Do and Don’t Saat Ngabuburit

Do and Don’t Saat Ngabuburit
Evi lagi blog walking

Nggak ada yang paling bikin lemas selain adzan subuh. Nggak ada yang lebih merdu dari suara adzan magrib di bulan puasa. Setelah seharian penuh menahan lapar dan haus, dan emosi-emosi negatif. Iyalah, puasa bukan perihal menghindari makan dan minum saja. Yang paling susah menahan nafsunya.

Detik-detik paling rawan itu sekitar jam 3 sampai 6 sore. Badan rasanya lagi kehabisan tenaga. Waktu-waktu itu biasanya diisi sama kegiatan ngabuburit. Nah, biar waktu menunggu buka puasa terasa cepat, saya punya tips do and don’t saat ngabuburit.

Do
Pertama, membaca buku. Bacalah buku yang lucu-lucu semacam komik Doraemon, Kobochan, dan Sinchan. Intinya pilih buku yang nggak bikin otakmu mikir keras. Bikin tubuhmu relaks dan tenang. Sangat disarankan membaca Al-Qur’an dan Hadist, dapat memberikan efek ketenangan batin.

Kedua, olahraga ringan. Tubuh tetap butuh bergerak untuk menjaga kebugaran. Lakukan peregangan ringan mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala. Bisa juga kamu jalan-jalan, cuci mata, atau sekadar keliling rumah. Selain membuat tubuhmu lebih sehat, bisa mengalihkan pikiran tentang makan dan minum.

Ketiga, bermain game. Bermain game bisa membuatmu senang. Pilihlah game ringan di handphone atau laptop agar bisa kamu bisa mainkan sambil bersantai dan di mana saja. Seperti Pow, I Love Coffee, mini games, atau game petualangan.

Keempat, menonton film atau serial. Kamu bisa memilih serial kesayanganmu yang menginspirasi agar memberi motivasi. Kalau saya, enggak bosen nonton serial Korea ‘Beethoven Virus’. Bisa pilih serial lucu seperti serial Jepang ‘My Boss My Hero’ atau film ‘Minions’. Sama seperti buku lucu, film dan serial lucu bisa membuatmu bahagia dan relaks.

Kelima, blog walking. Bingung cari bacaan, blog walking saja, jangan lupa meninggalkan jejak dengan berkomentar. Bisa menambah teman, membuka tali silaturahmi, dan menambah ilmu.

Don’t
Pertama, membaca buku-buku berat. Sebenarnya sah-sah saja sih membaca buku berat, tapi buat saya sendiri, membaca buku berat semacam buku filsafat terlalu menghabiskan energi. Bisa-bisa satu halaman saja nggak tercerna dengan baik. Dalam keadaan lapar, otak juga kesulitan mengunyah informasi.

Kedua, olahraga berat. Sumpah, jangan lakukan angkat besi, lari keliling lapangan Sabuga sebanyak sepuluh kali, atau berenang sambil minum air. Kecuali kalau kamu atlet yang mesti latihan tiap hari.

Ketiga, bermain game makanan. Jangan memilih game yang berunsur makanan, misalnya ‘Diner Dash’, ‘Ramen Chain’, atau ‘Kitchen Scramble’. Bisa-bisa kamu malah tambah lapar. Kecuali kamu nggak akan tergoda dengan sajian makanan yang ada di game.

Keempat, menonton film atau serial yang menggoda iman. Jangan banget nonton film atau serial XXX yang bisa menurunkan kualitas ibadahmu. Atau menonton film dan serial yang bikin nangis. Menonton film atau serial thriller yang berdarah-darah juga nggak dianjurkan karena bikin mual dan ngeri.

Kelima, blog walking ke blog kuliner. Jangan blog walking ke blog khusus makanan kecuali kamu mau masak atau pesan makanan buat berbuka. Kalau saya bakal tergoda banget sama blog yang menampilkan green tea cookies. Hmm … yummi! Eit, jangan juga dibayang-bayangin makanan atau minumannya, nanti kamu tambah lapar dan haus.

Nah, itu Do and Don’t saat ngabuburit biar puasa tambah asik. Selamat berpuasa, buat kamu yang menjalankan. Tetap semangat *\^^/*
Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

12 comments:

  1. berhubung suka bingung mau masak apa, saya malah jd sering buka2 blog resep :D sambil ngiler jg liat fotonya :))

    ReplyDelete
  2. setujuuu...aku tambah dengan berkreasi di dapur hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masak juga bisa asal nggak sambil makan :)))

      Delete
  3. Aku paling sering baca buku, nonton film sama main game :D

    ReplyDelete
  4. tapi kan aku suka blogwalking ke para food blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga Teh, tapi kalau bulan puasa agak direm hehe

      Delete
  5. Jam segitu udah rawan mikir yang berat Mak, jadi..... nonton Kdrama aja deh... liat yang manis-manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, lihat yang manis-manis aja ^^b

      Delete
  6. Aku nonton drama aja deh :D hihihi apalagi nonton Jang Hyuk wiiih keren ampelupa rasa lapar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha racuni aku dengan Kdrama, Teh *tetep*

      Delete