Inovasi-inovasi Mozilla Firefox

Inovasi-inovasi Mozilla Firefox
Fox Yeah

Pernah dengar Mozilla? Ya mungkin lebih familiar sebagai salah satu tool untuk berselancar di internet. Sebetulnya Mozilla nggak hanya sebatas itu lho, yang biasa kita pakai untuk berselancar itu Firefox sebuah produk aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di web Mozilla sendiri.

Selain Firefox Mozilla juga menyuguhkan beragam produk lain seperti Firefox Os sebuah sistem operasi yang dapat kita jumpai di beberapa perangkat Smartphone atau Televisi. Selain itu Mozilla juga mengembangkan software untuk memudahkan pengiriman email, ya itulah Mozilla Thunderbird.


Pada suatu magrib, saya mendapat kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan komunitas Mozilla Indonesia, walaupun saya datang terlambat seperti biasanya ho ho ho. Akan tetapi saya belum melewatkan poin–poin penting yang disampaikan pada sesi tersebut.

Nah, pada moment ini komunitas Mozilla Indonesia berbagi inovasi-inovasi Mozilla Firefox. Inovasi pertama Mozilla Firefox adalah Mozilla Working Spacesebuah tempat “nongkrong” di mana kita bisa mendapat akses Wi Fi Gratis dan tempat untuk bekerja. Namun Mozilla Working Space ini sendiri baru ada di beberapa lokasi di ibu kota, dan saya sangat menantikannya hadir di Bandung.

Inovasi kedua, buat kamu yang menggunakan Firefox, ada satu fitur keren nih yang baru saja muncul di web browser tersebut, namanya Firefox Hello, sebuah fitur video chatting yang menghubungkan sesama pengguna firefox. Jadi buat kamu yang ingin melapas rindu dengan siapa pun itu, nggak perlu lagi membuka aplikasi lain. Simpel, kan?

Inovasi-inovasi Mozilla Firefox
Firefox Hello

Inovasi ketiga yang dibawa Mozilla Firefox ke hadapan para pengguna internet adalah Mozilla WebMaker. Sesuai dengan jargonnya sendiri We’re Building a Better Internet, inovasi ini sedang dikembangkan oleh Mozilla untuk Mobile Devices. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google PlayStore atau Appstore, untuk sementara masih dalam versi beta. Saat buka bersama, saya sempat mencoba aplikasi tersebut. Karena masih dalam versi percobaan aplikasi ini masih banyak memiliki ruang untuk dikembangkan, namun konsep dibalik adanya aplikasi ini cukup membuat saya tertarik.

Inovasi-inovasi Mozilla Firefox
Fauzan sedang menjelaskan tentang Mozilla WebMaker

Mozilla WebMaker merupakan sebuah aplikasi untuk membuat sejenis mini web. Web yang dibuat pun memiliki tampilan sederhana. Dalam versi Beta, pengguna dapat mengunggah foto disertai juga dengan text dan tombol HTML untuk menuju ke laman selanjutnya. Proses pembuatanya sendiri cukup user friendly, namun masih terbatas pada fitur tersebut saja. Harapan saya kedepannya, WebMaker dapat memuat beragam html function lain dan proyek kita yang dibuat di WebMaker dapat dibuka tanpa perlu adanya pemasangan aplikasi tersebut.

Sebagai pengguna internet massif, saya merasa tertarik dengan inovasi–inovasi yang terlahir sejalan berkembangnya teknologi internet. Cheers.
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

12 comments:

  1. coba donlot deh, selama ini jarang banget pake mozila yg akhirnya tak uninstall hehe

    ReplyDelete
  2. Saya dulu juga pakai Monzila sekarang pindah ke lain hati
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain pake lagi PakDe :)

      Salam hangat juga dari Bandung

      Delete
  3. keren euyyyyyyy :) mau nyicipin coworking spacenya :)

    ReplyDelete
  4. Saya selama ini pake moziila firefox buat browsing internet sama ngakses website saya di http://www.hanifbonbon.com/ , tapi baru tau ada fitur kaya gitu. Thanks infonya...

    ReplyDelete
  5. Waah ternyata Mozilla mempunyai terobosan-terobosan baru ya. Tengkyu infonya..

    ReplyDelete
  6. waduh udah lama ga pake mozilla, ternyata sekarang ada yang baru ya :D

    ReplyDelete