[Review Buku] Sukses Membangun Toko Online: Pengalaman dan Pengamatan

Cover buku 'Sukses Membangun Toko Online'


Penulis                      : Carolina Ratri
Penerbit                    : Stiletto Book
ISBN                          : 978-602-7572-26-39-4
Tanggal Terbit          : 15 Jul 2014
Jumlah Halaman      : 211
Berat Buku               : 250
Dimensi                     : 13 X 19
Harga                         : Rp 44.000,-

Sinopsis
Menjalankan bisnis di era digital seperti ini, rasanya sayang sekali jika tidak ikut memanfaatkan kecanggihan internet. Bagi Anda yang sudah sukses membangun bisnis secara konvensional, kehadiran internet pasti akan membuat produk Anda lebih dikenal. Dan, buat Anda yang baru mau mulai mambangun toko online, pengetahuan tentang seluk-beluk bisnis berbasis internet mutlak diperlukan.

Dalam buku ini, Anda akan dipandu membangun sebuah toko online secara bertahap:
- Mengenal pernak-pernik toko online (sistem penjualan, jasa pengiriman, dll.
- Persiapan apa saja yang harus dilakukan (modal, perlengkapan, dll).
- Membuat dan mempercantik tampilan blog toko online.
- Meningkatkan kunjungan ke toko online.
- Memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.
- Menjaring pelanggan melalui pelayanan yang prima.
- Contoh-contoh toko online yang dikelola perempuan.

Buku ini akan menjadi teman yang tepat bagi Anda ketika akan memulai bisnis toko online. Ditulis oleh perempuan yang sangat menggilai media sosial, visual and marketing communication, blog, dan juga pelaku bisnis online. Jadi, pastikan ada buku ini di samping laptop Anda.

Womenpreneur dan Toko Online
Sudah sejak lama saya memutuskan untuk menjadi womenpreneur. Ada beberapa pertimbangan yang menyertainya. Satu, buat saya, perempuan harus punya penghasilan sendiri terlepas dari pilihan menikah atau tidak. Kedua, menjadi pengusaha adalah salah satu jalan membangun perekonomian bangsa yang konon disebut carut-marut. Membuat lapangan kerja lebih baik dari pada menjadi pekerja. Maju bersama lebih baik dari pada maju sendirian. Begitu prinsip ideal saya.

Namun pada praktiknya, saya banyak menemui kesulitan dalam menjalankan roda usaha. Katakanlah modal kecil, link yang kurang, dan ilmu yang tidak memadai. Hingga satu waktu, saya berkenalan dengan makhluk bernama ‘blog’. Awalnya sih buat iseng-iseng curhat, lama-lama saya sadar, blog bisa menghasilkan uang.

Hampir semua orang di kota besar menyadari bahwa internet adalah kebutuhan dasar dalam memuaskan informasi. Pengembangannya, internet menjadi media penghubung untuk memenuhi kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan.

Bisnis berbasis internet ini sangat cocok untuk kaum perempuan. Kenapa? Bukan rahasia lagi jika perempuan didaulat untuk mengurus rumah dan anak. Hanya sedikit waktu yang bisa dipakai untuk berbisnis. Ini masalah prioritas.

Banyak dari kenalan saya yang akhirnya memilih bekerja di rumah. Berbisnis sambil mengasuh anak-anak. Mereka memanfaatkan, katakanlah fasilitas smartphone untuk berjualan. Tidak sedikit teman saya mulai melirik blog sebagai lapak jualan. Kemudian meminta saya untuk mengajari mereka memaksimalkan fungsi blog. Nah loh? Saya sempat bingung juga. Selama saya praktik tidak pakai kurikulum, bagaimana mengajari mereka?

Sampai suatu hari saya melihat salah satu sahabat saya, Mbak Carra, membuat buku “Sukses Membangun Toko Online.” Dengan kecepatan super (biasanya saya baca buku non fiksi bisa berbulan-bulan), saya melahap buku tersebut. Ini dia pendapat saya mengenai buku itu.

Cover
Tegas dan manis. Pemilihan font yang tanpa kait menegaskan judul. Pemilihan ikon-ikon gambar seperti tas, monitor, smartphone, dan lain-lain, menegaskan bidang dan ranah toko online. Pemilihan warna yang beragam memberi sentuhan kalau buku ini memang diperuntukkan bagi perempuan.

Isi
Seperti dituliskan dalam sinopsisnya, buku “Sukses Membangun Toko Online” ini mengupas tuntas langkah demi langkah membuat toko online dengan memanfaatkan blog. Lebih spesifiknya Blogspot.

Hal-hal yang Menarik
Menggunakan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Memakai sistem footnote untuk menguraikan istilah dalam dunia internet. Selain itu, gaya Bahasa dalam buku ini mengalir seolah-olah penulis sendiri hadir memberikan materi.

Uraian istilah dalam internet

Sistematis. Penulis berhasil menjabarkan proses pembuatan toko online secara runut. Pembaca dituntut untuk berpikir, mau bikin toko online apa? Kenapa? Namanya apa? Intinya memikiran visi dan misi toko online-nya.

Ilustrasi petunjuk praktik. Kalau cuma kata-kata, kita akan bingung sendiri mengikutinya, buku ini memberikan gambar ilustrasi petunjuk praktik yang bisa kita lakukan saat itu juga.

Ilustrasi petunjuk praktik

Bagi saya sendiri yang sudah membuat blog selama hampir tiga tahun, buku ini sangat membantu dalam mengembangkan dan menggunakan fasilitas blog. Misalnya, saya kurang paham tentang laman. Apa bedanya pos dan laman? Kenapa laman tidak muncul seperti pos? Apa sih fungsinya? Buku ini menjawab semuanya.

Menawarkan solusi. Yang terpenting buat saya, sebuah buku non fiksi harus menawarkan solusi bagi masalah terkini. Misalnya, banyak yang bilang pada saya kalau dia tidak bisa desain, pasti susah kalau bikin blog. Tidak bisa bikin logo buat toko online, sementara toko butuh logo sebagai identitas. Saya termasuk beruntung karena belajar desain, tapi bagi yang tidak belajar bagaimana? Jangan takut, buku ini memberikan solusi masalah-masalah tersebut.

Saya pikir, kenapa Mbak Carra bisa menulis buku “Sukses Membangun Toko Online” karena hasil pengalaman dan pengamatan yang matang selama bertahun-tahun. Mbak Carra berhasil menangkap fanomena-fenomena yang terjadi, kemudian melakukan riset yang cukup dalam. Buku ini memberikan solusi yang tidak instan, kendati bisa langsung dikerjakan. Buku ini tidak memberi jaminan kesuksesan tetapi memberi motif dan jalan untuk bertindak.

Kekurangan
Hanya satu hal yang saya anggap kekurangan dalam buku “Sukses Membangun Toko Online”, yaitu gambar ilustrasinya agak kekecilan. Tapi ini juga bukan kekurangan yang signifikan. Masalahnya hanya pada mata saya yang minus dan silindris.

Kesimpulannya, buku ini saya rekomendasikan bagi orang-orang yang ingin membuat toko online atau yang tertarik dengan dunia blog.

Buku bertandatangan dan bercap bibir khusus buat saya :D

Kembali ke soal womenpreneur dan toko online, berkat buku ini saya jadi percaya diri untuk memberi materi dan berbagi dengan teman-teman perempuan saya yang ingin membuat usaha online. Buku “Sukses Membangun Toko Online” menjadi salah satu pedoman dalam kelas tersebut. Terima kasih banyak Mbak Carra ^^


Evi Sri Rezeki
Evi Sri Rezeki

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

6 comments:

  1. Pengen nyoba nih, siapa tau bisa :)

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    ReplyDelete
  2. buat yang mau buka toko online, asiknya baca buku ini dulu :)

    ReplyDelete
  3. kayaknya menariiik nih ...belum punya toko online tapi bisa jadi referensi yang baguuus...

    ReplyDelete