Serial TV Beauty and the Beast

Serial TV Beauty and the Beast
Serial TV Beauty and the Beast

Sebelum mengenal film Beauty and the Beast-nya Walt Disney, saya sudah jatuh cinta dengab serial lama berjudul sama. Ceritanya lebih rumit ketimbang film kartun Beauty and the Beast. Memang segmennya pun berbeda, satu untuk dewasa dan satu untuk anak-anak. Meski begitu, pada dasarnya, saya menyukai premis yang diusung keduanya.

Beauty and the Beast adalah serial drama AS yang pertama kali ditayangkan di CBS pada tahun 1987. Sang pembuat serial ini, Ron Koslow, memberikan sentuhan baru kepada sebuah dongeng sehingga memiliki dua fokus cerita. Pertama, hubungan antara Vincent (Ron Perlman), seorang bangsawan berparas buas, dan Catherine (Linda Hamilton), asisten jaksa wilayah yang cerdas di New York. Kedua, rahasia komunitas utopis yang terbuang dan hidup di suaka bawah tanah. Dengan empati yang dimiliki Vincent, dia merasakan emosi Catherine dan menjadi penjaganya.


Serial ini menceritakan perkembangan hubungan antara karakter yang berada di New York dan dunia tersembunyi dibaliknya. Merupakan sebuah Twist dari kisah yang sebenarnya, namun “si buas” nggak berubah menjadi sosok sebuah keindahan, atau katakanlah berubah menjadi ganteng setelah mendapatkan cinta Catherine. Namun keindahan dalam diri atau inner beauty Vincent lah yang menjadi fokus tali penghubung antara Catherine dengan Vincent.


Storyline
Season 1
Pada season ini diceritakan bagaimana Catherine Chandler diculik, dipukuli, dan ditinggal untuk mati di Central Park yang secara nggak sengaja menjadi korban salah sasaran. Dia diselamatkan dan dirawat oleh Vincent yang membawanya kepada ayahnya (Roy Dotrice), seorang kepala komunitas rahasia orang–orang yang hidup di dalam terowongan di bawah kota New York. Sepuluh hari kemudian, Catherine kembali ke permukaan dengan janji untuk menjaga rahasia Vincent, dan berusaha untuk kembali menjalani hidup setelah kejadian traumatis menimpanya.

Setelah menjalani masa pemulihanya, hidup Catherine mulai berubah. Dia mulai menjalani latihan pertahanan diri dan mengundurkan diri dari pekerjaanya yang nyaman di kantor hukum ayahnya dan bergabung dengan Kejaksaan Wilayah Manhatan sebagai Asisten Jaksa Wilayah. Hal pertama yang dilakukannya adalah bertanya kepada Carol Stable mengenai orang yang menyerangnya. Carol memberi informasi kalau penyerang Catherine adalah anggota dari jasa pengawalan illegal yang dijalankan oleh Martin Belmont.

Sepanjang season satu tim produksi acara ini mengarahkan alur cerita menjadi campuran romansa dan drama criminal. Keinginan Catherine untuk menolong Vincent dan dunianya, sering membawanya menerjang bahaya, kemudian menumbuhkan benih cinta setiap kali Vincent muncul sebagai penjaganya.

Season 2
Pada Season kedua, serial ini berubah haluan sedikit untuk menambah beberapa perkembangan karakter sementara karakter utamanya menghabiskan cukup banyak waktu mengekplorasi hubungannya dengan komunitas bawah tanah, hingga pada akhirnya Catherine dapat diterima sebagai teman dan “penolong”—sebuah term untuk orang yang membantu komunitas bawah tanah karena mereka butuhkan untuk bertahan hidup dan menjaga rahasia mereka. Dan semakin banyak orang dari “dunia atas” yang peduli juga memberikan dukungan untuk menjaga komunitas bawah tanah.

Di penghujung season ini, untuk menaikan rating, orientasi aksi cerita dikembalikan sebagai hasil dari penyesatan sang penjahat Paracelsus (Tony Jay) yang diakhiri dengan ending yang menggantung dimana Cartherine terlihat berjalan menyusuri lorong ke sebuah ruangan di mana dia menyaksikan Vincent menjadi gila.

Season 3
Season tiga, Linda Hamilton, pemain Catherine, memutuskan untuk mengundurkan diri karena sedang hamil. Hal tersebut merupakan keputusan yang sangat signifikan untuk keselamatan acara ini. Sebagai resolusi dari “ending” yang menggantung, Catherine menyelamatkan Vincent dari kebuasan yang ada di dalam dirinya namun diculik oleh seorang bernama Gabriel (Stephen McHattie), kepala dari organisasi kriminal sangat besar yang sedang diselidiki oleh Catherine. Organisasi ini merusak tatanan dan aturan yang ada di dalam kantor kejaksaan. Dalam usahanya, Catherine terbunuh, namun masih sempat melahirkan seorang anak laki–laki dengan Vincent sebagai ayahnya. Hal ini tidak berhenti di situ saja, putra Vincent dan Catherine dijadikan sandra oleh Gabriel. Boss Catherine dan teman dekatnya, Joe Maxwell (Jay Acovone), mempekerjakan Diana Bennet (Jo Anderson), seorang profiler kriminal dari departemen kepolisian untuk mencari pembunuh Catherine. Penyelidikan tersebut mengarahkanya kepada Vincent yang terobsesi dengan kematian Catherine.

Walaupun serial ini masih popular bagi para fans setianya, namun aspek–aspek yang mengarah kepada kekerasan dan hilangnya hubungan utama antara Catherine dan Vincent secara nggak langsung mamatikan serial TV ini, disebabkan oleh menurunnya rating.

Saya sendiri pun berhenti menonton serial ini ketika mengetahui karakter Catherine meninggal. Walaupun sepertinya pihak produksi berusaha menghadirkan tokoh Diana untuk menggantikan tokoh Catherine. Rasanya chemistry serial tersebut hilang. Sedih banget pokoknya.

Beauty and the Beast
Genre: Drama, Fantasy, Crime
Durasi: 60 menit
Tanggal Release: 5 September 1987
Season 1: 1988-1989, 22 episode
Season 2: 1989-1990, 22 episode
Season 3: 1990, 11 episode
Creator: Ron Koslow
Pemain: Ron Perlman, Linda Hamilton, Roy Dotrice, Jay Acovone

Sumber: Wikipedia dan IMDb
Previous
Next Post »