5 Manfaat Berkomunitas

5 Manfaat Berkomunitas
Kehangatan berkomunitas

Dalam salah satu percakapan hangat saya dengan seorang sahabat, kami berdiskusi mengenai enak dan enggaknya berkomunitas. Tentu saja setiap pilihan diiringi konsekuensinya. Bagi saya, one man show itu hard to believe. Rasa-rasanya maju bersama lebih masuk akal ketimbang maju sendirian.

Komunitas itu apa sih? Menurut kamus Bahasa Indonesia, komunitas adalah kelompok atau kumpulan orang yang meminati dan berkecimpung di bidang tertentu. Misalnya, saya suka menulis, makanya ikutan komunitas seputar kepenulisan dan blogger. Ada berbagai komunitas yang bisa kamu ikuti, mulai dari kesamaan hobi, atau kesamaan produk yang biasa kamu pakai. Contohnya, kamu suka pakai GoPro, kamu bisa juga ikutan komunitas pencinta GoPro.


Komunitas sama organisasi ada bedanya nggak sih? Ada. Masih menurut kamus Bahasa Indonesia, organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Sama-sama kumpulan orang sih sebenarnya, bedanya ada di struktur. Kalau organisasi itu ada AD/ART, komunitas enggak. Dua-duanya punya aturan, tapi komunitas lebih longgar dan fleksibel.

Sedikit ingin berbagi kenapa saya suka berkomunitas. Berikut 5 manfaat berkomunitas yang saya rasakan:

Pertama, ajang silaturahmi. Berkomunitas membuat saya punya banyak teman, beberapa menjadi sahabat, beberapa menjadi keluarga. Pernah dengar tentang makin sering silaturahmi, makin banyak teman, makin banyak rezeki? Serius, buat saya hal tersebut 100% benar. Semakin banyak teman, rezeki saya, Alhamdulillah lancar. Tanpa diminta, teman-teman komunitas akan menginformasikan kemampuan saya pada pihak-pihak yang membutuhkan. Begitu pun saya, tanpa hitungan akan merekomendasikan mereka pada pihak yang membutuhkan jasa mereka.

Kedua, berbagi ilmu. Mencari ilmu enggak terbatas di wilayah formal. Komunitas adalah ladang ilmu nonformal. Saya bisa mendapat banyak ilmu dan berbagi ilmu. Berbagi ilmu enggak pernah rugi, malah nambah banyak ilmu. Lewat komunitas, saya dapat ilmu menulis, ngeblog, bahkan pelatihan dan workshop gratis.

Ketiga, membangun kepribadian. Dengan berkomunitas, saya belajar berkomunikasi dengan berbagai karakter manusia. Saya belajar berbicara di hadapan banyak orang. Saya belajar bersikap. Pelajaran-pelajaran tersebut telah membangun kepribadian saya.

Keempat, jaringan informasi. Pernah satu waktu, saya mendapat beberapa undangan untuk me-review tempat makan. Salah satu teman bertanya, gimana caranya bisa dapat undangan gitu? Jawabannya, karena ikut komunitas. Dengan berkomunitas, saya bisa mendapat informasi dari banyak pihak, lebih cepat, dan lebih beragam.

Kelima, ajang mencari jodoh. Buat para jomblo nih, ayo ikutan banyak-banyak komunitas. Tiap orang penginnya dapat jodoh yang klik. Komunitas juga mewadahi ajang mendapatkan jodoh sesuai dengan kriteria. Setidaknya, kita bisa tahu apa saja yang seminat sama kita. Cukuplah ya buat modal obrolan awal. Belum lagi kalau komunitasnya ngadain acara, bisa jadi cinta bersemi di lokasi. He he he.

Jadi, kamu masih ragu buat ikutan komunitas? Duh, jangan banyak mikir, cobain aja dulu. 
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

Selamat datang di dunia Evi Sri Rezeki, kembarannya Eva Sri Rahayu *\^^/* Dunia saya enggak jauh-jauh dari berimajinasi. Impian saya mewujudkan imajinasi itu menjadi sebuah karya. Kalau bisa menginspirasi seseorang dan lebih jauhnya mengubah peradaban ^_^

24 comments:

  1. Iya semenjak ikut komunitas blogger jadi tambah semangat nulis, tambah temen baru, tambah ilmu, tambah pengalaman, tambah rezeki juga :)

    ReplyDelete
  2. Yang belum bisa saya aplikasikan saat berkomunitas itu... membangun kepripadian dan tentu saja ajang mencari jodoh. Heheheh gak nemu-nemu jodohnya.

    ReplyDelete
  3. betul sekali mak, terasa sekali manfaatnya berkomunitas. nambah, ilmu, informasi, teman. waktu ngeblog sendirian gatau apa2 tentang lomba nulis padahal pengen ngembangin diri :)

    ReplyDelete
  4. setuju, kita akan semakin banyak teman

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget ya mbak gabung di komunitas, salah satunya komunitas blog warung blogger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Terus gabung sama Warung Blogger ya :)

      Delete
  6. Jodoh mana jodohhhhhhh... Wkwkwkw...
    Setuju banget teh, emang berkomunitas banyak manfaatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehmm ... banyak yang suka sama Noniq kok :)

      Delete
  7. setuju mbak, banyak dapat teman ,dan ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga makin banyak teman dan ilmu :)

      Delete
  8. Sayaaaaa, hobiiii banget gabung di komunitas mana aja. Ikut komunitas itu buat saya nambah wawasan dan nambah pertemanan. Dulu jaman ikut milis, saya ikut lebih dari 10 milis. Sekarang jaman fb grup, saya ikut lebih dari 20 komunitas fb :). Masing-masing komunitas beda karakter dan beda share ilmunya, jadi buat saya, gabung di banyak komunitas itu menjadikan saya jadi lebih kaya wawasan :). Walaupun, saya ga bisa aktif di semua komunitas hahahaha

    ReplyDelete
  9. Banyak tmn mbak yang pasti....dapet update info juga,...tp saya juga gak gitu bnyak gabung komunitas.....waktunya msh bnyk kesita buat urus anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa sedikit juga, yang penting silaturahmi tetap terjaga :)

      Delete
  10. Komunitas akan terasa hangat saat kopdaran... seru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopdaran itu acara yang paling ditunggu *\^^/*

      Delete
  11. Iya. Benar sekali, dari kelima poin apa yang kita dapatkan (manfaat) dari berkomunitas diatas. Dan seperti yang sudah saya rasakan serta alami. Manfaat yang paling pertama dapat kita rasakan adalah bertambahnya teman (link). Yang jika kita bina dengan baik tentu akan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi diri sendiri juga orang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, manfaatnya bisa menyebar selain buat diri sendiri :)

      Delete
  12. Sepakat!!
    Bermanfaat atau enggak ya tergantung komunitas yang kita ikutin!
    Lagian yang dibahas kan esensi baiknya komunitas, kira-kira ada sisi gelapnya gak?
    biasanya yang ngebangun komunitas dari awal dan me maintainnya ada pengalaman lain,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisi gelapnya, sedih kalau satu komunitas bubar :(

      Delete