5: 1988-1989, 25 episode
Season 6: 1989-1990, 26 episode
Season 7: 1990-1991, 25 episode
Season 8: 1991-1992, 24 episode
Creator: Bill Cosby
Pemain: Bill Cosby, Phylicia Rashad, Keshia Knight Pulliam

Sumber: Wikipedia dan IMDb 
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

8 comments:

  1. Kalau sudah Cosby Show kami sekeluarga pasti nonton. Sedih banget sekarang Bill Cosby terkena kasus pemerkosaan beberapa perempuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong, Mbak, nonton sekeluarga :D

      Sedih juga, tapi karyanya tetap dalam hati

      Delete
  2. Tontonan saya waktu kecil. Ya, maklumla, zaman segitu stasiun televisi masih jarang. Tahun 80-an cuma ada TVRI. Masuk awal 90-an, barulah televisi swasta bermunculan. Namun, positifnya, tayangan zaman dulu punya kualitas.

    Nonton sitkom Cosby show dulu saya suka gak ngerti kenapa hal yang buat saya gak lucu malah bikin orang ketawa, ya, kan? Di Cosby shownya ada semacam penonton gak keliatan yang suka ketawa pas ada dialog atau adegan lucu. Saya baru ngerti jawabannya sekarang. Karena dulu saya belum bisa bahasa Inggris. Belum paham joke-joke mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joke-nya memang agak berat. Saya juga banyak nggak ngerti waktu kecil :D

      Delete
  3. Dulu pas saya nonton dan ketawa eh malah orang-orang ga pada ketawa. Awalnya bingung juga. Tapi ternyata pas orang-orang pada ketawa nonton warkop, saya malah ga ketawa, saya jadi paham ternyata humor juga ada jenisnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak Aira. Selera humor orang beda-beda :)

      Delete
  4. Eviii, aku seneng banget serial The Cosby Show. Keluarga harmonis dan lucu. Mendidik sekaligus menghibur. Kapan lagi ada serial kayak gini ya, Vi. Masa kecil kita tuh kayaknya indah salah satunya berkat tontonan macam ini, ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Cosby Show salah satu tayangan mendidik bikin masa kecil kita berkualitas saat bersentuhan dengan televisi :D

      Delete