Cerita Tentang TBC Usus: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegah

Udah baca Cerita Tentang TBC Usus Bagian Pertama, Kedua, dan Ketiga?


Keesokan harinya saya daftar POLI DOTS—istilah poli untuk penyakit TBC—dan bertemu dengan Dokter Silvia.

Dokter Silvia: Hai Evi, silakan ditimbang dulu badannya.
Saya: Iya, Dok *kemudian berdiri cantik di atas timbangan badan* 51 Kg, Dok.
Dokter Silvia: Ok. Boleh lihat hasil rontgen-nya dan USG-nya?
Saya: *menyerahkan kedua hasil rontgen dan USG* Gimana, Dok?
Dokter Silvia: *meneliti hasil rontgen dan USG* Betul kata Dokter Hengky, kamu sakit TBC Usus.
Saya: Dok, TBC Usus itu apa?

Cerita Tentang TBC Usus Bagian Keempat
Usus (ilustrasi: Thinkstock)


TBC Usus
TBC Usus adalah penyakit yang disebabkan bakteri penyebab TBC yaitu Mycobaterium tuberkulosisi yang menyerang usus penderita. Bakteri TBC ini bisa berasal dari penyakit TBC yang aktif di paru-paru, diangkut oleh darah dan masuk ke dalam lambung kemudian masuk ke usus halus dan berkembang biak di saluran pencernaan.

TBC Usus biasanya merupakan penyakit menahun yang diderita sejak seseorang masih kecil. Saat masih kecil, daya tahan tubuh seseorang masih baik sehingga baru menunjukkan gejalanya pada saat dewasa ketika kondisi tubuh menurun.

Cerita Tentang TBC Usus Bagian Keempat


Penyebab TBC Usus
Faktor penyebab TBC usus adalah kekurangan gizi, penyakit menahun seperti penyakit gula, kebiasaan minum alkohol, pemakaian obat-obatan, dan sistem daya tahan tubuh yang melemah.

Penyebab lainnya adalah tertular dari penderita penyakit TBC paru yang tidak ditangani. Penderita TBC paru mengeluarkan suatu butiran ludah yang mengandung kuman TBC, butiran ini bisa terhirup oleh orang lain dan bisa masuk ke dalam paru-paru. Bakteri TBC ini bisa menyebar melalui getah bening dan darah sehingga bisa menyebabkan tuberkulosis di luar paru-paru.

Cerita Tentang TBC Usus Bagian Keempat


Gejala TBC Usus
1. Demam
2. Nafsu makan menurun
3. Berat badan menurun
4. Sakit perut
5. Adanya benjolan di dalam perut
6. Susah buang air besar
7. Radang usus buntu
8. Perut kembung
9. Muntah
10. Mencret disertai rasa sakit di perut
11. Adanya penyumbatan usus sehingga bagian usus tertentu membesar di bagian perut kanan bawah
12. Berkeringat ketika malam

Cerita Tentang TBC Usus Bagian Keempat


Pengobatan TBC Usus
Penyakit TBC Usus bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan anti TBC atau OAT. Antibiotik standar yang diberikan biasanya ada empat macam, yaitu Rifampicin, INH, Pyrazinamid, dan Ethambutol. Pada kasus-kasus tertentu dapat juga diberikan Streptomisin. Sekarang sudah tersedia obat-obatan dalam bentuk fixed dose, yaitu keempat obat dimasukkan dalam satu tablet.

Cerita Tentang TBC Usus Bagian Keempat


Cara mencegah TBC Usus
Kebanyakan kasus penyebaran TBC usus disebabkan oleh penderita TBC paru yang enggak diobati atau diobati tapi enggak sampai tuntas. Bakteri TBC mudah menyebar di lingkungan udara pengap. Makanya tuberkulosis biasanya lebih banyak terjadi pada pemukiman padat, kumuh dan penduduk yang kekurangan gizi.

Jadi, untuk menjaga agar enggak tertular penyakit TBC dengan menjaga kesehatan, seperti: gizi yang baik, istirahat yang cukup, olahraga teratur serta lingkungan sekitar dengan udara yang bersih. Imunisasi juga perlu untuk mencegah penularan TBC. Imuniasi diberikan pada semua anak dalam bentuk program imunisasi nasional melalui penyuntikan BCG.

Dokter Silvia: Jadi kamu harus minum obat TBC mulai besok. Pada dasarnya semua penyakit TBC obatnya sama. Nih obatnya! Untuk berat badan 51 Kg, makan tiga butir sehari satu kali di pagi hari. Pastikan Evi belum makan apa-apa ya ^_^
Saya: Ya ampun gede banget, Dok!
Dokter Silvia: Tenang … kamu minum ini selama dua bulan saja. Tujuh bulan selanjutnya kamu minum obat yang lebih kecil dan lebih sedikit. Nih saya hibur kamu dulu *lihatin obat kuning yang lebih kecil*
Saya: Memangnya berapa lama pengobatan saya, Dok?
Dokter Silvia: Sembilan bulan saja.
Saya: *zoom in zoom out* Apa??? Sembilan bulan? Kok TBC paru-paru enam bulan, Dok?
Dokter Silvia: TBC paru memang lebih sebentar pengobatannya. Tapi ingat Evi, kalau kamu alpa sekali saja enggak makan obat, kamu dinyatakan DO alias Drop Out dan harus mengulang dari awal!
Saya: Huaaa ngeri!
Dokter Silvia: Bakteri penyebab TBC Usus itu bandel banget. Bakteri itu diselimuti semacam lemak. Jadi kita mesti gempur dulu lemaknya biar menipis baru bisa bunuh bakterinya. Keistimewaan bakteri TBC itu bisa beradaptasi dengan cepat, makanya kalau kamu alpa, dia udah bisa mengebalkan diri dari obat yang kamu makan. Jangan bandel ya! Disiplin dan sabar.
Saya: Hiks … hiks …
Dokter Silvia: Kabar baiknya, TBC Usus bisa sembuh total! *menunjuk sebuah poster TBC* Semangat!
Saya: I … iya, Dok -___-*

Oh iya, jangan khawatir soal biaya buat kamu yang ingin berobat TBC jenis apa saja. Pemerintah punya program memberantas TBC Nasional sehingga menggratiskan pengobatan. Yeay! *\^^/*

Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

24 comments:

  1. sembilan bulan? ya, Allah.. sabar dikit, ga ya Vi, yang penting bisa sembuh. aamiin. semangat, Vi.

    ReplyDelete
  2. Lama banget ya, 9 bulan... smg lekas sembuh mbak...

    ReplyDelete
  3. Haii evi, saya juga punya sakit yg sama dg evi,
    Saya habis operasi maret lalu, ini jg masa pengobatan..
    Semangat y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq sampe dioperasi mbak ? boleh saya tahu ?..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Sama. Saya juga pasien tb usus. Masih dalam masa pengobatan. Masuk bulan ke 5. Malah kata dokter pengobatannya sampe 12 bulan. Wow banget kan.

    Harus tetep semangat, walopun kadang bosen juga sih. Tapi emang harus sabar, yakin pasti sembuh.

    ReplyDelete
  6. Saya juga penderitaa tbc usus.dibulan september kemarin alhamdulillah sudah dioperasi.tetep semangat ya dan jangan lupa buat minum obatnya.jalanin dulu aja ya walaupun berat😊

    ReplyDelete
  7. Saya juga penderitaa tbc usus.dibulan september kemarin alhamdulillah sudah dioperasi.tetep semangat ya dan jangan lupa buat minum obatnya.jalanin dulu aja ya walaupun berat😊

    ReplyDelete
  8. Tbc usus apa bisa menular ke bayi or org dewasa

    ReplyDelete
  9. Selama 3 bulan terakhirnya cuma minum obat rifampicin sama inh terus ya sampai selesai berobat jalan nya?

    ReplyDelete
  10. Dok sy punya anak dinyatakan tb abdomen.apa yg harus saya llakukan dok

    ReplyDelete
  11. Vi sabar ya...dan terus semangat...Istri sy jg penderita TB usus...dan masih di rawat di RS bromius Bandung...

    Sok sy sebagai suami bisa tertular juga

    ReplyDelete
  12. Klo terkena tb usus apa harus di operasi atau bisa dengan berobat jalan??

    ReplyDelete
  13. Z juga penderita tb usus. Bru sebulan konsumsi obatx, efek smping obat itu memang wow banget. Tpi sblum d vonis tb usus, z sebulan d rawat krna sakit asites. Ada cairan menumpuk d perut, yah mungkin penyebabx tb usus ini. Jdi sletelah operasi asites, bru penyakit tb usus ini ketahuan.
    Yaah semangat aja yah buat qta smua. Smoga sllu d beri kesabaran, dan lekas sembuh. Amiiin 😊

    ReplyDelete
  14. Z juga penderita tb usus. Bru sebulan konsumsi obatx, efek smping obat itu memang wow banget. Tpi sblum d vonis tb usus, z sebulan d rawat krna sakit asites. Ada cairan menumpuk d perut, yah mungkin penyebabx tb usus ini. Jdi sletelah operasi asites, bru penyakit tb usus ini ketahuan.
    Yaah semangat aja yah buat qta smua. Smoga sllu d beri kesabaran, dan lekas sembuh. Amiiin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sama, sy sampai keliling dokter karena asites, d hasil Rogen sy kena bronkitis tp pas d tengah perjalanan pengobatan perut sy membesar, sempet sama dokter lain d diagnosis kena liver...droplah saya. Baru td d pastikan sm dokter yg mendiagnosis bronkitis kalau sy kena tb usus...karena cairan yg biasa nya merendam paru2, lari ke perut, pertama perut saya sampai kaya hamil 8bln, mudah2an an kita semua selalu d berikan keaehatan, Aamiin

      Delete
    2. Kasusnya sama, sy sampai keliling dokter karena asites, d hasil Rogen sy kena bronkitis tp pas d tengah perjalanan pengobatan perut sy membesar, sempet sama dokter lain d diagnosis kena liver...droplah saya. Baru td d pastikan sm dokter yg mendiagnosis bronkitis kalau sy kena tb usus...karena cairan yg biasa nya merendam paru2, lari ke perut, pertama perut saya sampai kaya hamil 8bln, mudah2an an kita semua selalu d berikan keaehatan, Aamiin

      Delete
  15. Saya sudah 4 bulan makan obat masi terasa sakit aja

    ReplyDelete
  16. Mari slalu berbagi cerita tentang tb efek dan cara menjalaninya agar menjadi semangat bwat yang laen

    ReplyDelete
  17. Saya di diagnosa TB abdomen jg,terus di sarankan untuk biopsi,,
    Pertanyaan nya apa yang pernah operasi TB abdomen melakukan biopsi dl sebelum nya, terima kasih,,semangat sembuh saudara2 ku

    ReplyDelete
  18. Sy jg penderita tb usus, sdh pengobatan 1 bulan masih berasa sakit perutnya, dan efek obatnya Wow,, badan jd lemas dan bawaannya ngantuk aja, ada yg rasain sama ga sih

    ReplyDelete
  19. Saya juga didiagnosa menderita tb usus, namun masih perlu pengecekan hasil cairan asites di perut saya setelah tindakan penyedotan asites, yang mau saya tanyakan apakah setelah meminum obat tb rasa sakit seperti kram hebat masih terasa? Dan bagaimana cara teman-teman menanggulanginya? Kebetulan saya bekerja dan sudah 2 minggu cuti karena nyeri yang hebat ini.

    ReplyDelete