“CJ” Camelia Jonathan: Musisi Independen

Camelia Jonathan



Camelia Jonathan, biasa dipanggil “CJ” adalah musisi dan seniman independen yang aktif menggunakan media video online di YouTube sebagai medium untuk mengenalkan karya-karyanya.  Gadis bertubuh mungil ini, lahir di Jakarta tahun 1988.



Di awal tahun 2012, dia membuat channel YouTube.com/CJcamjoe sebagai kanal utama untuk mempublikasikan lagu-lagu ciptaannya sendiri. Hal ini juga menandakan dimulainya proyek debut solonya di bawah nama “CJ”.



Tentang #CJProjects

CJ memiliki cara tersendiri dalam merilis lagu-lagunya. Selain menggunakan format video online, masing-masing lagunya dikemas dalam berbagai proyek kolaborasi bersama insan-insan dan komunitas kreatif di Indonesia, yang ia beri nama #CJProjects. CJ berharap kanal dan kolaborasi yang ia buat, dapat dimanfaatkan & menginspirasi anak-anak kreatif Indonesia untuk tidak malu dan tidak malas untuk berkarya selagi muda.

#CJProject (nomor) merupakan codename yang dipakai CJ dalam membicarakan karya-karya terbarunya di jejaring sosial, terutama ketika karya yang digarap belum memiliki judul tersendiri. CJ yakin, kebiasaan untuk menyapa dan mengabari pendengar musiknya dapat menghapus batasan antara dirinya dengan penikmat musiknya.

Sejauh ini, CJ telah menelurkan tiga karya yang dirilis secara eksklusif di YouTube; "Pengabdianku (Melebihi Kisah Cintaku)", "These Simple Notices", dan "Bahagia Adinda." Dan baru kali ini, CJ bermaksud untuk mulai merilis lagu-lagunya secara digital download agar bisa dinikmati oleh khalayak yang lebih luas.

Berkolaborasi bersama Noura Books dan pihak lainnya, CJ terlibat dalam pembuatan book trailer CineUs, novel karangan Evi Sri Rezeki, dengan menyumbangkan salah satu lagunya, "These Simple Notices" (#CJProject2), sebagai musik latar video tersebut.



Momentum ini dimanfaatkan untuk mempromosikan dan merilis tiga lagunya sekaligus dengan format digital download. "These Simple Notices" sendiri merupakan “karya dadakan” yang dibuat CJ demi tampil di sebuah acara gathering komunitas kreatif di Indonesia di tahun 2012.


Proses penulisan lirik, lagu, rekaman, sampai pembuatan video klip memakan waktu tak lebih dari 30 hari. Tidak memiliki alat musik maupun band pengiring memaksa CJ untuk merekam "These Simple Notices" secara a cappella. CJ bereksperimen dengan humming, harmonisasi, nafas, bahkan suara batuk untuk menyelesaikan "These Simple Notices."

Lagu lain yang bisa diunduh secara gratis adalah "Bahagia Adinda", duet pop bersama alumni AFI 3, Rivky Cassa, dengan aransemen fingerstyle hasil kolaborasi CJ dan Indonesian Fingerstyle Guitar Community (IFGC). Kalau "These Simple Notices" adalah hasil eksperimen CJ dengan vokal, vokal, dan vokal, maka "Bahagia Adinda" adalah hasil eksperimen CJ dengan gitar, gitar, dan gitar.




Masih ada dua karya lagi (#CJProject4 dan #CJProject5) yang masih digarap, sebelum akhirnya CJ merilis EP pertamanya. Kelima lagu ini nantinya akan menjadi pembuktian CJ sebagai seorang seniman yang tidak sekedar menciptakan lagu yang enak di telinga, melainkan juga sebuah karya yang punya ceritanya masing-masing dan dapat menginspirasi.

Penasaran dengan karya-karya “CJ” Camelia Jonathan, cek di sini:

Youtube Channel: YouTube.com/CJcamjoe
Download Lagu
Twiiter: @CJcamjoe
Facebook Fanpages: CJ Camelia Jonathan

Pesan CJ, "Jangan takut berkolaborasi." Nah, siapa mau kolaborasi bareng CJ?


Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
7 Oktober 2013 20.36 delete

Hai, bisa minta emailnya untuk kerjasama ?

Reply
avatar
8 Oktober 2013 01.32 delete

cjcamjoe(at)gmail(dot)com

Reply
avatar